Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pindah dari Munchen, Lewandowski Cerita Alasan Bergabung ke Barcelona

Striker Robert Lewandowski resmi bergabung ke Barcelona setelah Bayern Munchen mengonfirmasi kepergian pemain asal Polandia tersebut.
Striker Robert Lewandowski pindah dari Bayern Munchen ke Barcelona./Bundesliga.com
Striker Robert Lewandowski pindah dari Bayern Munchen ke Barcelona./Bundesliga.com

Bisnis.com, JAKARTA - Striker Robert Lewandowski resmi bergabung ke Barcelona setelah Bayern Munchen mengonfirmasi kepergian pemain asal Polandia tersebut.

"FC Bayern telah mencapai kesepakatan secara verbal dengan FC Barcelona untuk transfer Robert Lewandowski," tulis pernyataan Bayern Muenchen, dikutip dari situs resmi klub, Minggu.

Presiden klub Bayern Muenchen Herbert Reiner mengatakan transfer Robert Lewandowski ke Barcelona merupakan hal yang baik untuk kedua belah pihak karena mereka memiliki kejelasan masing-masing.

"Robert telah mendapatkan apresiasi kami, dia telah memenangkan segalanya dengan kami. Kami sangat berterima kasih kepada dirinya," terang Reiner.

Selain Reiner, CEO Bayern Muenchen Oliver Khan menjelaskan, mereka sepakat untuk melepas Robert Lewandowski dan telah memiliki kesepakatan secara verbal, namun penandatanganan kontrak masih dalam penundaan.

"Kami harus sangat berterima kasih kepada Robert, tapi pemain hebat harus meninggalkan FC Bayern di masa lalu, dan bahkan setelah itu, dunia Bayern tidak runtuh. Sebaliknya, itu sering berlanjut dengan lebih sukses," jelas Kahn.

Sejak awal bulan lalu, kabar soal hengkangnya penyerang asal Polandia itu terus berhembus kencang dan Barcelona menjadi yang terdepan untuk mendapatkan jasa Lewandowski.

Diketahui Lewandowski masih menyisakan satu tahun kontrak di Allianz Arena dan penyerang asal Polandia itu telah menegaskan dirinya ingin untuk mencari tantangan baru di tempat lain musim depan.

Robert Lewandowski menjadi bagian penting skuad Bayern dengan mencatatkan 46 pertandingan dan menyumbangkan 50 gol dan 7 assist sepanjang musim lalu.

Selama membela Bayern, Lewandowski tampil dalam 373 pertandingan untuk membuat 344 gol dan 72 assist, selain menyumbangkan delapan gelar Liga Jerman, tiga DFB Pokal dan satu Liga Champions.

Sementara itu Robert Lewandowski, 33 tahun, mengakui bahwa kondisi dengan Bayern Munchen menjelang kepindahnnya tak ideal. “Saya mengatakan bahwa kedua belah pihak melakukan hal-hal yang tidak perlu,” kata dia.

Lewandowski melanjutkan. "Tapi mungkin hal-hal tertentu harus terjadi sehingga transfer itu menjadi mungkin pada akhirnya."

Setelah dipastikan dilepas Bayern ke Barcelona, Lewandowski menilai semua diuntungkan. "Saya pikir kedua belah pihak bahagia sekarang. Bayern mendapatkan banyak uang, saya bisa pergi ke Barcelona. Itu adalah jalan yang panjang dan sulit, tetapi saya pikir pada akhirnya semua orang bisa saling memandang."

Dalam kampanye 2020-21, Lewandowski memecahkan rekor lama Gerd Muller di Bundesliga dengan mencetak 41 gol dalam satu musim, sementara 43 gol liga pada 2021 menjadi rekor satu tahun kalender di kasta tertinggi Jerman.

Dengan total 312 gol Bundesliga Lewandowski adalah pencetakan terbanyak kedua dalam sejarah kompetisi, di belakang Muller (365). Ia akhirnya meninggalkan Bayern dengan mengumpulkan 344 gol dan 57 assist dari 375 penampilan di semua kompetisi.

Lewandowski mengungkap alasan di balik keinginannya untuk pergi. "Saya ingin bermain di liga selain Bundesliga, saya telah membuat keputusan itu sejak lama," kata dia. "Tetapi saya harus menekankan bahwa itu adalah keputusan tersulit dalam hidup saya."

Mantan striker Borussia Dortmund itu mengatakan dia perlu membuat keputusan karena putrinya, Klara, akan mulai sekolah. "Kalau tidak sekarang, mungkin tidak akan pernah bisa," kata Robert Lewandowski. "Itu adalah kesempatan yang unik."

Robert Lewandowski menikahi Anna, mantan atlet peraih perunggu Piala Dunia Karate 2009, pada 22 Juni 2013. Mereka dikaruniai dua putri: Klara (lahir Mei 2017) dan Laura (lahir Mei 2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper