Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma’ruf Amin Sebut 6 Negara yang Berpotensi Juara di Piala Dunia 2022 Qatar

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai ada 6 negara yang berpotensi menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai ada 6 negara yang berpotensi untuk menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar yang akan dimulai sejak Minggu (20/11/2022) di Stadion Al-Bayt Qatar.

Orang nomor dua di Indonesia itu memprediksi enam tim yang bakal meraih juara di Piala Dunia 2022, yaitu Brasil, Argentina, Jerman, Prancis, Inggris, dan Spanyol. Meski begitu, dirinya mengaku sulit untuk memprediksi hasil Piala Dunia 2022.

"Untuk memprediksi agak susah ya, paling tidak itu ada enam besar saya kira yg perlu [dilihat]. Untuk Amerika Selatan itu Argentina dan Brasil; di Eropa ada Jerman, Prancis, Inggris; dan sekarang lagi bagus juga Spanyol," ujar Ma'ruf Amin kepada wartawan usai meninjau produksi batik di Sanggar Batik 16, Semarang, Jumat (18/11/2022).

Ma'ruf Amin menjagokan enam negara tersebut karena pernah menjadi juara Piala Dunia, sehingga kans untuk kembali mengangkat trofi tertinggi sepak bola bagi negara itu bisa kembali terjadi.

"Paling tidak 6 negara ini menurut saya berpotensi untuk menjadi juara. Namun, untuk siapa di antara mereka, ini kondisinya belum tahu, liat di lapangan nanti. Itu saja," katanya.

Ma’ruf menilai ada hal yang dapat dipelajari Indonesia dari penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar, mengingat Indonesia juga akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 pada 2023.

"Untuk Indonesia, saya kira agar Qatar ini memberi inspirasi. Saya melihat ada tren kenaikan [kemampuan di tim nasional Indonesia] U-20 yang sudah mulai baik," ujarnya.

Menurutnya, tim nasional (timnas) Indonesia dapat menjadikan piala dunia sebagai momentum untuk meningkatkan kemampuan individu dan tim agar bisa bersaing dengan negara lain di event-event selanjutnya.

Apalagi, menurutnya hal tersebut juga sejalan dengan visi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang ingin mendorong kualitas setiap atlet dari bumi pertiwi agar banjir prestasi di tingkat nasional dan internasional.

"Saya kira memang DBON kita itu ingin prestasi, supaya dari tahun ke tahun, dari event ke event itu ada kenaikan. Saya harapkan DBON ini dapat pengaruh dengan adanya sepakbola di Qatar dan kita juga nanti akan jadi tuan rumah. Kita harapkan ini aka memicu supaya kita jangan hanya menjadi tuan rumah yang baik, tetapi juga punya prestasi baik,” pungkas Ma’ruf

Fase grup Piala Dunia 2022 dijadwalkan main dari tanggal 20 November sampai dengan 2 Desember 2022. Setelah itu babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan mulai digelar pada tanggal 3-6 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper