Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kevin Sanjaya Gantung Raket dan Mundur dari PBSI, Ini Alasannya

Kevin Sanjaya mengaku tetap bersyukur karena dapat memberikan karir yang luar biasa di dunia badminton.
Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat/Instagram
Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Dunia bulu tangkis kembali kehilangan talenta terbaiknya setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan untuk memilih mundur dari Pelatnas Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Menurut pantauan di akun instagram pribadi @kevin_sanjaya, pemain kelahiran 1995 itu mengaku bahwa keputusan tersebut merupakan langkah besar yang harus dirinya tempuh.

“Saya juga mau meminta maaf apabila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya,” ujarnya dalam akunnya tersebut, Kamis (16/5/2024). 

Lebih lanjut, Kevin mengaku tetap bersyukur karena dapat memberikan karir yang luar biasa di dunia badminton. Mengingat, perjalanannya di dunia tepuk bulu itu di mulai dari saat dia berusia 5 tahun.

Perjalanan terus berlanjut, saat berusia ke-12, dirinya kembali merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-citanya sebagai atlit nasional dan pada 2013 mantan peraih peringkat pertama di ganda putra itu mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI.

Pasangan dari Marcus Fernaldi Gideon itu pun mengaku senang dengan semua pencapaian mereka, meskipun keduanya belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship.

“Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini,” tuturnya.

Dia juga menceritakan perjalanan karirnya yang harus menghadapi cidera bahu yang tidak kian membaik sejak 2017. Bahkan, Gideon pun turut mengalami hal serupa yang berujung pada keduanya tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke olimpiade 2024.

Kevin mengaku meskipun mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun, dirinya merasa kami kurang pas karena keduanya sama-sama pemain depan.

“Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” imbuhnya.

Dia melanjutkan bahwa setelah beberapa bulan menunggu akhirnya dirinya mendapatkan jawaban di pertengahan Januari 2024 dengan jawaban yang tidak sesuai harapan dan tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas.

“Akhirnya saya di akhir Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton. Saya ingin mengucapkan terimakash sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini,” pungkas Kevin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper