Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Didakwa FA, Guardiola Kukuh Pakai Pita Kuning

Pelatih Manchester City Pep Guardiola akan berhenti mengenakan pita kuning sebagai simbol protes jika para ofisial klub pemuncak klasemen Liga Primer Inggris itu memintanya.
Pep Guardiola/Reuters
Pep Guardiola/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Manchester City Pep Guardiola akan berhenti mengenakan pita kuning sebagai simbol protes jika para ofisial klub pemuncak klasemen Liga Primer Inggris itu memintanya atau jika hal tersebut memengaruhi penampilan tim asuhannya.

Football Association (FA), otoritas sepak bola Inggris, mendakwa Guardiola karena mengenakan pita itu pada pertandingan-pertandingan liga dan piala domestik musim ini, dan pria 47 tahun itu memiliki waktu sampai Senin pekan depan untuk merespon.

Pita itu, yang dikenakan sebagai bentuk protes terhadap penahanan para politisi pro-kemerdekaan di kampung halaman Guardiola Katalunya, Spanyol, di mana hal itu juga dianggap melanggar peraturan-peraturan iklan dan pakaian FA.

"Ya, tentu saja. Hal yang lebih penting adalah apa yang terjadi dengan tim dan klub dibandingkan dengan opini pribadi saya," kata Guardiola.

"Menurut saya, hal itu [tidak lagi mengenakan pita kuning] tidak akan terjadi, tetapi jika mereka [ofisial klub] memintanya, saya akan menerimanya. Mereka para bos... Namun, opini pribadi saya bukan opini politis. Ketika seorang pria dan wanita mengenakan pita merah itu karena mendukung untuk inisiatif kanker payudara."

"Hal yang sama ketika saya mengenakan lencana kanker prostat. Idenya sama... Tentu saja, saya tidak ingin merusak tim atau klub saya."

Guardiola dapat dikenakan dakwaan yang lebih berat sebab pita itu kembali terlihat pada final Piala Liga, ketika timnya menang atas Arsenal pada Minggu.

Penyerang Sergio Aguero membuka gol saat timnya menang 3-0 di Wembley untuk membuat dirinya telah mengoleksi 30 gol dari 35 penampilan di semua kompetisi musim ini, dan Guardiola memuji pemain internasional Argentina itu sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

"Satu pengakuan bahwa seorang pemain benar-benar dibutuhkan adalah rekan-rekan setimnya -- dan Sergio memilikinya," tambah Guardiola.

"Ia merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah bekerja sama dengan saya dan salah satu yang terbaik di dunia."

"Menurut saya bukan hanya sepak bola Inggris yang mengakui apa yang dilakukan Sergio -- karena ia mencetak gol-gol musim demi musim -- hal itu berlaku di sepak bola Eropa dan dunia, yang semuanya mengakui apa yang ia lakukan."

City akan melawat ke Emirates pada Jumat dini hari WIB (2/3/2018) untuk menghadapi Arsenal untuk kedua kalinya dalam sepekan, ketika sang pemimpin klasemen liga berniat mengokohkan keunggulan 16 poin di puncak klasemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper