Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Sampaoli ‘Dipecat’ Sebagai Pelatih Argentina

Jorge Sampaoli meninggalkan posisinya sebagai pelatih Argentina setelah Piala Dunia yang mengecewakan di mana tim Amerika Selatan itu tersingkir di babak 16 besar oleh juara akhir Prancis.
Jorge Sampaoli  meninggalkan posisinya sebagai pelatih Argentina setelah Piala Dunia yang mengecewakan di mana tim Amerika Selatan itu tersingkir di babak 16 besar oleh juara akhir Prancis/Foto-Foto - Reuters
Jorge Sampaoli meninggalkan posisinya sebagai pelatih Argentina setelah Piala Dunia yang mengecewakan di mana tim Amerika Selatan itu tersingkir di babak 16 besar oleh juara akhir Prancis/Foto-Foto - Reuters

Bisnis.com, BUENOS AIRES - Jorge Sampaoli  meninggalkan posisinya sebagai pelatih Argentina setelah Piala Dunia yang mengecewakan di mana tim Amerika Selatan itu tersingkir di babak 16 besar oleh juara akhir Prancis.

"Asosiasi Sepakbola Argentina dan mantan pelatih tim nasional Jorge Sampaoli hari ini mencapai kesepakatan bersama untuk membatalkan kontraknya," kata AFA dalam sebuah pernyataan pada Minggu (15/7/2018).

AFA berterima kasih kepada Sampaoli yang berusia 58 tahun dan para asistennya, yang juga telah meninggalkan posisi mereka, untuk layanan mereka.

Keputusan itu berarti  Argentina, juara dunia pada 1978 dan 1986, mencari pelatih keempat mereka dalam empat tahun.

Sampaoli mengambil alih satu tahun lalu dengan mengumpulkan tim untuk pertama kali mencapai Piala Dunia 2018 di Rusia dan kemudian mengajukan tantangan untuk trofi tersebut.

PIALA DUNIA 2018: Sampaoli ‘Dipecat’ Sebagai Pelatih Argentina

Timnya - sebagian besar berkat kecemerlangan Lionel Messi - lolos ke turnamen dengan kemenangan di pertandingan terakhir mereka.

Namun, mereka berjuang dalam kelompok di mana mereka menghadapi Islandia pertama kemudian Kroasia dan Nigeria – seri di pertandingan pertama, kalah di pertarungan kedua dan memenangkan pertandingan ketiga dengan gol akhir untuk membawa mereka ke babak 16 besar, di mana mereka kalah 4-3 kepada Prancis.

Keputusan AFA untuk berpisah dengan Sampaoli, mantan pelatih Sevilla yang membawa Cile ke meraih gelar Copa America dengan kemenangan atas Argentina di final 2015, sempat diharapkan memiliki kontrak hingga 2022.

Sampaoli (foto-foto REUTERS) mewarisi skuad yang menua di bawah federasi sepak bola yang kacau dan tidak pernah tampak seperti meletakkan stempelnya di sisi yang tidak konsisten untuk sebagian besar masa jabatannya.

Itu berarti Argentina - yang telah memiliki tiga pelatih berbeda sejak Alejandro Sabella memimpin mereka ke final Piala Dunia 2014 - kembali ke titik awal dalam pencarian mereka untuk gelar internasional besar pertama sejak memenangkan Copa America pada  1993.

Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino, Diego Simeone dari Atletico Madrid dan Marcelo Gallardo dari River Plate, adalah salah satu pelatih yang disebutkan oleh media lokal sebagai pengganti mungkin.

Dua Argentina lainnya, Jose Pekerman, yang mengelola Kolombia di Rusia, dan Ricardo Gareca, yang membawa Peru ke Piala Dunia pertama mereka dalam 36 tahun, juga telah memberi tip calon yang mungkin bersama dengan Jorge Almiron dari Atletico Nacional dan Matias Almeyda, yang baru-baru ini berdiri. turun di klub Meksiko Chivas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper