Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LA Galaxy hargai Beckham hampir Rp1 juta per menit

JAKARTA: Nama lengkapnya David Robert Joseph Beckham. Meski sudah tidak lagi berseragam tim nasional Inggris, tidak ada keraguan lagi bahwa lelaki ini adalah pesepak bola 'nomor satu' di Inggris Raya.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 November 2011  |  15:25 WIB

JAKARTA: Nama lengkapnya David Robert Joseph Beckham. Meski sudah tidak lagi berseragam tim nasional Inggris, tidak ada keraguan lagi bahwa lelaki ini adalah pesepak bola 'nomor satu' di Inggris Raya.

 

Pamor David Beckham yang kerap dipanggil Becks mengalahkan nama seperti Wayne Rooney atau Anda bisa sebut pemain-pemain muda lainnya di timnas Three Lions besutan Fabio Capello.

 

Dia juga menjadi 'panutan' bagi para pesepak bola dunia. Boleh dibilang Beckham lah yang menjadi trend setter merajah tubuh dengan tato di kalangan para pemain bola. Semula, tato lebih banyak dikenal di lapangan basket NBA ketimbang lapangan hijau.

 

Pada paruh kedua 2006, nama Beckham menjadi perbincangan para penggila bola di seantero jagad. Ketika itu muncul spekulasi tentang kepindahan Beckham dari tim yang dibelanya ketika itu Real Madrid ke Amerika Serikat--negeri di mana sepak bola menjadi olahraga kelas dua.

 

Adalah klub Los Angeles (LA) Galaxy yang kesengsem dengan pemain yang terkenal dengan tendangan pisang dan umpan-umpan terukurnya itu.

 

Pada Januari 2007, akhirnya didapat kepastian bahwa Becks, begitu dia sering dipanggil, akan berlaga di Major League Soccer Amerika Serikat dengan kostum LA Galaxy. Ayah empat anak ini dikontrak dengan nilai US$248 juta untuk 5 tahun.

 

Dengan nilai tukar US$1 setara Rp9.000, besaran kontrak itu berarti sekitar Rp2,232 triliun. Kalau diperinci lagi, maka setiap tahun uang Rp446 miliar mengalir ke kocek Beckham.

 

Kalau ingin dihitung harian, maka pesepak bola kelahiran 1975 di Leytonstone, London, itu dihargai Rp1,223 miliar per hari (1 tahun=365 hari).

 

Dalam hitungan waktu yang lebih singkat, berarti Beckham dihargai dengan angka Rp50,958 juta per jam atau Rp850.000 per menit.

 

Hitungan yang hampir serupa juga terjadi ketika Beckham bergabung ke Santiago Bernabeau, markas Real Madrid, setelah hijrah dari Old Trafford, markas Manchester United, klub yang membesarkannya.

 

Real Madrid harus rela mengeluarkan dana 35 juta euro atau setara dengan Rp4,2 miliar untuk membawa Beckham merumput di La Liga, Spanyol, pada 2003.

 

Sejak menjadi selebritas dari lapangan hijau, Beckham dan juga istrinya Victoria Posh Girl, mantan personel Spice Girls, terus menjadi sorotan media massa.

 

Pasangan itu menikah di Irlandia pada 4 Juli 1999. Kini pasangan itu dianugerahi 4 orang anak yang diberi nama Brooklyn, Romeo, Cruz, dan si bungsu Harper.

 

Pada 2005, Beckham menduduki posisi teratas daftar pesepak bola terkaya di Inggris dengan kekayaan yang diperkirakan dua kali lebih banyak dari pada pesaing terdekatnya, Dennis Bergkamp.

 

Majalah FourFourTwo menyatakan kekayaan kapten timnas Inggris itu mencapai 75 juta poundsterling, jauh lebih banyak daripada pemain Arsenal asal Belanda, Dennis Bergkamp, yang memiliki aset 37 juta poundsterling dan striker Newcastle Michael Owen, yang berada di posisi ketiga dengan 30 juta poundsterling.

 

Pada 2005, Beckham juga menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia, yang diperoleh dari gaji, bonus, dan iklan mencapai 25 juta euro setahun.

 

Pasangan Beckham dan Victoria sampai saat ini masih tercatat sebagai selebritas dengan penghasilan terbesar versi Forbes.

 

Kalau pendapatan mereka berdua digabung, menurut catatan Forbes, selama Mei 2010 sampai Mei 2011 jumlahnya mencapai US$45 juta.

 

Kelihaian Beckham yang kini bermain di LA Galaxy di lapangan rumput memang telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Maklum usianya sudah masuk angka 36 tahun.

 

Namun, tidak begitu dengan kemampuannya menambah pundi-pundi harta. Lelaki ganteng yang membawa tren bertato di kalangan pesepak bola itu masih dipercaya menjadi ikon dari Adidas dan Samsung.

 

Sinar Beckham semakin berbinar dalam urusan mencari duit karena London akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2012. Forbes menghitung Beckham tahun lalu saja punya pendapatan US$40 juta.

 

Lalu istrinya yang dijuluki Posh Girl memberi tambahan US$5 juta dari hasil penjualan busana dan dompet yang dibanderol seharga US$3.000.

 

Beckham dan Victoria berada di bawah pasangan supermodle Gisele Bundchen dan bintang NFL Tom Brady, pasangan penyanyi Beyonce Knowles dan Jay-Z, serta pasangan artis Angelina Jolie dan Brad Pitt. (ea)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sutan Eries Adlin

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top