Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Open 2023: Pram/Yere Ungkap Stamina jadi Faktor Kekalahan

Pramudya dan Yeremia (Pram/Yere) mengungkapkan stamina jadi faktor yang membuat kekalahan atas ganda putra Malaysia di ajang Semi Final Indonesia Open 2023.
Ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di ajang Indonesia Open 2023. Dok PBSI
Ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di ajang Indonesia Open 2023. Dok PBSI

Bisnis.com, JAKARTA – Atlet ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan harus mengakhiri perjuangannya di babak semi final turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2023.

Peraih medali emas SEA Games 2023 itu tersingkir seusai takluk dari pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-12, 21-23, dan 13-21.

Dalam laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023) malam, pasangan berjulukan Prayer itu mengaku sempat kehilangan momentum di gim kedua.

Saat momentum bagus di gim pertama, peraih medali perak Sea Games 2021 itu malah terlihat tergesa-gesa di penghujung gim kedua, sehingga akhirnya malah menyerah dengan skor 21-23. Pada gim penentuan, terlihat Pramudya/Yeremia sudah kehilangan fokus dan stamina. Mereka pun harus menyerah kalah dalam tempo 57 menit.

"Pada gim pertama kami sudah benar mainnya. Sayang pada gim kedua dan ketiga saat poin krusial bermain kurang sabar jadi banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Pramudya.

Faktor stamina tampaknya menjadi kendala bagi juara Badminton Asia Championships 2022 itu mengingat pada gim penentuan mereka kehilangan fokus. Hal tersebut sejatinya tidak terlepas dari performa pasangan rangking 25 itu sepanjang turnamen BWF Super 1000 itu.

"Kami sudah melalui banyak turnamen sejak Sea Games Games 2023. Waktu recovery kami juga tidak banyak sehingga harus mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk turnamen berikutnya," timpal Yeremia

Tercatat sejak babak awal, mulai dari menghadapi Ben Lane/Sean Vendy (Inggris), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, hingga Liang Weng Keng/Wang Chang (China), Pramudya/Yeremia menang lewat pertarungan rubber gim.

"Saat pertarungan rubber game, stamina kami sudah mulai mengendur. Mulai dari tangan, kaki, dan pinggang sudah mulai lelah. Kami mengawali pertarungan rubber game dengan kurang apik," kata Pramudya.

Dengan hasil ini pasangan juara Spain Masters 2021 itu bertekad untuk bangkit, mengingat ke depannya masih menjalani banyak turnamen. Keduanya tidak mau memikirkan terlalu jauh hanya ingin fokus pada setiap pertarungannya.

"Untuk saat ini kami akan fokus tampil dari setiap turnamen ke turnamen. Untuk tampil di Olimpiade mungkin terlalu jauh tapi kami berharap ada keajaiban untuk bisa tampil pada di Paris tahun depan," pungkas Pramudya.

Dengan hasil ini Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan kembali gagal menang saat menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Tercatat di pertemuan terakhir pada ajang Malaysia Masters 2023, The Prayer harus mengakui keunggulan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 dengan skor 18-21, 21-10, 21-23.

Adapun untuk Aaron/Soh dengan kemenangan ini melaju ke partai puncak Kapal Api Group Indonesia Open 2023. Pada babak pemungkas, wakil Negeri Jiran itu akan menghadapi ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Ganda Ibdia yang juara BAC 2023 itu melaju ke final seusai mengalahkan wakil Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae lewat pertarungan rubber game 17-21, 21-19, 21-18.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper