Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2014: Uzbekistan Gagal Taklukkan Korea Selatan

JAKARTA: Korea Selatan sukses mencuri satu poin saat bertandang ke markas Uzbekistan setelah memetik hasil 2-2 pada putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia, Selasa (11/9) malam.Tampil menggebu-gebu dan sempat unggul lebih dahulu, Uzbekistan

JAKARTA: Korea Selatan sukses mencuri satu poin saat bertandang ke markas Uzbekistan setelah memetik hasil 2-2 pada putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia, Selasa (11/9) malam.Tampil menggebu-gebu dan sempat unggul lebih dahulu, Uzbekistan harus puas dengan skor 2-2 saat menjamu Korea Selatan pada kualifikasi Piala Dunia 2014.Uzbekistan belum pernah meraih kemenangan di putaran ini dan kesempatan bertanding di hadapan pendukung sendiri ingin dimaksimalkan. Korea Selatan sendiri datang ke Tashkent dengan rekor sempurna dari dua pertandingan plus kemenangan meyakinkan 4-1 dan 3-0 atas Qatar dan Libanon.Menit 12, antisipasi Lee Jung-soo menyelamatkan gawang Korea Selatan dari kebobolan. Ulughbek Bakaev berhasil mencungkil bola melewati jangkauan kiper Jung Sung-ryong. Bola yang mengarah ke mulut gawang berhasil disapu Jung-soo ke luar lapangan.

Namun, dari tendangan penjuru yang dihasilkan Uzbekistan mampu mencetak gol. Umpan Server Djeparov diteruskan Sanjar Tursunov dengan sundulan di tiang dekat. Ki Sung-yueng yang berdiri di belakangnya terkejut dan membelokkan bola ke dalam gawang sendiri.Mampu mencetak gol lebih dahulu membuat Uzbekistan kian menggebu-gebu dalam menyerang. Beruntung Sung-ryong cekatan mencegah Korea Selatan kebobolan untuk kali kedua, sepuluh menit berselang.

Tendangan keras Tursunov, didahului dengan mengecoh dua pemain lawan, dihentikan Sung-ryong sehigga hanya menghasilkan tendangan penjuru.Korea Selatan kesulitan memperoleh peluang berarti karena Uzbekistan tampil terorganisir. Sekali kesempatan Park Joo-ho di sayap kiri memberikan umpan mendatar ke tengah kotak penalti, tapi tendangan Lee Dong-gook jauh melayang ke atas mistar.Upaya Taeguk Warriors akhirnya membuahkan hasil semenit sebelum turun minum. Tendangan bebas Sung-yueng ditujukan pada kapten Kwak Tae-hwi.

Tak ada pemain Uzbekistan yang mampu mencegah Tae-hwi melepaskan sundulan, termasuk kiper Ignatiy Nesterov yang keluar dari sarangnya. Bola sebenarnya masih bisa diselamatkan di muka gawang, tetapi gagal dilakukan Artyon Filiposyan.Tim tampu mampu membalikkan kedudukan pada menit ke-58. Umpan silang Joo-ho gagal diantisipasi Shohruh Gadoev sehingga dengan mudah Dong-gook menguasai bola dan melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu dijangkau Nesterov.Keunggulan Korea Selatan hanya bertahan tiga menit. Stadion Pakhtator Marzakiy bergemuruh ketika Tursunov sukses menjebol gawang Sung-ryong. Mirip gol pertama, gol Tursunov lagi-lagi berasal dari umpan tendangan penjuru Djeparov yang diarahkan ke tiang dekat.Serangan Uzbekistan kemudian lebih banyak bertumpu pada bola-bola mati. Beberapa kali Sung-ryong dipaksa mengantisipasi umpan-umpan Djeparov yang membahayakan gawangnya. Korea Selatan mencoba mengimbangi dengan memasukkan Park Chu-young yang menggantikan Lee Keun-ho.Upaya kedua tim tidak ada yang berhasil menciptakan gol tambahan. Baik Korea Selatan maupun Uzbekistan sebenarnya memperoleh peluang mencetak gol kemenangan di akhir laga.

Namun, tendangan Dong-gook yang sudah berhadapan satu lawan satu mampu dipatahkan Nesterov. Begitu pun juga dengan tendangan Tursunov yang melebar di tiang jauh beberapa saat berselang. Papan skor menunjukkan kedudukan 2-2 saat wasit Benjamin Williams mengakhiri pertandingan.Dengan hasil ini Korea Selatan masih menduduki tampuk klasemen Grup A putaran keempat kualifikasi berkat tujuh poin dari tiga kali bertanding. Jumlah poin mereka dapat dikejar Iran yang sedang menghadapi tuan rumah Libanon saat berita ini diturunkan. Sementara, Uzbekistan harus puas dengan posisi dua poin di peringkat empat.Uzbekistan belum pernah meraih kemenangan di putaran ini dan kesempatan bertanding di hadapan pendukung sendiri ingin dimaksimalkan. Korea Selatan sendiri datang ke Tashkent dengan rekor sempurna dari dua pertandingan plus kemenangan meyakinkan 4-1 dan 3-0 atas Qatar dan Libanon.Menit 12, antisipasi Lee Jung-soo menyelamatkan gawang Korea Selatan dari kebobolan. Ulughbek Bakaev berhasil mencungkil bola melewati jangkauan kiper Jung Sung-ryong.

Bola yang mengarah ke mulut gawang berhasil disapu Jung-soo ke luar lapangan. Namun, dari tendangan penjuru yang dihasilkan Uzbekistan mampu mencetak gol.

Umpan Server Djeparov diteruskan Sanjar Tursunov dengan sundulan di tiang dekat. Ki Sung-yueng yang berdiri di belakangnya terkejut dan membelokkan bola ke dalam gawang sendiri.Mampu mencetak gol lebih dahulu membuat Uzbekistan kian menggebu-gebu dalam menyerang. Beruntung Sung-ryong cekatan mencegah Korea Selatan kebobolan untuk kali kedua, sepuluh menit berselang. Tendangan keras Tursunov, didahului dengan mengecoh dua pemain lawan, dihentikan Sung-ryong sehigga hanya menghasilkan tendangan penjuru.Korea Selatan kesulitan memperoleh peluang berarti karena Uzbekistan tampil terorganisir. Sekali kesempatan Park Joo-ho di sayap kiri memberikan umpan mendatar ke tengah kotak penalti, tapi tendangan Lee Dong-gook jauh melayang ke atas mistar.Upaya Taeguk Warriors akhirnya membuahkan hasil semenit sebelum turun minum. Tendangan bebas Sung-yueng ditujukan pada kapten Kwak Tae-hwi. Tak ada pemain Uzbekistan yang mampu mencegah Tae-hwi melepaskan sundulan, termasuk kiper Ignatiy Nesterov yang keluar dari sarangnya. Bola sebenarnya masih bisa diselamatkan di muka gawang, tetapi gagal dilakukan Artyon Filiposyan.Tim tampu mampu membalikkan kedudukan pada menit ke-58. Umpan silang Joo-ho gagal diantisipasi Shohruh Gadoev sehingga dengan mudah Dong-gook menguasai bola dan melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu dijangkau Nesterov.Keunggulan Korea Selatan hanya bertahan tiga menit. Stadion Pakhtator Marzakiy bergemuruh ketika Tursunov sukses menjebol gawang Sung-ryong. Mirip gol pertama, gol Tursunov lagi-lagi berasal dari umpan tendangan penjuru Djeparov yang diarahkan ke tiang dekat.Serangan Uzbekistan kemudian lebih banyak bertumpu pada bola-bola mati. Beberapa kali Sung-ryong dipaksa mengantisipasi umpan-umpan Djeparov yang membahayakan gawangnya. Korea Selatan mencoba mengimbangi dengan memasukkan Park Chu-young yang menggantikan Lee Keun-ho.Upaya kedua tim tidak ada yang berhasil menciptakan gol tambahan. Baik Korea Selatan maupun Uzbekistan sebenarnya memperoleh peluang mencetak gol kemenangan di akhir laga. Namun, tendangan Dong-gook yang sudah berhadapan satu lawan satu mampu dipatahkan Nesterov.

Begitu pun juga dengan tendangan Tursunov yang melebar di tiang jauh beberapa saat berselang. Papan skor menunjukkan kedudukan 2-2 saat wasit Benjamin Williams mengakhiri pertandingan.Dengan hasil ini, seperti dilansir goal.com, Korea Selatan masih menduduki tampuk klasemen Grup A putaran keempat kualifikasi berkat tujuh poin dari tiga kali bertanding.

Jumlah poin mereka dapat dikejar Iran yang sedang menghadapi tuan rumah Libanon saat berita ini diturunkan. Sementara, Uzbekistan harus puas dengan posisi dua poin di peringkat empat.(api)(FOTO: Getty)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper