Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Shin Tae-yong: Berjasa Bawa Timnas ke Piala Asia 2023 di Tengah Isu Bakal Dilengserkan

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, berjasa besar membawa timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, berjasa besar membawa timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia memastikan satu tempt di putaran final Piala Asia 2023 berkat kemenangan atas Nepal pada laga terakhir, Rabu (15/6/2022).

Timnas Indonesia menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan perolehan poin enam dari tiga laga.

Ini adalah penampilan pertama timnas Indonesia di Piala Asia dalam 16 tahun terakhir. Sebelumnya, timnas Indonesia ikut serta di Piala Asia 2007 saat menjadi tuan rumah.

Hasil ini juga menjadi prestasi bagi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, yang mendampingi timnas Indonesia sejak 2019.

Sebelum membuktikan kualitasnya mengantar timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong sempat mendapat kabar kurang menyenangkan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Shin Tae-yong perihal penampilan tak memuaskan timnas U-23 Indonesia di Sea Games 2021.

Lelaki beralias Iwan Bule itu juga mengungkapkan rencana Exco PSSI untuk menugaskan Shin Tae-yong di timnas U-20 Indonesia.

"Kemarin di Bandung pada saat sela-sela kongres, Shin Tae-yong kami panggil. Kebetulan waktu itu memimpin dan dilaporkan ke saya," ujar Mochamad Iriawan.

"Di sana, disampaikan apa yang STY lakukan tentang tiga kelompok umur timnas Indonesia (U-20, U-23, dan senior). Akhirnya, kami berdiskusi setelah itu dengan Exco PSSI, kami menginginkan, nanti adalah kelompok umur 20 saja yang betul-betul dilatih oleh Shin Tae-yong," tutur Iwan Bule.

Pernyataan Iwan Bule itu memantik reaksi dari netizen yang menyebut hal tersebut bisa mengganggu fokus tim yang tengah berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain itu, Shin dinilai mampu membawa perubahan positif di timnas Indonesia level senior alih-alih menugaskannya di level junior seperti U-20.

Dukungan kepada Shin semakin deras mengalir setelah juru taktik asal Korea Selatan itu sukses mengantar timnas Indonesia ke Piala Asia 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper