LIGA CHAMPIONS: Real Madrid-Borussia Dortmund, Mourinho Masih Yakin?

BISNIS.COM, MADRID—Secara matematika, Real Madrid masih memiliki peluang untuk lolos ke final kendati di pertandingan pertama semifinal Liga Champions pekan lalu kalah 4-1 dari Borussia Dortmund di Dortmund, Jerman.
Martin Sihombing | 30 April 2013 19:49 WIB

BISNIS.COM, MADRID—Secara matematika, Real Madrid masih memiliki peluang untuk lolos ke final kendati di pertandingan pertama semifinal Liga Champions pekan lalu kalah 4-1 dari Borussia Dortmund di Dortmund, Jerman.

Pelatih Real Madrid José Mourinho  mengatakan sulit untuk mengatakan secara matematika kami masih berpeluang. “Namun, saya sudah mengatakan segalanya kepada pemain. Terpenting adalah tentang kesalahan yang kami buat di Dortmund,” ujarnya.

Terkadang, kata Mourinho, sepakbola itu tidak fair kepada satu tim. “Itu terjadi di Dortmund dan Borussia meraih kemenangan. Namun, segalanya masih mungkin..”

“Kami bermain buruk di Dortmund dan sulit dipercaya jika kami harus bermain seperti itu lagi. Saya ingin mental pemain kuat. Kami harus tenang  di lapangan, Walaupun kami dalam posisi sulit. Kami harus bermain dari menit ke menit dan gol demi gol sampai akhir pertandingan. Kami mungkin tidak beruntung sehingga kalah dalam pertandingan. Namun, kami tidak akan memiliki peluang jika kami bermain seperti yang kami lakukan di Dortmund.”

Menurut Mourinho ini pertandingan paling penting bagi Real Madrid dalam 10 tahun, dan gagal di Dortmund. “Kami bermain seperti di pertandingan persahabatan. Jika saya tidak memenangkan Liga Champions tidak ada yang berubah. Banyak pelatih yang belum memenangkan itu. Saya harus mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena saya sudah dua kali.”

“Saya tetap menilai Dormund kandidat untuk memenangkan kompetisi ini sejak awal musim kompetisi ini.

Hasil akhir pekan

Sabtu: Klub Atlético de Madrid 1-2 Madrid (Falcao 4; Juanfran (gol bunuh diri) 13, Di María 63)
López; Essien (Varane 70), Carvalho, Albiol, Nacho; Khedira, Pepe; Di María (Modri 77), Kaká (Alonso 67), Benzema; Morata. 

-The Merengues  meraih kemenangan dalam enam liga dengan Athletico Madrid pada Madrid derby yang diawali melalui sundulan kepala Falcao (Athletico Madrid) yang baru pulih dari cedera, Angel Maria menjadi penentu kemenangan setelah  Juanfran melaukan gol bunuh diri ke gawang Athletico. Mourinho tidak menurunkan delapan pemain yang tampil di Dortmund, hanya ada Diego López, Sami Khedira dan Pepe.

Berita tim

Cristiano Ronaldo, tidak tampil saat melawan Athlético karena cedera paha, Selasa sudah mulai latihan dan ‘OK’ untuk tampil. Alvaro Arbeloa (cedera di dada) dan Marceloa (pada paha) tetap belum bisa dipastikan, sementara Fàbio Coentrão dan Sergio Ramos tidak tampil saat derby. Michael Essien sudah pulih dari cedera otot dan siap tampil.

Sementara itu, pelatih Borussia Dortmund Jürgen Klopp mengatakan timnya di bawah tekanan para pendukung di first leg dan semua orang tahu bagaimana Dortmund bermain.

“Namun, lihat apa yang terjadi? Madrid akan mencoba segalanya. Kami belum di final, tapi hasil di first leg lebih baik dari yang kami harapkan. Kami harus fight dengan semua kekuatan kami. Kami memiliki pemain penyerang yang memiliki potensi hebat dan kami sudah buktikan di first leg.”

“Bagi Dortmund, pendukung pada pertandingan ini sangat spesial. Saya dengar, 8.000 pendukung kami akan datang ke Madrid. Kami dapat merasakan mimpi para pendukung kami.”

Menurutnya, pemainnya harus disiplin dan kompak. “Tidak ada seorang pun yang membayangkan kami bisa sampai di sini setelah beberapa tahun tidak memiliki prestasi.”

Hasil akhir pekan:

Sabtu: Fortuna Düsseldorf 1-2 Dortmund (Bodzek 88; ahin 20, Baszczykowski 70)
Susunan tim: Langerak; Kirch, Santana, Hummels, Grosskreutz; ahin, Kehl; Hofmann (Reus 79), Leitner (Lewandowski 69), Bittencourt (Baszczykowski 69), Schieber.

• Nuri ahin, Mats Hummels dan Robert Lewandowski –yang memegang rekor klub dengan mencetak gol dalam 12 pertandingan di Bundesliga, siap tampil.

ukasz Piszczek, sangat diragukan bisa tampil karena cedera groin strain, termasuk lkay Gündoan (cedera leher) dan Mario Götze (muscular).

Data pertandingan
• Di babak ketiga Piala UEFA ke-14 pada 1987/1988, setelah menang 3-0 dari Brugge KV di Jerman akhirnya kalah 5-0 di kandang Brugge.(uefa.com)

Sumber : uefa.com

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top