Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS: Madrid Optimis dan Atletico Sulit

Sergio Ramos mengatakan Real Madrid dapat menahan atmosfir apa pun yang menanti di Vicente Calderon saat mereka berhadapan dengan rival sekota Atletico di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (10/5/2017) atau Kamis (11/5/2017) dinihari WIB.
Zinedine Zidane dan Diego Simeone (kanan)/www.elconfidencial.com
Zinedine Zidane dan Diego Simeone (kanan)/www.elconfidencial.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sergio Ramos mengatakan Real Madrid dapat menahan atmosfir apa pun yang menanti di Vicente Calderon saat mereka berhadapan dengan rival sekota Atletico di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (10/5/2017) atau Kamis (11/5/2017) dinihari WIB.

Real, yang memimpin 3-0 di leg pertama Liga Champions, akan berkunjung untuk terakhir kalinya sebelum Atletico pindah ke sebuah rumah baru di musim panas.

Ramos mengatakan bahwa persepsi pihak Diego Simeone lebih buruk dari juara Eropa 11 kali itu salah. "Pengorbanan adalah sesuatu  yang memenuhi keinginan Anda untuk menang," kata kapten Real.

"Sepertinya di sini kita dibesarkan di Beverly Hills. Di sini ada orang-orang dari latar belakang yang sederhana juga."

Dalam angka terbaru yang dikeluarkan oleh akuntan Deloitte, Real Madrid memiliki perkiraan pendapatan  620 juta euro, sedangkan Atletico  228,6 juta euro.

Real telah mengalahkan Atletico di Liga Champions dalam tiga musim terakhir, termasuk di final 2014 dan 2016.

Dengan level  poin yang sama dengan Barcelona di puncak klasemen La Liga, tetapi dengan satu pertandingan di tangan, Real mendekati  menyandangkan juara pertama liga dan dua kali juara Piala Eropa sejak 1958.

Atletico Madrid

• Atlético tidak terkalahkan di semua leg di lima  semifinal Piala Eropa mereka (M-4 S-1) yang dimainkan di kandang mereka dan tidak pernah kebobolan gol kandang. Hasil imbang tunggal di leg pertama terjadi 2013/14 melawan Chelsea, saat mereka menang 3-1 di leg kedua.
• Atlético telah memenangkan 29 dari 35 jadwal terakhir mereka di Eropa di Vicente Calderón, kalah hanya dua kali. Mereka sepuluh pertandingan tak terkalahkan di kandang sendiri di Eropa (M-8 S-2); Dalam kaitan  partai ini mereka telah memenangkan empat dari lima pertandingan kandang mereka.
• Catatan Atlético melawan klub Spanyol dalam kompetisi UEFA adalah M-8 S-5 K-8 (di kandang M-6 S-2 K-0). Rekor mereka dalam ikatan dua leg  adalah M-5 K-3.
• Selain pertarungan 1959 melawan Madrid, satu-satunya semifinal Eropa Atlético lainnya yang pernah ada sebelumnya melawan tim Spanyol lainnya datang pada Liga UEFA 2011/12, saat mereka mengalahkan Valencia 5-2 dalam dua leg (4-2 kandang, 1- 0 tandang).
• Atlético telah memenangkan sembilan dan kehilangan sepuluh dari kompetisi kompetisi UEFA di mana mereka kalah dalam pertandingan tandang pertama - termasuk semifinal  1959 melawan Real Madrid, di mana mereka dipukuli dalam pertandingan ulang - yang terakhir melawan FC Schalke 04 pada  2008/09 UEFA Champions League babak kualifikasi ketiga (0-1 tandang, 4-0 kandang). Rojiblancos tidak pernah membalikkan  defisit tiga gol, seperti kalah dari Boavista FC di babak pertama Piala UEFA 1981/82 (1-4 tandang, 3-1 kandang).

 

Real Madrid
• Madrid telah memenangkan satu dari tujuh pertandingan tandang terakhir mereka di semifinal Liga Champions UEFA (S-2 K-4). Secara keseluruhan, rekor away mereka  di empat besar adalah M-5 S-6 K-16.
• Madrid tak terkalahkan dalam kompetisi musim ini (M-8 S-3) dan telah memenangkan kelima pertandingan di babak sistem gugur.
• Kekalahan 2-0 di VfL Wolfsburg di leg pertama perempat final tahun lalu adalah kekalahan soliter Madrid dalam 11 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions UEFA; Mereka memenangkan enam dari pertandingan tersebut.
• Rekor Madrid melawan tim Liga Spanyol di Eropa adalah M-12 S-6 K-3 (M-2 S-3 K-2). Rekor mereka dalam dua leg  adalah M-5 K-2.
• Ini adalah kali kelima Real Madrid telah menghadapi klub Spanyol di semifinal Piala Eropa; Selain kemenangan melawan Atlético pada  1959, semua pertemuan mereka sebelumnya melawan Barcelona. Mereka memenangkan agregat 6-2 pada  1959/60 (3-1 kandang, 3-1 tandang) dan 3-1 pada 2001/02 (2-0 tandang, 1-1 kandang) namun kalah 3-1 dari dua leg pada 2010/11 (0-2 kandang, 1-1 tandang).
• Real Madrid tidak terkalahkan dalam delapan laga terakhir mereka melawan oposisi dari Spanyol di Eropa, sejak kalah 2-0 di kandang Barcelona pada 2011.
• Madrid telah melewati 45 dari 58 pertandingan di Eropa setelah memenangkan pertandingan pertama di kandang sendiri, yang terakhir melawan SSC Napoli di babak 16 besar musim ini (3-1 kandang, 3-1 tandang)..


Gelandang Atletico Saul Niguez mengatakan bahwa tugas timnya "sangat sulit", terutama mengingat Real mencetak gol dalam 60 pertandingan terakhir mereka. "Kita tidak bisa gila, kita perlu melangkah selangkah demi selangkah, kita perlu tetap bersih bersih," katanya.

"Jika mereka mencetak gol di pertarungan ini  membuat  kami lebih sulit, tapi gol di babak pertama akan memberi kita banyak kekuatan dan bisa membuat mereka gugup."

Real Madrid akan tanpa pemain internasional Wales Gareth Bale yang dikesampingkan akibat  cedera betis. Juanfran diperkirakan akan kembali di bek kanan tuan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc/uefa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper