Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Menang Besar, Shin Tae-yong Ternyata Beri Perintah Khusus ke Spaso

Timnas Indonesia menang besar atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0 dalam laga kedua Grup A Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Malaysia.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia menang besar atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0 dalam laga kedua Grup A Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, Senin (26/12/2022) sore. 

Saat melawan Brunei, pelatih asal Korea Selatan itu hanya menyisakan tiga pemain inti yang turunkan saat melawan Kamboja yakni Egy Maulana Vikri, Nadeo Argawinata dan Asnawi Mangkualam. Praktis hampir semua pemain inti pertama lawan Brunei adalah muka baru.

Dari tujuh gol yang tercipta, lima di antaranya dicetak oleh pemain yang baru pertama jadi pemain inti yakni Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta dan Yakob Sayuri. Untuk dua gol lainnya dicetak dua starter saat lawan Kamboja yakni Egy Maulana Vikri dan Marc Klok.

Khusus untuk Ilija Spasojevic, gol yang diciptakan jelas membuktikan jika pemain Bali United itu tidak salah saat dipanggil masuk timnas. Namun, saat laga melawan Brunei, pemain yang akrab dipanggil Spaso itu sempat dipanggil khusus oleh Shin Tae-yong.

"Saya perintahkan kepada Spaso untuk banyak bergerak dan fokus mencetak gol dan Spaso menjalankan perintah saya dengan baik. Saya percaya ke depan dia akan lebih baik dari hari ini," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Meski tim asuhannya banyak gol, Shin Tae-yong terlihat dingin tanpa melakukan selebrasi seperti saat melawan tim-tim selama ini menjadi rival seperti Vietnam maupun Thailand.

"Pastinya saya pun senang dan bahagia jika pemain mencetak gol, apalagi bisa saja dengan perilaku saya yang berlebihan ditunjukkan ke pemain. Saya berusaha lebih fokus supaya pemain juga bisa lebih fokus untuk memperkuat mental. Sejujurnya, di dalam hati, saya sangat bahagia," katanya menambahkan.

Meski banyak pemain yang mencetak gol, namun ada pemain yang belum bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya seperti Muhammad Rafli dan Saddil Ramdani. Khusus untuk Rafli jelas menjadi sorotan karena dengan status sebagai striker namun ia belum bisa mencetak gol.

Lebih lanjut mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu menjelaskan jika semua pemain yang diturunkan telah berusaha dengan baik. Hanya saja kesempatan itu belum sepenuhnya dimaksimalkan karena baru menjalani dua pertandingan.

"Menurut saya, semua pemain layak mendapatkannya (menjadi pemain terbaik saat lawan Brunei)," pungkas Shin Tae-yong.

Usai mengalahkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia membukukan enam poin dari dua pertandingan. Pada laga Grup A Piala AFF berikutnya, Timnas Garuda bakal menghadapi tim kuat Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper