Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Bos Suzuki Yakin Honda Bakal Bangkit di MotoGP Musim 2023

Mantan bos Suzuki Ecstar Livio Suppo mengatakan dirinya cukup yakin Honda dapat bangkit lagi di MotoGP musim 2023 dengan strategi mereka.
Marc Marquez/MotoGP
Marc Marquez/MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan bos Suzuki Ecstar Livio Suppo mengatakan dirinya cukup yakin Honda dapat bangkit lagi di MotoGP musim 2023 dengan strategi mereka.

Honda dinilai bersungguh-sungguh pada tahun ini, dengan merekrut pembalap Joan Mir (Repsol Honda) dan Alex Rins (Honda LCR), serta merekrut Ken Kawauchi sebagai Manajer Teknis baru untuk tim.

Suppo mengatakan keputusan tersebut akan memperkuat tim sebelumnya yang masih dipimpin oleh Marc Marquez (Repsol Honda) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda).

"Honda sekarang memiliki dua mantan juara dunia, seorang pembalap yang memenangkan dua dari tiga balapan terakhir. Ada juga Nakagami, yang telah membuktikan bahwa dia bukan pembalap yang lamban," kata Suppo dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu.

"Mereka memiliki empat pembalap bagus. Tiga di antaranya mampu memenangkan balapan, dua di antaranya memenangkan kejuaraan, jadi mereka (Honda) tidak bisa menyalahkan pembalap jika performanya tidak maksimal," imbuhnya.

Honda sendiri melenggang tanpa kemenangan di musim lalu, yang membuat mereka merosot ke dasar Constructors' Championship.

Perjuangan mereka di Grand Prix Jerman pun tidak terlalu mulus, mengingat tidak ada pembalapnya baik dari tim pabrikan maupun tim satelit yang finis dengan meraih poin. Semua pembalap Honda finis di luar 15 besar pada tahun lalu, hal ini tak pernah terjadi sebelumnya sejak musim 2010.

Lebih lanjut, Suppo mengatakan bahwa skuat Honda di atas kertas memiliki susunan pemain yang sangat kuat.

"Kita semua tahu apa yang bisa dilakukan oleh para pembalap itu, jadi jika mereka tidak bisa melakukan itu, maka masalahnya ada di motornya. Itu jelas," ujarnya.

Suppo sendiri pernah bekerja sama dengan Mir dan Rins sepanjang tahun 2022 selama satu tahun masa jabatannya sebagai Manajer Tim Suzuki, mendapatkan pemahaman yang dekat tentang siapa mereka sebagai pembalap dan individu.

Hal itu membuatnya tak ragu bahwa pasangan pembalap dari Spanyol tersebut akan berhasil pindah ke Honda jika mereka dilengkapi dengan peralatan yang tepat.

"Mereka memiliki tantangan yang sulit di depan mereka. Tapi saya yakin keduanya bisa melakukannya. Mereka berdua sangat berbakat dan dengan pendekatan yang tepat, pola pikir yang benar, saya yakin mereka bisa menjalani musim yang bagus," papar Suppo.

Di sisi lain, Honda segera mempersiapkan diri menjelang tes pramusim MotoGP 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-12 Februari, dan Sirkuit Algarve, Portugal pada 11-12 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper