Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Skor Indonesia vs Korea Utara Asian Games 2023, Skenario Lolos, H2H

Tim nasional Indonesia U-24 akan menjalani pertandingan hidup-mati melawan Korea Utara dalam laga terakhir Grup F Asian Games 2023 pada Minggu (24/9).
Skuad timnas Indonesia di Asian Games 2023. Prediksi Skor Indonesia vs Korea Utara Asian Games 2023, Skenario Lolos, H2H/PSSI.
Skuad timnas Indonesia di Asian Games 2023. Prediksi Skor Indonesia vs Korea Utara Asian Games 2023, Skenario Lolos, H2H/PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia U-24 akan menjalani pertandingan hidup-mati melawan Korea Utara dalam laga terakhir Grup F Asian Games 2023 pada Minggu (24/9).

Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan untuk lolos dari Grup F Asian Games 2023 setelah kalah 0-1 di pertandingan kedua lawan Chinese Taipei.

Padahal, di pertandingan pertama, pasukan Indra Sjafri membuka perjalanan dengan kemenangan 2-0 atas Kirgistan lewat gol Ramai Rumakiek dan Hugo Samir.

Kedua hasil tersebut membuat Indonesia kini menghuni posisi kedua dengan koleksi tiga poin, hasil dari satu kemenangan dan satu kekalahan. Poin Indonesia sama dengan Taiwan, namun Indonesia berhak berada di posisi kedua karena unggul produktivitas gol.

Calon lawan Indonesia, yakni Korea Utara, sudah lebih dahulu memastikan lolos ke fase gugur. Berbekal dua kemenangan atas Taiwan dan Kirgistan, Korea Utara kini nyaman menghuni puncak klasemen Grup F dan pasti melaju ke 16 besar apapun hasil yang didapat pada pertandingan terakhir.

Kekalahan dari Chinese Taipei membuat penggawa Timnas Indonesia melakukan evaluasi agar hal tersebut terulang ketika melawan Korea Utara.

"Tentunya secara tim kami sudah mengevaluasi pertandingan sebelumnya melawan China Taipei, hasilnya kurang maksimal, kami evaluasi apa kekurangan kami," kata pemain Timnas Indonesia U-24, Roby Darwis.

"Pada pertandingan melawan Korea Utara ini tentunya kami harus lebih siap lagi, lebih kuat lagi karena akan menentukan kami lolos atau tidaknya ke babak 16 besar," tambahnya.

Roby Darwis mengungkapkan Tim pelatih Indonesia pun sudah mengantungi kekuatan Korea Utara. Roby menegaskan kini dirinya dan berharap bisa meraih hasil yang memuaskan di pertandingan lawan Korea Utara.

"Tentunya dari pelatih sudah mengantisipasi kekuatan dari Korea Utara. Kami harus bermain seperti apa, tentunya kami akan jauh lebih siap untuk menghadapi Korea Utara dan semoga hasilnya pun bisa memuaskan," tegas Roby Darwis. 

Sementara itu, penggawa Indonesia lainnya, Dony Tri Pamungkas meminta suport dan doa dari masyarakat di Tanah Air agar timnya bisa bermain bagus mengalahkan Korea Utara.

"Ya untuk suporter Indonesia kami semua mohon doanya supaya kami bisa menampilkan yang terbaik dan mendapatkan hasil yang terbaik," ucap Dony Tri Pamungkas.

Pelatih tim nasional Indonesia U-24 Indra Sjafri juga sudah mempersiapkan strategi khusus untuk meredam winger cepat dari Korea Utara U-24 dalam pertandingan yang digelar di di Zhejiang Normal University East Stadium, China.

"Mengenai kekuatan Korea Utara perlu kami waspada. Karena mereka juga mempunyai pemain cepat di posisi winger, terutama pemain yang nomer 10 dan 20. Tapi tadi sore kami sudah merancang game plan untuk mengantisipasi lawan Korea Utara," kata Indra Sjafri dilansir keterangan resmi, Sabtu.

Skenario Timnas Indonesia lolos dari fase Grup F Asian Games 2023

Seandainya Timnas Indonesia U-24 menelan kekalahan, masih terbuka peluang untuk lolos ke fase gugur. Yakni berharap Kirgistan secara mengejutkan mampu mengalahkan Taiwan, atau lolos dengan menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Tim U-24 Indonesia sudah melakukan evaluasi seusai takluk 0-1 dari China Taipei pada matchday kedua Grup F Asian Games 2022. Skuad Garuda Muda kini siap menghadapi partai selanjutnya melawan Korea Utara.

Indonesia akan bersua Korea Utara pada laga pamungkas Grup F. Duel tersebut bakal digelar di Zhejiang Normal University East Stadium, China, Minggu (24/9).

Head to Head Indonesia vs Korea Utara

Dari sejumlah pertemuan yang pernah terjadi antara Indonesia kontra Korea Utara, sejarah berpihak pada sang calon lawan.

Pada level senior, diawali dari pertemuan pada kualifikasi Piala Asia 1979, timnas Indonesia ditaklukkan 1-3. Catatan buruk tersebut berlanjut pada delapan pertemuan berikutnya sampai 2012 silam, dengan torehan total delapan kekalahan dan satu kali imbang.

Sedangkan pada kategori U-23, pertemuan terakhir antara kedua negara terjadi pada Asian Games 2014. Saat itu timnas takluk 1-3 dari Korea Utara pada fase 16 besar.

Korea Utara U-24 juga sedang menjalani tren positif, setelah pada Asian Games ini mereka meraih kemenangan 2-0 atas Taiwan serta menang tipis 1-0 atas Kirgistan.

Prediksi susunan pemain Indonesia vs Korea Utara:

Dengan melihat kebutuhan tim untuk mendapatkan kemenangan pada laga hidup-mati, pelatih Indra Sjafrie kemungkinan akan menggunakan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan serangan balik.

Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari diyakini akan kembali mengawal gawang timnas, setelah ia sempat disimpan saat Indonesia menghadapi Taiwan.

Di lini belakang, kuartet Andy Setyo, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Mohammad Haykal diperkirakan akan menjadi tembok sebelum para pemain lawan sempat berhadapan dengan kiper Ernando.

Untuk lini tengah, trio Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, dan Ananda Raehan akan bekerja sebagai pemain jangkar, pemotong alur serangan lawan, serta pendistribusi bola.

Sedangkan untuk lini depan, diperkirakan akan kembali dihuni Egy Maulana Vikry, Hugo Samir, dan Ramai Rumakiek dengan mengandalkan kecepatan dan eksplorasi ruang untuk dapat mematahkan pertahanan Korea Utara.

Prediksi Skor Indonesia vs Korea Utara:

Skor Indonesia vs Korea Utara:

Skor Indonesia vs Korea Utara:

Skor Indonesia vs Korea Utara:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper