Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALIFIKASI PIALA DUNIA: Mesir & Ethiopia Susul Pantai Gading ke Play Off

BISNIS.COM, JOHANNESBURG ---  Mesir, Ethiopia, dan Pantai Gading pada Minggu menjadi negara-negara yang mencapai playoff di kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika. Gol bunuh diri Bernard Parker memberi unggulan terendah Grup A Ethiopia kemenangan

BISNIS.COM, JOHANNESBURG ---  Mesir, Ethiopia, dan Pantai Gading pada Minggu menjadi negara-negara yang mencapai playoff di kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika.

Gol bunuh diri Bernard Parker memberi unggulan terendah Grup A Ethiopia kemenangan 2-1 atas tuan rumah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan di Addis Ababa dan keunggulan lima angka yang tidak dapat terkejar lagi dengan hanya satu putaran pertandingan tersisa.

Mohamed Salah menindak lanjuti hatrik ke gawang Zimbabwe pada akhir pekan silam dengan mencetak gol yang membuat Mesir menang 1-0 atas Mozambik di Maputo, dan menciptakan selisih delapan angka dengan Guinea di Grup G.

Pemain terbaik Afrika Yaya Toure mencetak dua gol di Dar es Salaam saat Pantai Gading bangkit dari tertinggal satu gol di menit kedua untuk mengalahkan Tanzania 4-2 di grup C dan mereka tidak dapat dikejar lagi.

Ghana, yang mencapai perempat final pada Piala Dunia terakhir, mengambil langkah maju signifikan untuk mencapai playoff dengan meraih kemenangan 2-0 atas Lesotho di Maseru berkat gol yang dicetak Christian Atsu dan kapten Asamoah Gyan.

"Bintang-bintang hitam" beranjak unggul satu angka atas Zambia di Grup D dan akan menjamu juara Piala Afrika 2012 di putaran pertandingan terakhir pada September.

Afrika Selatan menghadapi Ethiopia di depan 25.000 penonton di mana mereka setidaknya memerlukan satu angka untuk menjaga peluang lolos dan permainan menyerang mereka terbayar pada menit ke-34 ketika Parker melepaskan tendangan setengah voli ke sudut jauh gawang tuan rumah.

Namun "Antelop-antelop Walya" - yang tertinggal 19 posisi di bawah "Bafana-bafana (Anak Muda) di peringkat Afrika - mampu menyamakan kedudukan sebelum turun minum ketika Getaneh Kedebe mencetak gol dari jarak dekat setelah terjadi kemelut.

Gol penentu kemenangan terjadi pada menit ke-70 saat Parker berupaya menyapu tendangan bebas Ethiopia, namun sundulannya justru masuk ke gawang sendiri tanpa dapat dihentikan kiper merangkap kapten Itumeleng Khune.

Afsel memiliki beberapa peluat namun Ethiopia, yang kembali ke turnamen Piala Afrika pada tahun ini setelah tiga dekade absen, yang menjadi pemenang.

Salah membantu klub Swiss FC Basel mencapai semifinal liga Europa tahun ini dan ia sekali lagi kembali menjadi bintang bagi Mesir, mencetak satu-satunya gol di ibukota Mozambik lima menit sebelum turun minum.

"Para Firaun" menjaga rekor sempurna di kompetisi kualifikasi Afrika dengan meraih lima kemenangan berturut-turut dan menyelesaikan jadwal pertandingan mereka di kandnag dengan menjamu tim peringkat kedua Guinea.

Gol pada fase akhir pertandingan dari pemain pengganti Wilfried Bony mengunci kemenangan bagi Pantai Gading, yang bangkit dari kemasukan gol cepat untuk unggul 3-2 saat turun minum di Stadion Benjamin Mkapa.

Toure mencetak dua gol pada babak pertama setelah Lacina Traore menyamakan kedudukan sedangkan Amri Kiemba dan Thomas Ulimwengu mencetak gol untuk "Bintang-bintang Taifa," yang tetap menghuni peringkat ketiga di bawah Pantai Gading dan Maroko.

Tunisia memerlukan hasil imbang di Equatorial Guinea untuk dapat menembus playoff dan Aljazair juga akan mencapai putaran eliminasi akhir untuk tampil di Brazil jika Mali gagal mengalahkan Benin di Bamako. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper