Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rudy Hartono Ungkap Empat Penopang Perkembangan Bulu Tangkis Indonesia, Apa Saja?

Rudy Hartono adalah legenda bulu tangkis dunia sepesialis tunggal putra yang mengoleksi gelar juara All England terbanyak sepanjang masa, yakni 8 kali juara.
Ilustrasi - Bulutangkis/www.mounttemple.ie
Ilustrasi - Bulutangkis/www.mounttemple.ie

Bisnis.com, JAKARTA – Legenda bulu tangkis Rudy Hartono menyebut terdapat empat hal yang dapat menopang perkembangan olahraga badminton agar tetap mencetak prestasi di tingkat dunia.

Menurutnya, keempat hal tersebut adalah dukungan keluarga, dukungan federasi, sponsor, dan pemerintah. Penyebabnya, setiap poin yang disebutkan diyakininya memiliki keterikatan yang tak bisa dipisahkan.

“Dukungan itu penting sekali mulai dari keluarga, karena jika ingin mencetak atlet itu mereka dari kecil harus dilatih, harus konsisten, dan orang tua harus mendukung. Kemudian, sponsor, PBSI dengan strategi yang tepat untuk setiap atlet, pemerintah, dan juga termasuk media. Semua harus bergotong royong kalau bulu tangkis mau maju,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (10/6/2023).

Kendati demikian, dia melanjutkan bahwa tak hanya harus bulu tangkis tak dapat hanya ditopang oleh pihak eksternal melainkan juga internal dari atlet itu sendiri.

Dia pun berpesan agar setiap atlet dapat belajar akan terus disiplin, fokus, dan konsisten. Apalagi, ketiga hal tersebut akan sangat berguna tak hanya untuk menjadi juara di lapangan tetapi juga setelah di luar lapangan.

Luar lapangan yang dimaksudnya, Rudy menjelaskan bahwa setelah mencapai umur yang tak prima dalam performanya, maka pilihan terakhir bagi atlet adalah pensiun.

Lebih lanjut, menurutnya untuk mempersiapkan masa purnakarya, setiap atlet selain harus memiliki tiga mental baja, tetapi juga perencanaan secara matang untuk target ke depan dan manajemen keuangan yang baik.

“Bagi para atlet sekarang yang sedang berprestasi, harus sangat dimanfaatkan kelola mental dan terus terang pemasukan, ini penting. Sehingga bila performa sudah menurun mereka tak pusing-pusing bila harus memulai dunia baru, tentunya harus bisa manage dan ini dimulai pelajarannya saat masih berjaya di lapangan,” pungkas Rudy.

Sekadar informasi, Rudy Hartono adalah legenda bulu tangkis dunia sepesialis tunggal putra yang mengoleksi gelar juara All England terbanyak sepanjang masa, yakni 8 kali juara.

Pemilik nama lengkap Rudy Hartono Kurniawan itu lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 18 Agustus 1949. Namanya diabadikan dalam Guiness Book of World Records pada 1982 lantaran berhasil membawa Indonesia meraih juara All England 8 kali dan memenangkan Thomas Cup sebanyak 4 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper