Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Korsel Vs Irak: Ini Taktik yang Bakal Dipakai Korsel di Semifinal

Prediksi Korsel Vs Irak: Ini Taktik yang Bakal Dipakai Korsel di Semifinal
Tri Indriawati
Tri Indriawati - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  14:28 WIB
Pemain Korea Selatan, Cha-Du Ri (kiri) - Reuters
Pemain Korea Selatan, Cha-Du Ri (kiri) - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan (Korsel) layak menatap laga semifinal Piala Asia 2015 kontra Iraq di Stadium Austalia, Sydney, Senin (26/1/2015), dengan kepala tegak.

Skuat asuhan Uli Stielike menjadi tim pertama yang melaju ke semifinal setelah mengalahkan Uzbekistan dengan skor 2-0 lewat babak perpanjangan waktu, Kamis (22/1) lalu. Korsel adalah satu-satunya semifinalis yang menyapu bersih empat laga tanpa pernah kebobolan dalam kampanye Piala Asia 2015.

Taeguk Warriors, julukan Korsel, juga menjadi kandidat terkuat untuk merengkuh mahkota Asia tahun itu. Peraih dua trofi Piala Asia itu menjadi kontestan dengan ranking tertinggi setelah juara bertahan, Jepang, dan tim nomor satu Asia, Iran, tersingkir pada perempat final, Jumat (23/1) kemarin.

“Ranking sebelumnya Iran pertama, Jepang kedua, Korea ketiga, dan Uzbekistan keempat. Sekarang, hanya Korea yang berada di babak empat besar turnamen ini. Jika kami tidak ingin terjadi kejutan, kami harus bekerja keras,” kata Pelatih Korsel, Uli Stielike, seperti dilansir afcasiancup.com, Minggu (25/1).

“Kami bekerja untuk membawa Korea kembali ke ranking teratas AFC dan melanjutkannya ke ranking dunia. Kini, kami berada di peringkat ke-69 dunia dan kami senang dengan posisi ini. Tapi, Anda hanya bisa meningkatkan peringkat dengan kemenangan dan kemenangan hanya bisa diraih dengan performa bagus,” imbuh pelatih asal Jerman itu.

Secara statistik, tentu tak sulit bagi Korsel mengalahkan Iraq yang hanya menempati peringkat ke-13 Asia. Terlebih, pasukan Stielike itu memiliki waktu istirahat lebih panjang ketimbang Iraq yang merebut tiket semifinal lewat babak adu penalti setelah ditahan imbang 3-3 oleh Iran.

Kendati menjadi kandidat paling favorit, Stielike tidak mau meremehkan kekuatan juara Piala Asia 2007 itu. “Kami harus menerima kenyataan sebagai tim favorit saat datang kemari sebagai peraih peringkat ketiga di AFC dan Iraq ranking ke-13. Tapi, kami juga tahu harus melawan juara 2007. Ini adalah sejarah, tapi kami harus berhati-hati,” kata Stielike.

“Kami harus menekan pergerakan Iran. Di akhir laga, kami bisa mendapatkan keuntungan dari kondisi fisik lawan, tapi kami harus bekerja keras,” imbuh dia.

Sementara itu, Iraq bisa melenggang ke semifinal tanpa mencemaskan protes yang diajukan Iran ke AFC atas hasil laga perempat final kemarin. Iran menilai hasil adu penalti tidak sah karena gelandang Iraq, Alaa Abdul-Zahra, yang terkena kartu merah turut mengeksekusi tendangan titik putih. Namun, Komisi Disiplin AFC menolak protes yang diajukan Iran dan mengizinkan Iraq berlaga di semifinal.

“Itu isu yang mereka [Iran] ciptakan. Tidak akan membawa dampak kepada tim kami,” tegas pelatih Iraq, Radhi Shenaishil, seperti dilansir Reuters, Minggu.

Dalam semifinal Piala Asia 2007 lalu, Iraq pernah mengalahkan Korsel. Dan kini, Shenaishil tengah menanti keajaiban kedua bagi timnya. “Tidak ada rahasia. Saat Anda bekerja bersama, Anda bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa untuk negara. Ini adalah situasi spesial, kami tahu negara kami membutuhkan kemenangan ini. Hanya dengan meraih semifinal, kami bisa menginsiprasi masyarakat dan berharap menang,” ujar dia.

Prediksi Skor Korsel Vs Irak, Head to Head, Data Fakta, Jadwal, Top Skor

Semifinal Piala Asia 2015 akan mempertemukan Korea Selatan (Korsel) melawan Irak di stadion ANZ, Senin (26/1/2015). Laga dari dua kutub berbeda akan bertemu memperebutkan satu tiket final.

Korea Selatan yang berasal dari Asia Timur seperti biasa akan memperagakan gaya permainan cepat dengan ketahanan fisik yang mumpuni. Skema permainan ini sudah cukup ampuh terbukti melibas lawan-lawannya dari babak penyisihan grup hingga menundukkan Uzbekistan 2-0 di perempat final.

Kemungkinan besar, pelatih Korsel, Uli Stielike, akan kembali mengusung gaya ini saat bertemu dengan Irak. Pasalnya, saat penyisihan grup, tim Negeri Gingseng ini sudah pernah bertemu lawan dari negara Jazirah Arab, Kuwait dan Oman, yang tipikalnya sama seperti Irak.

Saat itu Korsel berhasil menang meski dengan skor tipis 1-0, tapi setidaknya gaya ini sudah punya korban.

Irak sendiri akan mengusung gaya selayaknya dari Jazirah Arab yang mengandalkan kekuatan fisik, permainan rapat dengan satu dua sentuhan cepat sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik.

Sayangnya, gaya ini pernah diredam oleh Jepang saat di penyisihan grup. Kala itu tim Samurai Biru berhasil meraih tiga poin usai menundukkan Younis Mahmoud dan kawan-kawan dengan skor 1-0.

Faktor kebugaran Irak sedikit di bawah Korsel karena di perempat final dipaksa Iran untuk bermain habis-habisan. Setelah berbagi gol 3-3, pertandingan dilanjutkan dengan pertambahan waktu dan adu penalti.

Patut ditunggu, apakah Irak berhasil mengulangi mimpinya lagi kala menjadi juara Piala Asia tahun 2007, atau Korsel yang mampu lolos ke partai puncak dan meraih juara usai puasa gelar selama 54 tahun.

Lima Laga Terakhir Korsel.

Korea Selatan M M M M M

  • 22/01/15 Korea Selatan 2 - 0 Uzbekistan
  • 17/01/15 Australia 0 - 1 Korea Selatan
  • 13/01/15 Kuwait KUW 0 - 1 Korea Selatan
  • 10/01/15 Korea Selatan 1 - 0 Oman OMA
  • 04/01/15 Saudi Arabia 0 - 2 Korea Selatan

Lima laga terakhir Irak.

Irak M M K M K

  • 23/01/15 Iran IR 3 - 3 Irak
  • 20/01/15 Irak 2 - 0 Palestina
  • 16/01/15 Irak 0 - 1 Jepang
  • 12/01/15 Jordan 0 - 1 Irak
  • 04/01/15 Iraq IRQ 0 - 1 Iran.

Head to Head Korsel vs Irak.

  • 28/03/09 Korea Selatan 2 - 1 Irak
  • 25/07/07 Irak 0 - 0 Korea Selatan
  • 29/06/07 Korea Selatan 3 - 0 Irak.

Rekor Korsel di Piala Asia:

Perjalanan Irak di Piala Asia 2007 hingga jadi juara yang dikutip dari Wikipedia.

 21 JuliBangkok      
 
   Irak 2
 25 JuliKuala Lumpur
   Vietnam 0 
   Irak 0 (4)
 22 JuliKuala Lumpur
    Korea Selatan 0 (3) 
   Iran 0 (2)
  29 JuliJakarta
   Korea Selatan 0 (4) 
   Irak 1
 21 JuliHanoi
    Arab Saudi 0
   Jepang 1 (4)
 25 JuliHanoi 
   Australia 1 (3) 
   Jepang 2Perebutan tempat ketiga
 22 JuliJakarta
    Arab Saudi 3  
   Arab Saudi 2  Korea Selatan 0 (6)
  
   Uzbekistan 1   Jepang 0 (5)
  
  28 JuliPalembang

Jadwal Semifinal Piala Asia 2015.

Asian Cup - Semi-finals

26 Januari

16:00 Korea Selatan ? - ? Irak

27 Januari

16:00 Australia ? - ? U.A.E.

Daftar Top Skor Piala Asia 2015:

4 Gol: Ali Mabkhout (UEA), Hamza Al Daradreh (Yordania).

3 Gol: Keisuke Honda (Jepang), Tim Cahill (Australia), Sun Ke (China).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala asia

Sumber : Solopos

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top