Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA EROPA 2016: Inggris Hajar Estonia 1-0

Tim nasional Inggris membukukan kemenangan 1-0dari Estonia di Grup E babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Minggu (12/10/2014) di Talinn's A Le Coq Arena.
Striker Manchester United Wayne Rooney menjadi penentu kemenangan Inggris 1-0 atas Estonia di babak kualifikasi Grup E Piala Eropa 2016, Minggu (12/10/2014)./Reuters
Striker Manchester United Wayne Rooney menjadi penentu kemenangan Inggris 1-0 atas Estonia di babak kualifikasi Grup E Piala Eropa 2016, Minggu (12/10/2014)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Inggris membukukan kemenangan 1-0dari Estonia di Grup E babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Minggu (12/10/2014) di Talinn's A Le Coq Arena.

Gol kemenangan Ingris dijaringkan oleh striker Manchester United Wayne Rooney pada menit ke-73. Inim erupakan gol ke-43 Rooney di tim nasional Inggris. Gol itu dihasilkan dari satu tendangan bebas berjarak sekitar 25 yard. Namun, di partai itu, pasukan pelatih Roy Hodgson memiliki sejumlah peluang.

Hasil Pertandingan Lain

------------------------------------------------------

Ukraina      1 - 0    Makedonia

Estonia       0 - 1    Inggris 

Austria       1 - 0    Montenegro

Rusia          1 - 1    Moldova

Estonia, yang bermain dengan 10 pemain setelah full back mereka Ragnar Klavan memperoleh dua kartu kuning jelang usai babak pertama, lebih menguasai jalannya pertandingan. Bahkan Rooney memiliki peluang kedua menjelang bubaran babak kedua. Namun semua peluang Inggris mampu dipatahkan berkat penampilan kiper Sergei Pareiko.

Menurut laporan UEFA.com, sebuah tendangan bebas Wayne Rooney  itu mempertahankan rekor sempurna Inggris di Grup E setelah sepuluh orang Estonia akhirnya tunduk  di tangan The Three Lions di Tallinn.

Diharapkan untuk bertahan, Estonia menolak untuk bermain sesuai dengan harapan itu dan tidak membuang-buang waktu dalam  menyerang, melalui  Sergei Zenjov dan Henri Anier yang memiliki peluang di dua menit pertama.

Match background

• David Beckham menjadi bintang saat dia memperlihatkan penampilannya di pertemuan pertama  di Tallinn pada 6 Juni 2007, dia membuat setting up untuk gol Peter Crouch (53),  Michael Owen (61) dan Joe Cole (36) yang oleh Steve McClaren (pelatih) inggris di barisan depan.

 

• Estonia menemukan kesulitan saat mereka harus bertemu Inggris lagi  pada 13 October pada tahun yang sama. Shaun Wright-Phillips (11) dan Wayne Rooney (32) mencetak gol  – ini menjadi pertama kalinya Inggris mencetak gol di kompetisi sejak 2004 – sebelum  sundulan Taavi Rähn  menjadi gol bunuh diri  (33) dan melengkapi kemenangan Inggris.

 

• Inggris memenangkan semua empat pertandingan England di babak grup UEFA melawan  Estonia, mencetak  18 gol  tanpa balas.

 

• Pertemuan pertama antar kedua negara itu di kompetisi klub UEFA  pada UEFA Cup 2006/07, waktu Newcastle United FC mengalahkan  FC Levadia Tallinn 1-0 di  Estonia dan  2-1 di kandang Newcastle. (uefa.com)

Namun, Inggris  segera mengambil alih.  Rooney memilki dua peluang  dalam satu menit. Tuan rumah sudah siap  dan membela dengan tegas, mampu mengatur  diri untuk melawan, yang mereka lakukan dengan keteraturan.

Inisiatif Inggris ditahan  sepanjang babak pertama tetapi diberi ruang yang minimal dan gagal untuk mengatasi  Sergei Pareiko di gawang Estonia ke dalam tindakan yang  lebih dari beberapa kesempatan.

Namun, pertahanan Estonia  mengalami pukulan besar  setelah  kapten Ragnar Klavan menjatuhkan Fabian Delph untuk mendapat kartu kuning kedua. Yang memungkinkan Inggris lingkup  mendorong  Alex Oxlade-Chamberlain dan Raheem Sterling untuk  meregangkan Estonia.

Yang terakhir ini memainkan andil besar dalam gol,  dia dijatuhkan  di tepi area pinalti, dan Rooney mengambil tendangan bebas yang berhasil melintasi  dinding hidup pemain Estonia dan bola bersarang di  sudut gawang Estonia.

 

Tangan kiper Pareiko berupaya untuk menyelamatkan  tetapi gagal untuk mencegahnya bola melintasi garis.  Inggris meraih poin maksimal sembilan poin dari tiga pertandingan untuk memimpin grup E.

Susunan Pemain

Estonia 01 Pareiko 17 Jääger 04 Morozov 15 Klavan Dismissed after an earlier booking 19 Pikk 18 Mets 16 Antonov 14 Vassiljev (Lindpere - 45' ) 13 Vunk (Kruglov - 83' ) 10 Zenjov (Ojamaa - 80' ) 08 Anier

Cadangan:  02 Lindpere 03 Bärengrub 05 Kruglov 06 Dmitrijev 07 Saag 09 Hunt 11 Ojamaa 12 Aksalu 20 Kams 21 Artjunin 22 Londak 23 Teniste

Inggris:  01 Hart 02 Chambers 05 Cahill 06 Jagielka 03 Baines  07 Wilshere  04 Henderson  (Sterling - 64' ) 08 Delph (Oxlade-Chamberlain - 61' ) 11 Lallana 09 Welbeck (Lambert - 80' ) 10 Rooney.

Cadangan:  12 Clyne 13 Foster 14 Gibbs 15 Shelvey 16 Milner 17 Oxlade-Chamberlain 18 Townsend 19 Sterling 20 Lambert 21 Forster Ref: Marijo Strahonja (bbc.com)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper