Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Open 2023: Kento Momota Sedih Harus Pisah dengan Istora

Kento Momota mengaku terkejut dengan kabar bahwa tahun ini merupakan waktu terakhir bagi turnamen Indonesia Open diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta.
Tunggal putra asal Jepang Kento Momota usai berlaga di Indonesia Open 2023/Bisnis-Akbar Evandio.
Tunggal putra asal Jepang Kento Momota usai berlaga di Indonesia Open 2023/Bisnis-Akbar Evandio.

Bisnis.com, JAKARTA – Kento Momota mengaku terkejut dengan kabar bahwa tahun ini merupakan waktu terakhir bagi turnamen Indonesia Open diselenggarakan di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Apalagi, atlet asal Jepang ini mengaku terdapat banyak kenangan dan masa indah saat berlaga di Istora Senayan.

"Tempat ini pasti termasuk yang spesial, karena di Istora saya banyak kenangan yang baik dan buruk. Saya banyak dapat pelajaran dari Istora, saya senang sekali main di sini," ujar Kento Momota di Istora Senayan, Rabu (14/6/2023).

Tunggal putra kelahiran Prefektur Kagawa itu pun mengaku bahwa salah satu kenangan indah adalah saat dirinya berhasil menjuarai Indonesia Open 2018.

Kala itu, Kento Momota yang sempat menumbangkan dua wakil Indonesia berhasil menembus babak final dan mengalahkan Viktor Axelsen.

"Yang paling mengesankan untuk saya adalah ketika menang di Indonesia Open 2018. Saya paling gembira saat itu," imbuhnya.

Sayangnya, dia mengaku sedih mendapatkan kabar tersebut usai menerima kekalahan lantaran belum sepenuhnya pulih dari cedera saat bertanding pada babak pertama Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Momota harus menelan kekalahan setelah bertarung melawan wakil Hong Kong Ng Ka Long Angus lewat dua gim langsung 8-21, 15-21 pada babak 32 besar Indonesia Open 2023.

"Performa saya menurun bukan hanya karena [akibat dari] kecelakaan [di Malaysia] saja, saya juga sekarang masih dalam proses rehabilitasi untuk sakit pinggang saya yang belum pulih sepenuhnya. Saya ingin fokus ke pemulihan itu terlebih dahulu," ucapnya.

Momota menjadi salah satu dari tiga korban yang terlibat dalam kecelakaan fatal di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Januari 2020.

Saat itu, minibus yang ditumpangi menabrak bagian belakang truk bermuatan tanah seberat 30 ton sehingga membuat bagian depan minibus remuk.

Seiring berjalannya waktu, dia mencoba untuk pulih dan bangkit serta berkompetisi di berbagai ajang bulu tangkis dunia untuk memperbaiki performanya secara keseluruhan.

Namun, mantan peringkat satu dunia itu tak menampik bahwa hal itu membutuhkan waktu yang tak singkat.

Dia melanjutkan, di Indonesia Open 2023 yang merupakan turnamen level Super 1000 sekaligus rangkaian Race to Olympic 2024 dirinya tidak memiliki target khusus mengingat kondisinya yang kurang maksimal belakangan waktu ini.

"Sebenarnya saya tidak ada target khusus ketika ke sini, tapi saya sangat suka berada di sini karena banyak orang yang datang dan mendukung. Memang, tadi pertandingannya berat untuk saya. Tapi karena banyak yang mendukung, saya selalu suka main di sini," pungkas Momota.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memastikan bahwa tahun ini merupakan waktu terakhir bagi turnamen Indonesia Open diselenggarakan di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ketua Komisi Pengembangan Komersial PP PBSI Armand Darmadji menyebutkan bahwa selanjutnya penyelenggaraan turnamen bulu tangkis di Indonesia akan diselenggarakan di Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

"Semoga acara tahun ini menambah kesan pengunjung yang mennonton Indonesia Open secara langsung, karena kami sangat ingin meninggalkan kenangan manis untuk seluruh pecinta badminton di Istora. Karena ini kemungkinan besar Indonesia Open terakhir di Istora, sebelum kita pindah ke IMS,” tuturnya saat ditemui di Istora Senayan, Senin (12/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper