Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JADWAL LIGA SPANYOL: Kans Barcelona Lewati Real Madrid

Kompetisi Divisi Primer La Liga Spanyol memasuki pekan ke-26. Perhatiann mengerucut pada persaingan dua tim yang berada di jalur tengah trek perburuan gelar uakni penghuni dua posisi teratas klasemen sementara yakni Real Madrid dan FC Barcelona.
Cristiano Ronaldo (kiri) saat kena kartu merah di kandang Athletic Bilbao musim lalu/Reuters
Cristiano Ronaldo (kiri) saat kena kartu merah di kandang Athletic Bilbao musim lalu/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kompetisi Divisi Primer La Liga Spanyol memasuki pekan ke-26. Perhatiann mengerucut pada persaingan dua tim yang berada di jalur tengah trek perburuan gelar uakni penghuni dua posisi teratas klasemen sementara yakni Real Madrid dan FC Barcelona.

Real Madrid masih memimpin klasemen sementara dengan koleksi nilai 61, sedangkan Barca dua angka di belakangnya berada di peringkat kedua.

Dengan keunggulan selisih gol +55 milik Barca berbanding +52 milik Real Madrid, jika Real tersandung di kandang Athletic Bilbao, katakanlah seri, sementara Barca menang saat menjamu Rayo Vallecano, maka skuat asuhan Luis Enrique akan melewati Real meskipun nilai keduanya sama-sama 62.

Dari sisi kualitas lawan yang dihadapi, sebenarnya sepadan, Bilbao sementara ini menghuni peringkat ke-10, sedangkan Rayo di posisi ke-10. Namun lokasi pertandingan kali ini akan menjadi faktor penting pembeda hasil.

Barcelona akan bermain di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Nou Camp, sebaliknya Real Madrid harus berjuang di depan pendukung Bilbao di Stadion San Mames Barria.

Di tengah jomplangnya kualitas pemain milik kedua tim, ada faktor nonteknis di luar urusan sepak bola yang sangat memengaruhi penampilan Bilbao pada saat melawan Real Madrid.

Faktor nonteknis yang luar biasa itu ialah semangat perlawanan gerakan separatisme yang diusung klub milik ibu kota Basque itu yang selalu muncul apabila menghadapi Real Madrid—dan juga Atletico Madrid—yang dianggap sebagai representasi dari kekuasaan Spanyol terhadap wilayah berbahasa Prancis tersebut.

Basque memang telah puluhan tahun mengobarkan semangat untuk memisahkan diri secara politik dari Kerajaan Spanyol.

Semangat itu pula yang membawa Bilbao terakhir kali bermain melawan Real Madrid di San Mames Barria dalam putaran kedua Divisi Primer La Liga musim lalu pada Februari 2014 mampu memaksakan skor imbang 1-1 dengan Cristiano Ronaldo kena kartu merah dari wasit Miguel Ayza akibat terprovokasi pemain lawan.

Faktor nonteknis itulah yang berpotensi mendorong Barca bisa melwati Real Madrid ketika kedua tim menyelesaikan pertandingan pada pekan ke-26.

Jadwal lengkap La Liga pekan ke-26 dan siaran langsungnya (dalam WIB):

Sabtu, 7 Maret:

02:45   Levante vs Eibar

22:00   Deportivo La Coruna vs Sevilla

Minggu, 8 Maret:

00:00   Athletic Bilbao vs Real Madrid (RCTI/Fox Sports)

02:00   Elche vs Almeria

04:00   Granada vs Malaga

18:00   Barcelona vs Rayo Vallecano (Fox Sports 2)

23:00   Real Sociedad vs Espanyol

Senin, 9 Maret:

01:00   Villarreal vs Celta Vigo

03:00   Atletico Madrid vs Valencia (RCTI/Fox Sports)

Selasa, 10 Maret:

02:45   Cordoba vs Getafe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper