Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS: Fakta Dan Data Barcelona vs Bayern Munchen

Dua pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Juventus versus Real Madrid dan Barcelona melawan Bayern Munchen pertengahan pekan ini menghasilkan sejumlah fakta baru. Apa fakta itu, berikut ceritanya:
Lionel Messi/Reuters-Gustau Nacarino
Lionel Messi/Reuters-Gustau Nacarino

Bisnis.com, JAKARTA - Dua pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Juventus versus Real Madrid dan Barcelona melawan Bayern Munchen pertengahan pekan ini menghasilkan sejumlah fakta baru. Apa  fakta itu, berikut ceritanya:

• Menang 3-0 FC Barcelona atas FC Bayern München adalah kemenangan terbesar klub Catalan itu di semifinal Liga Champions  sejak mereka dikalahkan FC Porto dengan skor yang sama di rumah di leg pertama semifinal pertandingan di 1993-1994.

(Baca Juga: SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS: Hasil Akhir Barcelona vs Bayern Munchen 3-0, Messi & Neymar Cemerlang)

• Ini adalah pertama kalinya Barcelona memenangkan leg pertama dari semifinal Liga Champions di Camp Nou. Memang, mereka gagal mencetak gol di masing-masing tiga upaya mereka sebelumnya - melawan Real Madrid CF di 2001/02 (0-2), Manchester United FC di 2007/08 (0-0) dan Chelsea FC di 2008/09 (0- 0).

• Kemenangan Barca adalah kesembilan mereka dalam suksesi di kompetisi - salah satu rekor yang dipegang bersama oleh Bayern dan Real Madrid. Namun, ia telah menyamai rekor kemenangan beruntun selama satu musim, dimana Catalans sendiri diatur dalam 2002/03.

Ganda • Lionel Messi diaktifkan Blaugrana ke depan untuk melompati Cristiano Ronaldo, pencetak gol 24 jam sebelumnya untuk Madrid saat melawan Juventus, di atas kedua ‘tangga lagu’ gol Liga Champions  (10-9) dan daftar sepanjang masa terkemuka kompetisi penembak jitu (77-76).

• Penampilan Xavi Hernández sebagai pengganti Barcelona melawan Bayern membuatnya sejajar dengan kiper Madrid Iker Casillas untuk memimpin  daftar penampilan puncak Liga Champions sepanjang masa dengan 149 untuk masing-masing. Dengan sukses Barcelona  di leg kedua semifinal, gelandang akan memiliki kesempatan untuk melewati rekan senegaranya ke menjadi 150.

• Jika Barcelona maju ke final, Messi diatur untuk membuat 99 outing UEFA Champions League di Berlin.

• Bayern kembali dari defisit 3-1 untuk mengirimkan Porto di perempat final tapi tidak ada tim dalam sejarah Liga Champions yang pernah pulih dari kekalahan 3-0 dalam pertandingan fase knock out. Hanya pada satu kesempatan memiliki sisi memenangkan pertandingan setelah kalah leg pertama dengan selisih tiga gol - RC Deportivo La Coruña melawan AC Milan di perempat final 2003/04 (1-4 jauh, 4-0 di rumah).

•Kemenangan Juventus atas Madrid adalah yang kelima dari enam di leg di kandang dari semifinal Liga Champions. Pada masing-masing dari sebelumnya empat kali ketika mereka menang di Turin - di 1994-1995, 1996-1997, 1997-1998 dan 2002/03 - mereka melanjutkan untuk mencapai final. Sebaliknya, satu kali mereka tidak menang di kandang, melawan Manchester United pada  1998/99 (2-3), mereka tersingkir.

• Untuk ketiga kalinya dalam empat musim kedua leg pertama semi-final dimenangkan oleh tuan rumah, satu-satunya pengecualian selama periode itu saat imbang 0-0 antara klub Atletico Madrid dan Chelsea di 2013/14. Terakhir kali tamu memenangkan leg pertama di 2010/11, ketika kedua tim Manchester United (di FC Schalke 04) dan Barcelona (di Real Madrid) mengklaim kemenangan 2-0.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper