Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rp13,48 Triliun, Inggris & Spanyol Paling Royal Belanja Pemain

Klub-klub Inggris menjadi yang terbesar mengeluarkan dana untuk mendatangkan pemain baru dibandingkan dengan negara mana pun.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  17:25 WIB
Laporan Global Transfer Market Systems (TMS) FIFA - FIFA
Laporan Global Transfer Market Systems (TMS) FIFA - FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Klub-klub Inggris menjadi yang terbesar mengeluarkan dana untuk mendatangkan pemain baru dibandingkan dengan negara mana pun, sebagaimana publikasi yang dikeluarkan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Berdasarkan data Laporan Global Transfer Market Systems (TMS) FIFA yang baru pertama kalinya dipublikasikan, sepanjang 2014 klub-klub Inggris mengeluarkan lebih dari 770 juta dolar AS untuk memboyong pemain asing. Jumlah itu lebih besar 308 juta dolar AS atau 67 persen daripada Spanyol yang menempati peringkat kedua dalam soal membeli pemain.

Dengan demikian, dari dua negara itu saja, jumlah dana untuk belanja pemain sepanjang 2014 mencapai 1,078 miliar dolar AS atau setara dengan Rp13,48 triliun.

Totalnya, keseluruhan klub di dunia mengeluarkan 4,06 miliar dolar AS untuk mendatangkan pemain asing. Tetapi laporan tersebut tidak mencakup aktivitas transfer domestik.

Dari sisi jumlah keterlibatan dalam proses transfer, Brasil menjadi yang paling aktif yakni sebanyak 1.335 kesepakatan baik mendatangkan pemain atau melepas ke luar negeri, diikuti Inggris 1.263 dan Portugal dengan 823.

Laporan itu juga menyoroti transfer pemain muda di bawah 18 tahun. Real Madrid mendatangkan Martin Odegaard pekan lalu. Pemain yang baru berusia 16 tahun tetapi sudah memperkuat Timnas Senior Norwegia itu didatangkan dari klub negara asalnya, Stromsgodset.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fifa

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top