Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIGA CHAMPIONS: Jurgen Klopp, Bayern 'Lawan Sempurna' Dortmund

BISNIS.COM, LONDON—Pelatih Jürgen Klopp mengatakan FC Bayern München adalah "lawan sempurna" untuk Borussia Dortmund di final Liga Champions [Sabtu, 25/5/2013 atau Minggu, 26/5/2013 WIB] di Stadion Wembley, London, Inggris, dengan Jupp
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 26 Mei 2013  |  01:36 WIB

BISNIS.COM, LONDON—Pelatih Jürgen Klopp mengatakan FC Bayern München adalah "lawan sempurna" untuk Borussia Dortmund di final Liga Champions [Sabtu, 25/5/2013 atau Minggu, 26/5/2013 WIB] di Stadion Wembley, London, Inggris, dengan Jupp Heynckes yang yakin kemuliaan pada akhirnya.

Kendati mereka telah bertemu empat kali musim ini,  final Liga Champions akan terus melahirkan beberapa kejutan untuk Borussia Dortmund dan FC Bayern München - namun ada sedikit bahaya,  keakraban akan menumpulkan kedua tim di Wembley.

"Orang-orang yang telah mendaki Gunung Everest mungkin  mereka sadar  harus kembali sepuluh meter dari atas. Mereka tetap mencoba tetap dan begitu juga  Jürgen Klopp".


Di final sesame tim  Jerman, kedua tim tertarik untuk menekankan betapa kemenangan akan sangat berarti. Jupp Heynckes, pelatih Bayern, menggambarkan  sukses  mengatasi  rival di liga domestik sebagai "mahkota kemuliaan", sementara pelatih Dortmund Jürgen Klopp  menyebut itulah kesempatan "yang benar-benar istimewa". Baik, bagaimanapun, kita akan puas menyaksikan kedua terbaik di final ketujuh yang akan dimainkan di London utara.

Setelah sukses 1998 dengan Real Madrid CF, Heynckes bisa menjadi pelatih ke-16 untuk mengangkat piala dua kali, dan  keempat untuk  klub yang berbeda. Pelatih 68 tahun itu tentu dapat menggambar dari  semua pengalaman bertahun-tahun. "Saya telah terlibat dalam beberapa pertandingan yang cukup besar, kami punya kemenangan dan gelar, tapi sebagai olahragawan Anda mengalami kegagalan juga. Ini akan menjadi pertandingan yang spesial bagi pemain saya dan klub saya. Untuk pemain kami yang 28, 29 dan 30, menang melawan tim Jerman akan menjadi mahkota kemuliaan karir mereka, dan bagi saya juga - tapi mungkin dengan sedikit lebih detasemen karena saya pernah mengalami ini sebelumnya, untuk Bayern akan sangat penting, bagi saya itu. "

Bayern, pada final ketiga mereka dalam empat musim, terpaut 25 poin di Bundesliga dari  Dortmund di posisi  kedua, menatap hat-trick gelar - dan pelatih mereka sedang melanjutkan keangkuhan di Wembley. "Musim ini kami telah mencapai hal-hal luar biasa," kata Heynckes. "Ini adalah musim terbaik bagi setiap tim  dalam 50 tahun Bundesliga. Dalam beberapa pekan terakhir kami telah memiliki satu hasil imbang dan memenangkan semua permainan kami yang lain. Dan tentu saja kita memiliki aspirasi untuk melakukan itu di sini."

Sementara Bayern telah menang dalam semua, kecuali satu dari 14 pertandingan terakhir mereka -  imbang 1-1 di Dortmund pada  4 Mei – sedangkan  Klopp tanpa kemenangan dalam empat pertandingan. Pelatih itu, bagaimanapun, gentar saat ia diplot jalan untuk kemuliaan Eropa. "Anda bisa menang dengan keputusan yang tepat pada saat yang tepat. Kedua tim sangat kuat, itulah mengapa kita di sini. Hal-hal kecil dapat memutuskan permainan.. , tetapi harus disiapkan untuk mereka hal-hal yang benar yang harus Anda lakukan di ebvent besar."

Bayern yang tak terkalahkan melawan Dortmund musim ini- meskipun sebelum kompetisi musim ini Dortmund telah memenangkan lima kali berturut-turut melawan Munich -  Heynckes percaya  jika timnya melakukan yang mereka bisa, itu akan menjadi hasil yang menguntungkan.

"Saya selalu berusaha untuk berpikir positif. Aku tahu apa yang tim saya dapat capai, saya mengatakan hal yang sama sebelum melawan Juventus [di perempat final] dan sebelum melawan Barcelona [di semifinal], ketika kami bukan favorit. Saya selalu berpikir kami bisa memenangkan kompetisi ini. Kami memiliki tim yang luar biasa dan mereka bermain sebagai satu unit. Jika kita dapat memanfaatkan itu, kita akan menang. "

Klopp setuju Dortmund adalah "orang luar", tetapi pelatih karismatik yakin skuadnya bisa mendaki puncak-puncak baru. "Anda harus menikmati apa yang Anda lakukan dan fokus pada tugas Anda, tetapi menyadari bahwa hal itu bisa salah," jelas pelatih berusia 45 tahun. "Orang-orang telah mendaki Gunung Everest sadar mereka mungkin harus kembali setelah sepuluh meter dari atas. Namun, mereka akan tetap mencoba  dan begitu juga kita."

Dipukuli di partai final tahun lalu di Arena Fußball, kandang  Munchen sendiri, Bayern dan Heynckes berharap London utara akan menjadi bukti perburuan kebahagiaan. "Wembley adalah tempat dengan tradisi di Inggris, Eropa dan sepak bola internasional, dan itu adalah insentif tertentu bagi pemain, berada di lokasi yang terhormat untuk final Liga Champions," katanya.

"Atmosfer akan menjadi unik. Mungkin kota lain akan membawa kita keberuntungan. Tahun lalu kami adalah tim yang lebih baik dan mungkin para dewa sepakbola akan berada di sisi kami saat ini."

Playmaker Dortmund yang diikat Bayern  Mario Götze dipastyikan tidak tampil  karena cedera hamstring yang dialami  di leg kedua semifinal - meskipun bek Mats Hummels telah mengatasi masalah pergelangan kaki - dan Klopp punya banyak ‘peringatan’ tentang adanya kemungkinan.

"Saya menduga Mario tidak akan punya waktu untuk pulih," katanya. "Kami mencoba segalanya tapi itu akan menjadi kejutan jika telah bekerja. Kami harus bermain sangat baik, jika kita tidak punya kesempatan. Kita harus berusaha sekuat tenaga kami, kami hanya memiliki satu kesempatan dan kami harus membuat sebagian itu. "

Bagi Bayern ini adalah  final Piala Eropa kesepuluh, untuk Dortmund ini hanya kedua. Munich, tempat di mana mereka mengalahkan Juventus pada penampilan showcase mereka sebelumnya pada  1997, tampaknya terkait erat dengan nasib mereka dalam kompetisi.

"Ini adalah permainan yang benar-benar istimewa," tambah Klopp. ".. Tak seorang pun ingin kehilangan. Kami ingin memberikan semua untuk kita, namun waktu yang dibutuhkan untuk menang lama. Jika ini  satu-satunya untuk saya dapatkan  dalam hidup saya, itu akan menjadi sempurna - lawan sempurna di tempat yang sempurna."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola dortmund liga champion bayern muncih
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top