LIGA INGGRIS: Liverpool vs Manchester United, Preview, Head To Head dan MU Diunggulkan? (RCTI)

The big match. Ya..Sabtu (14/10/2017) pukul 18.00 WIB Anda akan menyaksikan pertarungan itu antara tuan rumah Liverpool dan the Reds Manchester United di Stadion Anfield, Liverpool. Pertandingan ini bisa Anda nikmati di RCTI.
Martin Sihombing | 14 Oktober 2017 12:26 WIB
Striker Manchester United Romelu Lukaku - Reuters/Andrew Yates

Bisnis.com, JAKARTA - The big match.  Ya..Sabtu (14/10/2017) pukul 18.00 WIB Anda akan menyaksikan pertarungan itu antara tuan rumah Liverpool dan the Reds Devil Manchester United di Stadion Anfield, Liverpool. Pertandingan ini bisa Anda nikmati di RCTI.

Lalu, siapa yang Anda jagokan? Liverpool,  kini terperosok di peringkat ketujuh dengan 12 poin, atau Manchester United,  kini di peringkat kedua dengan 19 poin?

Ingat, secara head to head,  yang juga diungkapkan  dalam laporan BBC,  setelah kemenangan 3-0  Liverpool di Old Trafford pada Maret 2014, Liverpool tidak pernah meraup kemenangan dalam enam pertandingan terakhir mereka melawan Si Setan Merah. Rekor mereka melawan Manchester United dua kali seri dan empat kali kalah.

Bahkan, dalam lima kali kunjungan ke Anfield, tim besutan pelatih asal Portugal itu, mampu menghajar tim asuhan pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp. Dahsyatnya, dalam dua pertandingan terakhir melawan Liverpool, United mampu membuat clean sheet (tidak kebobolan).

Liverpool,  yang telah memenangkan lima trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris dan ketiga di Eropa bersama FC Bayern München, setelah Real Madrid dan AC Milan,  memang hanya kehilangan satu dari 14 pertandingan kandang terakhir mereka di semua kompetisi : menang delapan dan seri lima. Namun, mereka hanya memiliki satu kemenangan dalam tujuh pertandingan liga dan piala terakhir mereka (seri empat, kalah dua).

Meskipun demikian, ada catatan menarik dari sisi Liverpool.  Klopp, mantan pelatih Borussia Dortmund,  hanya kalah satu kali dalam tujuh pertemuan kompetitif dengan Jose Mourinho (menang tiga, seri tiga).

Bagi Manchester United, kemenangan pada  Sabtu ini akan memberi United akan menjadi  rekor baru klub di Premier League dengan 22 poin dalam delapan pertandingan pertama. Sejauh ini, mereka telah mempertahankan 17 clean sheet  di Liga Premier  2017, tiga lebih banyak dari tim lain. Bahkan, United telah menyimpan delapan clean sheet  dalam sembilan pertandingan liga terakhir mereka.

"Kami tahu, fans [Liverpool], secara historis, memiliki permusuhan terhadap Manchester United . Tapi inilah yang kami inginkan. Jadi kami sangat bahagia untuk memiliki satu kesempatan lagi untuk bermain dalam kondisi indah ini. Sangat indah bermain di Anfield," ujar Jose Mourinho.
 

Dalam pertandingan ini,  Romelu Lukaku bisa menjadi pemain pertama yang mencetak delapan gol dalam delapan laga pertamanya di Premier League untuk United. Namun, Lukaku hanya memiliki satu gol dalam tujuh laga terakhirnya melawan Liverpool,  lima di antaranya gagal  ke sasaran.

Sementara itu, Marcus Rashford telah mencatat lima gol dan empat assist dalam 10 penampilan terakhirnya.

Di sisi lain,   Coutinho, yang bakal menjadi tumpuan barisan depan Liverpool,  telah mendaftarkan sembilan gol dan tiga assist dalam 12 pertandingan terakhir Premier League-nya.

Liverpool hanya menang sekali dalam tujuh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi dan berada di urutan ketujuh di Liga Primer, tujuh poin di bawah kedua klub Manchester tersebut.  Mereka pun gugur dari  dari Piala Carabao (Piala Liga) dan tetap tanpa kemenangan dari dua pertandingan di Liga Champions.

Pada pertandingan Sabtu ini, striker Liverpool  Sadio Mane dipastikan  absen. Dia harus istirahat  selama enam minggu setelah cedera hamstring saat bermain untuk Senegal.

Tapi Philippe Coutinho dan Roberto Firmino diperkirakan akan tersedia meski menempuh perjalanan panjang dari Brasil.

Di sisi Manchester United, gelandang United Marouane Fellaini akan absen setelah cedera  ligamen lutut saat bermain untuk Belgia di kualifikasi Piala Dunia 2018. Termasuk  Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic dan kapten Michael Carrick, yang masih belum bisa diturunkan karena cedera betis.

Sementara itu, bek Phil Jones yang melewatkan tugas di timnas Inggris akibat masalah lutut,  kemungkinan akan tampil pada  Sabtu ini, sementara striker Romelu Lukaku juga fit  meski mengalami masalah pergelangan kaki baru-baru ini.

The Reds pergi ke pertandingan  Sabtu melawan Manchester United di Anfield dengan sikap Klopp yang bersikeras mereka dapat mengatasi kesenjangan keuangan yang ada antara saingan berat.

Pengeluaran Klopp senilai £ 149 juta untuk transfer selama dua tahun pertama masa pemerintahannya dikerdilkan oleh investasi di skuad United.  Jose Mourinho telah menghabiskan £ 306million sejak ia mengambil alih di Old Trafford 14 bulan yang lalu dan menikmati kesuksesan instan dengan Piala Liga musim lalu dan Liga Europa.

"Tim Mourinho cerdas. Ini benar-benar oke, tapi kita bisa menang tahun lalu. Mereka tidak akan menjadi pasif kali ini. Mereka adalah tim yang berbeda dengan cara yang berbeda," ujar Klopp.

"Jika ada satu atau dua bola yang panjang  tidak menjadi masalah bagi kami. Kita masih bisa memenangi bola di sana. Anda harus siap menghadapi saat tekanan tinggi. Anda memiliki peluang dalam permainan dan Anda harus siap. Sisanya bertahan bersama," tambah Klopp.

"Kita harus memperbaiki mode switching ini dari bermain, bermain, bermain dan kemudian satu kesempatan ke lawan. Itu sebabnya saya bilang  konsentrasi. Ini untuk belajar."

Absennya Sadio Mane, nampaknya cukup merumitkan Klopp. Namun, Daniel Sturridge, Alex Oxlade-Chamberlain dan Georginio Wijnaldum adalah pemain potensial di barisan belakang, sementara Philippe Coutinho juga bisa mengganti posisi (Mane] jika diperlukan.

Pria Klopp saat ini masih berada di posisi ketujuh, dan bos Jerman itu pasti sangat ingin membuat konsistensi dengan hasil timnya.

5 Pertandingan Terakhir Liverpool

1-1 Seri di Newcastle
1-1 Seri di Spartak Moscow (UCL)
2-3 Menang di  Leicester
2-0 Kalah di  Leicester (EFL Cup)
1-1 Seri (di kandang) vs Burnley

Liverpool XI (4-3-3):  Mignolet, Alexander-Arnold, Matip, Lovren, Moreno,  Henderson, Can, Wijnaldum,  Salah, Coutinho, Firmino

5 Pertandingan Terakhir Manchester United

4-0 Menang (di kandang)  vs Crystal Palace
1-4 Menang di  CSKA Moscow (UCL)
0-1 Menang di  Southampton
4-1 Menang  vs Burton Albion (EFL Cup)
4-0 Menang (di kandang) vs Everton 

Man United XI (4-2-3-1): de Gea,  Valencia, Smalling, Bailly, Young,  Matic, Herrera, Mata, Mkhitaryan, Rashford, Lukaku.

Sumber : footballexpert.com/bbc.com/manutd.com/http:/liverpoolecho.co.uk

Tag : liga inggris
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top