Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Liga Champions: Barca vs Roma Skor 6-1, Messi 2 Gol Suarez 2 Gol

Tuan rumah FC Barcelona melumat AS Roma dengan skor telak 6-1 dalam matchday kelima Grup E Liga Champions Eropa di Stadion Camp Nou pada Rabu pagi WIB (25/11/2015).
Lionel Messi, andalan Barcelona, dua kali menjebol gawang Roma/Metro
Lionel Messi, andalan Barcelona, dua kali menjebol gawang Roma/Metro

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah FC Barcelona melumat AS Roma dengan skor telak 6-1 dalam matchday kelima Grup E Liga Champions Eropa di Stadion Camp Nou pada Rabu pagi WIB (25/11/2015).

Dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTI itu, bintang asal Argentina Lionel Messi dan striker Uruguay Luis Suarez masing-masing mencetak dua gol.

Dalam 10 menit pertama saja, pemain bintang asal Argentina Lionel Messi sudah dua kali menebar ancaman. Pada menit ke-3 tendangan setengah volinya memaksa kiper Roma Wojciech Szczesny terbang menepis bola dan 6 menit kemudian tendangan menyusur tanah tipis jatuh di sisi kiri tiang gawang tim tamu.

Roma sempat mengancam gawang tuan rumah yang dikawal kiper Marc-Andre ter Stegen lewat sundulan kepala Edin Dzeko pada menit 13 yang menyambar umpan lambung Radja Nainggolan. Sundulan Dzeko masih melambung, sebaliknya akhirnya gol datang juga untuk Barca pada menit ke-15.

Umpan terobosan Messi disambut Dani Alves di dalam kotak penalti yang lantas mengirim umpan pendek ke tiang kanan jauh dan Luis Suarez menyambutnya dengan sontekan perlahan ke gawang kosong yang telanjur ditinggal Szczesny yang mencoba mengantisipasi gerakan Alves, 1-0.

Hanya 3 menit kemudian Messi akhirnya mencetak gol pertamanya sejak pulih dari cedera selama 2 bulan. Neymar da Silva Jr memulai permainan umpan satu-dua dengan Suarez yang mengangkat bola ke Messi dan bola cukup diangkat melewati Szczesny untuk menembus gawang Roma kedua kali, 2-0.

Selepas unggul 2-0, Barca mengendurkan tekanan. Meskipun demikian, skuat besutan pelatih Luis Enrique itu tetap mendominasi jalannya pertandingan.

Roma sempat mencoba bangkit sebagai respons menurunnya tekanan Barca. Pada menit ke-41 Roma nyaris menjebol gawang tuan rumah ketika umpan tendangan bebas Miralem Pjanic disambut Alessandro Florenzi dengan tendangan keras dari sudut sempit yang memaksa Ter Stegen berjibaku memblok bola dari jarak dekat.

Gagal mencetak gol, Roma malahan kemasukan satu gol lagi semenit menjelang jeda melalui tendangan setengah voli yang keras dari dalam kotak penalti dari Luis Suarez, yang menyelesaikan kemelut di depan gawang Roma. Kiper Szczesny tak sempat bereaksi karena begitu derasnya bola tendangan Suarez, skor 3-0.

Memasuki babak kedua, Barca langsung menekan. Pada menit ke-48, umpan terobosan Alves disambut dengan sontekan melambung oleh Suarez, namun masih bisa ditangkap Szczesny. Sebenarnya, jika Suarez lebih cermat melihat pergerakan Messi yang maju siap menyambut umpan lambung, sangat mungkin telah terjadi gol keempat.

Pada menit ke-53, Roma mendapat peluang keduanya dalam laga ini. Iago Falque menerobos hingga langsung berhadapan dengan kiper Ter Stegen, namun bidikan kerasnya dari jarak dekat secara luar biasa dapat ditepis kiper asal Jerman itu.

Yang terjadi kemudian justru hadir dua gol tambahan Barca. Pada menit 56 umpan terobosan matang dari Messi disambut bek Gerard Pique untuk menjebol gawang lawan keempat kalinya dan 3 menit kemudian giliran Messi sendiri mencetak gol keduanya.

Bermula dari umpan tarik Neymar kepada Suarez, bola langsung diarahkan ke gawang, namun Messi sempat menyentuhnya sehingga berbelok arah dan menyulitkan Szczesny menahannya, bola pun mental dan bola rebound langsung dilesakkan lagi oleh Messi, skor 5-0.

Pada menit 70 hampir saja Neymar mendapat giliran mencetak gol. Bermain satu-dua dengan Jordi Alba dan Suarez, sontekan Neymar tipis saja jatuh di sisi luar tiang kiri gawang Roma.

Peluang Neymar untuk mencetak gol datang lagi pada menit 76 ketika dijatuhkan di kotak penalti oleh Salih Ucan, pemain yang baru masuk menggantikan Miralem Pjanic. Tapi eksekusi yang dilakukan sendiri oleh Neymar masih bisa ditepis kiper Szczesny, beruntung bola rebound segera disambut Adriano Correia dengan tendangan sangat tajam untuk menjadi gol keenam.

Messi berpeluang mencetak hattrick pada menit ke-81 ketika berhadapan langsung dengan Szczesny, namun tendangannya dari jarak sangat dekat masih mampu dihadang kiper asal Polandia itu.

Roma mendapat peluang emas pada menit ke-83 setelah Edin Dzeko dijatuhkan Thomas Vermaelen di kotak penalti, namun eksekusi yang dilakukan sendiri oleh Dzeko bisa diblok Ter Stegen.

Akhirnya Dzeko bisa mendapatkan gol hiburan pada detikterakhr injury time melalui sundulan kepala menyambar umpan lambung Lucas Digne, skor 6-1 untuk Barca.

Kemenangan ini meloloskan Barcelona ke babak 16 besar. Adapun bagi Roma, kekalahan ini tetap membuka peluangnya untuk lolos ke 16 besar sangat terbuka, karena pesaing terdekatnya Bayer 04 Leverkusen di luar dugaan ditahan imbang 1-1 oleh BATE Borisov.

Dengan demikian, Roma dan Leverkusen sama-sama mendulang nilai 5 dan Roma berhak di posisi kedua karena unggul head to head.

Peluang Roma untuk lolos ke 16 besar sangat besar, karena dalam matchday terakhir pada 10 Desember nanti Roma akan menjamu BATE yang merupakan tim paling lemah di Grup E, sedangkan Leverkusen harus menang atas Barcelona, itu pun dengan syarat Roma seri atau kalah dari BATE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper