Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Champions: Napoli & Benfica Lolos, Arsenal Juara Grup A

Napoli dan Benfica menjadi tim ke-13 dan 14 yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah keduanya menyelesaikan pertandingan matchday keenam atau terakhir Grup B.
Pemain Arsenal Lucas Perez (kiri) ketika mencetak gol ketiganya ke gawang Basel/Reuters-Andrew Couldridge
Pemain Arsenal Lucas Perez (kiri) ketika mencetak gol ketiganya ke gawang Basel/Reuters-Andrew Couldridge

Bisnis.com, JAKARTA - Napoli dan Benfica menjadi tim ke-13 dan 14 yang lolos dari fase grup ke babak 16 besar Liga Champions Eropa setelah keduanya menyelesaikan pertandingan matchday keenam atau terakhir Grup B pada Rabu pagi WIB (7/12/2016).

Sebelumnya 12 tim telah lolos ke babak 16 besar yakni Arsenal dan Paris Saint-Germain dari Grup A, Barcelona dan Manchester City (C), Atletico Madrid dan Bayern Munchen (D), AS Monaco dan Bayer 04 Leverkusen (E), Borussia Dortmund dan Real Madrid (F), Leicester City (G), serta Juventus (H).

Dalam pertandingan di Stadion Sport Lisboa di Lisbon, ibu kota Portugal, tuan rumah Benfica secara dramatis dan mendapat keberuntungan tetap lolos ke babak 16 besar meskipun menelan kekalahan dengan skor tipis 1-2 dari tamunya, klub Serie A Italia Napoli.

Dua gol dari Jose Maria Callejon (60’) dan Dries Mertens (79’) membawa kemenangan skuat asuhan pelatih Maurizio Sarri, sedangkan tuan rumah memperoleh sebiji gol hiburan 4 menit menjelang laga usai melalui kontribusi Raul Jimenez.

Dengan kemenangan itu, Napoli menjadi juara Grup B dengan koleksi 11 angka, diikuti Benfica 8, Besiktas di tempat ketiga dengan nilai 7, sedangkan Dynamo Kiev di dasar klasemen dengan hanya meraih 5 poin.

Lolosnya Benfica dibantu kemenangan Dynamo Kiev 6-0 atas Besiktas pada saat bersamaan di Stadion Olimpiade Kiev, Ukraina. Enam gol tuan rumah dicetak Artem Besyedin (9’), Andriy Yarmolenko (30’, penalti),  Vitaliy Buyalski (32’), Derlis Gonzalez (45+3’), Serhiy Syodorchuk (60’), dan Junior Moraes (77’).

Kalau saja Besiktas yang menang dalam pertandingan tersebut, maka klub Turki itulah yang akan lolos mendampingi Napoli ke babak 16 besar karena mendulang nilai 10, dua angka lebih banyak daripada Benfica.

Sementara itu di  Grup A, akhirnya Arsenal yang tampil sebagai juara grup setelah rivalnya, juara Prancis Paris Saint-Germain secara mengejutkan hanya bisa imbang 2-2 di Stadion Parc des Princes melawan klub Bulgaria yang telah dipastikan gagal lolos ke 16 besar, Lugorets Razgrad, dengan skor 2-2.

Bukan hanya seri, tuan rumah PSG bahkan nyaris kalah dan beruntung Angel di Maria mampu memberi gol balasan kedua pada injury time babak kedua ketika skor 1-2 dan mengubahnya menjadi skor akhir 2-2.

Di hadapan lebih dari 42.000 pendukung sendiri, PSG lebih dulu tertinggal dari tim tamu yang melesakkan gol pembuka pada menit ke-15 melalui Virgil Misidjan. Skor 0-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, berjalan 15 menit, barulah PSG mampu memberi gol balasan melalui striker Edinson Cavani. Namun, Ludogorets kembali unggul pada menit 69 dengan gol Wanderson Farias, sebelum kemudian datang gol Di Maria yang membuat imbang 2-2.

Hasil di luar dugaan itu membuat PSG turun ke posisi runner up Grup A, karena pada saat bersamaan Arsenal justru menang di kandang lawan, FC Basel, dengan skor telak 4-1. Padahal jika saja PSG yang menang, dengan skor berapa pun, dipastikan PSG juara grup karena unggul head to head dari Arsenal.

Kemenangan Arsenal di Stadion St. Jakob Park di Basel berkat hattrick Lucas Perez (8’, 16’, 47’) dan Alex Iwobi, sedangkan satu lagi dari Alex Iwobi (53’). Sedangkan gol semata wayang tuan rumah dihasilkan 12 menit menjelang laga usai melalui Seydou Doumbia.

Hasil lainnya ialah di Grup C, Manchester City imbang 1-1 versus Celtic dan Barcelona menang mutlak 4-0 atas Borussia Monchengladbach. City dan Barcelona telah lolos ke 16 besar sebelum pertandingan dimulai.

Di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, terjadi dua gol cepat ketika tamu dari Glasgow, Skotlandia, membuka skor pada menit ke-4 lewat Patrick Roberts dan dibalas 4 menit kemudian oleh Kelechi Iheanacho. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Sementara itu, di Stadion Camp Nou di Barcelona, tuan rumah tidak menurunkan Luis Suarez dan Neymar da Silva Jr. Arda Turan memberi hattrick pada menit 50, 53, dan 67, setelah Lionel Messi membuka skor pada menit ke-16.

Di Grup D, di Stadion Allianz Arena, tuan rumah Bayern Munchen berhasil membalas kekalahan dalam pertemuan pertama dengan menang atas Atletico Madrid 1-0 berkat gol tunggal dari Robert Lewandowski pada menit ke-28.

Skor serupa untuk Atletico terjadi pada pertemuan pertama kedua tim di Stadion Vincente Calderon di Madrid. Meski menang, Munchen tetap di posisi kedua dengan nilai 12, sedangkan Atletico tetap di posisi teratas dengan nilai 15.

Hasil pertandingan matchday keenam pada Rabu pagi WIB:

Grup A: Paris Saint-Germain 2 vs Ludogorets Razgrad 2; Basel 1 vs Arsenal 4

Grup B: Dynamo Kiev 6 vs Besiktas 0; Benfica 1 vs Napoli 2

Grup C: Barcelona 4 vs Borussia Monchengladbach 0; Manchester City 1 vs Celtic 1

Grup D: Bayern Munchen 1 vs Atletico Madrid 0; PSV Eindhoven 0 vs Rostov 0

Jadwal berikutnya Kamis (8/12/2016) mulai pk. 02:45 WIB:

Grup E: Bayer 04 Leverkusen vs AS Monaco; Tottenham Hotspur vs CSKA Moskwa

Grup F: Real Madrid vs Borussia Dortmund; Legia Warsawa vs Sporting Lisbon

Grup G: Club Bruges vs Kopenhagen; Porto vs Leicester City

Grup H: Dinamo Zagreb vs Olympique Lyonnais; Sevilla vs Juventus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper