Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALIFIKASI PIALA EROPA 2016: Dick Advocaat Mundur Dari Jabatan Pelatih Serbia

Dick Advocaat mengundurkan diri sebagai pelatih Serbia pada Sabtu, sehari setelah kekalahan 1-3 dari Denmark di kualifikasi Piala Eropa 2016, demikian dikatakan federasi nasional.
Dick Advocat./Reuters
Dick Advocat./Reuters

Bisnis.com, BEOGRAD -  Pria Belanda Dick Advocaat mengundurkan diri sebagai pelatih Serbia pada Sabtu, sehari setelah kekalahan 1-3 dari Denmark di kualifikasi Piala Eropa 2016, demikian dikatakan federasi nasional.

"Saya menyesal bahwa ikatan kerja kita berakhir dengan cara seperti ini," kata Advocaat dalam pernyataan yang dirilis Federasi Sepak Bola Serbia.

Advocaat (67) baru ditunjuk melatih negara Balkan itu pada Juli.

Musim lalu ia melatih klub Belanda AZ Alkmaar, di mana ia memiliki karir kepelatihan yang panjang dengan catatan pernah melatih Belanda, Belgia, Korea Selatan, dan Rusia.

Walau demikian, kesuksesan terbesarnya terjadi di level klub, termasuk saat memenangi treble domestik pada 1999 bersama klub Skotlandia Rangers, dan kemudian menjuarai Liga Rusia 2007 dan Piala UEFA 2008 bersama Zenit St Petersburg.

Serbia saat ini menghuni dasar klasemen Grup I kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan koleksi satu angka.

Mereka memulainya dengan hasil imbang 1-1 di Armenia, sebelum pertandingan kandang mereka melawan Albania di Beograd pada bulan lalu harus dihentikan, ketika para penggemar tuan rumah menginvasi lapangan dan menyerang para pemain lawan setelah bendera pro Albania diterbangkan oleh pesawat drone mengelilingi stadion.

Komite disiplin UEFA kemudian memberikan kemenangan 3-0 kepada Serbia, namun mengurangi tiga angka.

Kepergian Advocaat menyusul pemecatan Claudio Ranieri sebagai pelatih Yunani pada Sabtu siang, dan pengunduran diri Temuri Ketsbaia sebagai pelatih Georgia. (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper