Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BIN Pasundan Juara Livoli 2023, Bekuk Tim Milik SBY di Grand Final

BIN Pasundan juara Livoli Divisi Utama 2023 setelah memenangi babak grand final atas tim milik mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Bogor LavAni.
BIN Pasundan juara Livoli 2023 usai mengalahkan Bogor LavAni di grand final/Antara
BIN Pasundan juara Livoli 2023 usai mengalahkan Bogor LavAni di grand final/Antara

Bisnis.com, SOLO - BIN Pasundan menjadi juara Livoli Divisi Utama 2023 setelah memenangi babak grand final atas tim milik mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Bogor LavAni.

BIN Pasundan menjegal Bogor LavAni dalam laga ketat yang berakhir dengan skor 3-2 (25-19, 21-25, 22-25, 25-19, 15-12) pada grand final Livoli Dibisi Utama 2023 di GOR Jayabaya, Kediri, Minggu (10/12/2023) malam.

Kedua tim sebelumnya saling mengalahkan pada babak empat besar alias final four.

Di babak grand final, BIN Pasundan dan LavAni sama-sama turun dengan kekuatan terbaiknya.

BIN Pasundan dimotori Farhan Halim, Doni Haryono, Fikri Mustofa, Cep Indra, dan Nizar Zulfikar di posisi setter.

Sementara LavAni memainkan Boy Arnes, Hendra Kurniawan, Yohanes Dedi, dan Dio Zulfikri menampilkan kerja sama apik untuk meredam serangan lawannya.

BIN Pasundan unggul lebih dulu pada set pembuka dengan skor 25-19. Namun pada set kedua, LavAni bangkit dan bermain lebih solid untuk menang 25-21.

Tekanan LavAni masih berlanjut pada set ketiga, meski sempat terjadi kejar-mengejar poin hingga pertengahan set.
Sejumlah kesalahan dari pemain BIN membuat LavAni memimpin 19-15 hingga akhirnya menang 25-22 sekaligus unggul sementara 2-1.

BIN berusaha bangkit di set keempat, mereka memperbaiki servis dan receive serta merapatkan pertahanan untuk menahan serangan LavAni.

Penampilan apik Farhan Halim dan kawan-kawan membuat BIN langsung unggul jauh 10-6, sebelum jadi 18-12, dan menutup set keempat dengan skor 25-19.

Skor imbang 2-2 memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke set kelima. Set terakhir berlangsung ketat.
Kedua tim berbagi poin 3-3, sebelum LavAni meninggalkan BIN dengan skor 8-5 saat terjadi perpindahan tempat.

BIN bangkit mengejar untuk menyamakan skor 9-9. BIN kemudian berbalik unggul 12-10 saat permintaan video challenge pelatih Ryan Masajedi yang melihat tangan pemain LavAni menyentuh net dinyatakan berhasil.

LavAni sempat memperkecil ketinggalan, tetapi BIN kembali memperlebar jarak menjadi 13-11 berkat challenge pelatih yang berhasil kedua kalinya.

Keunggulan ini terus berlanjut hingga akhirnya BIN menang 15-12 dan memastikan gelar pertamanya pada ajang Livoli Divisi Utama.

Pelatih BIN Pasundan, Ryan Masajedi mengaku sangat senang dan bangga dengan penampilan luar biasa anak asuhnya yang bermain ngotot hingga set kelima dan memenangkan gelar juara.

"Tim kami memiliki banyak pemain bagus dan bertalenta sehingga rotasi juga lebih mudah. Mereka semua bekerja keras dan bermain seperti keluarga. Ditambah manajemen BIN mendukung penuh saya melakukan pekerjaan ini," ucap Ryan sesuai membawa BIN Pasundan menjadi juara.

Sementara itu, asisten pelatih LavAni Erwin Rusni usai pertandingan mengatakan permainan anak asuhnya sedikit menurun dalam laga ini.

Namun, secara keseluruhan timnya sudah bermain sangat maksimal, kendati hasil akhir belum memihak kepada mereka.

"Permainan anak-anak pada set keempat dan kelima sedikit menurun, receive hampir tidak jalan sehingga serangan mudah dibaca lawan," kata Erwin Rusni.

Laga grand final yang menyedot hingga 8.000 penonton itu berlangsung menarik hingga akhir laga.

Turut hadir pula Presiden ke-6 RI sekaligus pemilik klub LavAni, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dengan gelar juara ini BIN Pasundan berhak menerima piala dan uang pembinaan sebesar Rp50 juta.
Sedangkan LavAni yang menjadi runner-up mendapatkan uang pembinaan Rp30 juta.

Selain meraih gelar juara, spiker BIN Pasundan, Fikri Mustofa Kamal dinobatkan sebagai Pemain Masa Depan pada ajang Livoli Divisi Utama 2023. Dia berhak mendapat piala dan hadiah uang pembinaan Rp5 juta.

Sementara itu, peringkat ketiga kompetisi nasional bola voli amatir ini ditempati PDAM Tirta Baghasasi Bekasi yang mengalahkan juara bertahan Indomaret Sidoarjo 3-1 (25-22, 25-19, 18-25, 25-23).

Atas raihan peringkat ketiga itu, PDAM mendapatkan piala dan hadiah uang pembinaan Rp25 juta. Sedangkan Indomaret Rp20 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper