Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Liverpool Vs Madrid: Gol Vinicius Bawa Real Madrid Juara Liga Champions

Hasil Liverpool vs Real Madrid dalam final Liga Champions, akhirnya Madrid menjadi juara usai menang tipis berkat gol Vinicius Junior.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 29 Mei 2022  |  04:32 WIB
Hasil Liverpool Vs Madrid: Gol Vinicius Bawa Real Madrid Juara Liga Champions
Striker Real Madrid, Vinicius Junior usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam final Liga Champions - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Liverpool vs Real Madrid dalam final Liga Champions, akhirnya Madrid menjadi juara usai menang tipis 1-0 berkat gol Vinicius Junior.

Bermain di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari, Liverpool menguasai jalannya pertandingan di babak pertama.

Menurunkan tiga striker terbaiknya, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Luis Diaz, Liverpool menekan pertahanan Madrid dari pluit pertama dibunyikan wasit.

Sementara itu Madrid, hanya mengandalkan serangan balik yang dimotori Vinicius Junior di sebelah kiri dan Karim Benzema. Tetapi, tiga gelandang Madrid, Toni Kroos, Luka Modric, dan Casemiro lebih banyak membantu pertahanan.

Lewat serangan yang sporadis, Liverpool mendapat dua peluang sekaligus di menit 16 tetapi sepakan Salah dan Thiago Alcantara masih bisa digagalkan kiper Madrid, Thibaut Courtois.

Courtois lagi-lagi menyelamatkan gawang Madrid di menit 21. Tendangan mendatar Mane ke kanan gawang bisa ditepis dengan spektakuler sebelum akhirnya membentur mistar gawang.

Madrid mencoba melakukan umpan-umpan panjang ke kanan atau kiri pertahanan Liverpool memanfaatkan celah yang ditinggalkan Trent Alexander Arnold dan Andrew Robertson.

Hingga menit 30, Madrid belum bisa keluar dari tekanan Liverpool, selain itu, Los Blancos juga mencoba memperlambat tempo.

Salah kembali mendapat peluang di menit 34, tetapi Courtois bisa menangkap sundulan pemain Mesir tersebut.

Madrid sempat mencetak gol di penghujung babak pertama, tetapi gol Benzema dianulir wasit karena sudah terperangkap offside.

Hingga babak pertama berakhir, skor Liverpool vs Madrid di final Liga Champions ini masih sama kuat 0-0.

Masuk babak kedua, Madrid yang sudah bisa menemukan celah di pertahanan Liverpool mulai melakukan tekanan di awal laga.

Golll... Vinicius berhasil memecah kebuntuan setelah mencetak gol ke gawang Liverpool di menit 59.

Memanfaatkan assist dari Dani Carvajal, Vinicius yang lolos dari penjagaan Alexander Arnold dan perangkap offside dengan tenang menyontek bola ke gawang Liverpool yang dijaga Allison Becker.

Courtois di menit 64 kembali menggagalkan peluang Liverpool, kali ini kiper asal Belgia itu menepis sepakan bola melengkung Salah dari luar kotak penalti.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengganti Luis Diaz dengan Diogo Jota untuk menambah daya gedor.

Hingga menit 75, Madrid masih memimpin 1-0 atas Liverpool. Vinicius terus memanfaatkan ruang kosong di sisi kanan Liverpool yang ditinggalkan Alexander Arnold.

Jelang 10 menit waktu normal selesai, Madrid mulai menumpuk pemainnya di kotak penalti guna mempertahankan keunggulan.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti belum mengganti pemainnya hingga menit 81.

Courtois benar-benar tampil heroik di pertandingan ini. Kiper yang pernah memperkuat Chelsea itu tampil gemilang dengan menepis bola tendangan Salah di menit 82.

Hingga pluit terakhir dibunyikan wasit Clement Turpin, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Madrid sekaligus membawa Los Blancos juara Liga Champions untuk ke-14 kalinya.

Susunan pemain Liverpool:

Fabinho masuk kembali dalam sebelas pemain pertama Liverpool untuk final Liga Champions melawan Real Madrid, Minggu dini hari WIB ini.

Kabar ini makin menyemangati tim asuhan Juergen Klopp setelah pemain timnas Brazil itu absen dalam tiga pertandingan terakhir karena cedera otot, termasuk saat Liverpool menang melawan Chelsea dalam final Piala FA.

Thiago juga sudah pasti masuk starting line-up Liverpool. Pemain timnas Spanyol itu sebelumnya harus berjuang melawan cedera Achilles menjelang final hari ini sampai ditarik keluar pada babak pertama pertandingan liga melawan Wolves. Thiago kini sudah pulih dari cedera.

Klopp juga memilih Ibrahima Konate, ketimbang Joel Matip, guna mendampingi Virgil Van Dijk sebagai duo bek tengah, karena Konate tengah naik daun belakangan ini, Sedangkan lini depan diisi trio dinamis Luis Diaz, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Susunan pemain Liverpool untuk final Liga Champions (4-3-3):

Starter: Alisson, Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Andy Robertson; Fabinho, Thiago Alcantara, Jordan Henderson; Luis Diaz, Sadio Mane, Mohamed Salah

Pemain pengganti: Caomhin Kelleher, James Milner, Naby Keita, Roberto Firmino, Joe Gomez, Alex Oxlade-Chamberlain, Curtis Jones, Takumi Minamino, Diogo Jota, Konstantinos Tsimikas, Joel Matip, Harvey Elliott

Susunan pemain Madrid:

David Alaba yang sudah sembuh dari cedera sehingga masuk kembali starting line-up Real Madrid untuk final Liga Champions melawan Liverpool, Minggu dini hari WIB ini.

Mantan bek tengah Bayern Muenchen berusia 29 tahun itu absen sejak digantikan pada babka pertama pertandingan semifinal pertama Real Madrid melawan Manchester City pada 26 April yang dimenangkan City.

Alaba akan ditugaskan mengawal pemain-pemain seperti Mohamed Salah, Sadio Mane dan Luis Diaz dalam penampilan pertamanya setelah sebulan absen.

Susunan pemain Real Madrid untuk final Liga Champions 4-3-3:

Starter: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Tony Kroos, Casemiro, Luka Modric; Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior

Pemain pengganti: Andriy Lunin, Nacho, Eden Hazard, Marco Asensio, Marcelo Vieira, Vasquez, Gareth Bale, Dani Ceballos, Rodrygo, Isco, Mariano Diaz, Eduardo Camavinga

Prediksi Skor Liverpool vs Madrid

Final Liga Champions, Liverpool vs Real Madrid, akan berlangsung di Kota Paris, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB, di Stadion Stade de Frace mulai 02.00 WIB, dengan disiarkan SCTV.

Liverpool mengejar trofi ketujuh di ajang kejuaraan Eropa ini, sementara Real Madrid memburu gelar ke-14 mereka. Duel ini diprediksi bakal menjadi pertarungan menarik dari dua tim kuat asuhan Jurgen Klopp dan Carlo Ancelotti,

Dalam perjalanannya menuju partai puncak Liga Champions musim ini, The Reds menyingkirkan Inter Milan, Benfica dan Villarreal. Sedangkan, Los Blancos, mengkandaskan Chelsea, Paris Saint-Germain (PSG), dan Manchester City.

Liverpool tidak memiliki persiapan yang panjang seperti Real Madrid untuk menghadapi laga final akhir pekan ini. Sebab, mereka sebelumnya juga harus menghadapi persaingan dengan Manchester City dalam perburuan gelar juara Liga Inggris hingga pekan terakhir, di samping final Piala FA yang dimainkan pertengahan Mei lalu.

Meski dihadapkan dengan jadwal pertandingan ketat, Liverpool tetap mampu tampil terbaik. Mereka berhasil menyabet Piala FA setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti 6-5 setelah bermain imbang 0-0.

Persaingan ketat Liverpool dengan City berlangsung hingga laga terakhir pekan lalu, The Reds hanya bisa finis di urutan kedua klasemen Liga Premier dengan selisih satu poin dari The Citizens. Di laga terakhir, tim asuhan Klopp mengalahkan Wolves 3-1.

Setelah gagal meraih gelar juara Liga Inggris, Liverpool tentu akan berjuang keras agar trofi Liga Champions yang sudah di depan mata bisa diboyong ke Anfield untuk melengkapi dua gelar juara, Piala Liga Inggris dan Piala FA yang sudah diraih musim ini.

Berbeda dengan Liverpool, Real Madrid mempunyai waktu persiapan yang panjang. Mereka bisa lebih leluasa dalam menyiapkan tim untuk final Liga Champions ini karena telah memastikan menyabet gelar juara Liga Spanyol sejak akhir April lalu. Ancelotti pun mengakui timnya diuntungkan dengan situasi tersebut.

Ancelotti yang kembali ke Bernabeu pada musim panas lalu, memang haus gelar. Sejak awal, dia telah mengungkapkan ambisinya untuk bisa menyabet banyak trofi dalam periode keduanya bersama Los Blancos. Trofi Liga Champions ini akan menjadi gelar ketiga yang dia raih musim ini, setelah Piala Super Spanyol pada Januari dan juara Liga Spanyol.

Laga Liverpool vs Real Madrid di final ini sekaligus menjadi ulangan empat tahun lalu. Pada 26 Mei 2018, kedua tim bertemu di partai final Liga Champions yang berlangsung di NSC Olimpyskiy, Kiev.

Dalam pertandingan itu, Real Madrid berhasil memetik kemenangan meyakinkan 3-1 atas Liverpool. Itu adalah pertemuan kedua tim, setelah 37 tahun sebelumnya, The Reds yang berjaya mengalahkan Los Blancos untuk trofi Piala Champions (sebelum berganti menjadi Liga Champion sejak 1992-1993).

Liverpool kini mempunyai kesempatan untuk membalas kekalahan yang mereka derita empat tahun lalu dengan mengalahkan Real Madrid di final Liga Champions akhir pekan ini.

Kabar Tim Liverpool dan Madrid:

Klopp semula pesimis bisa memainkan Thiago Alcantara saat menghadapi Real Madrid. Mantan pemain Bayern Munchen itu ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera Achilles pada babak pertama menghadapi Wolves di laga pekan terakhir Liga Inggris, akhir pekan lalu.

Namun, menjelang laga final, pelatih Jerman itu mengungkapkan bahwa ada peluang Thiago akan bisa dimainkan. Akan tetapi, apakah sang pemain dapat dimainkan penuh atau tidak, hal itu masih diragukan.

Fabinho yang sebelumnya mengalami cedera hamstring juga telah berlatih bersama tim pada Rabu. Sementara, Joe Gomez juga dapat menjadi pilihan setelah pulih dari cedera pergelangan kaki.

Virgil van Dijk dan Mohamed Salah, keduanya cukup fit setelah hanya bermain dari bangku cadangan pada akhir pekan lalu.

Salah diyakini bakal menjadi pilihan utama di depan Diogo Jota. Sementara, Ibrahima Konate, mungkin tetap akan dipertahankan meski membuat kesalahan ketika terjadinya gol cepat Wolves pada akhir pekan lalu.

Di kubu Real Madrid, Ancelotti berharap semua skuadnya dalam kondisi bugar dan tersedia untuk final Liga Championsnya ke-17 bagi Real Madrid.

David Alaba telah kembali berlatih pada pekan lalu setelah cedera adduktor yang dialami dan absen menghadapi Real Betis akhir pekan lalu. Dia diprediksi bakal tampil sebagai starter saat melawan Liverpool. Namun, jika dia tidak dimainkan, Nacho Fernandez menjadi pemain yang bisa menggantikannya.

Pemain veteran Marcelo dalam kondisi fit. Tetapi, Ancelotti sepertinya masih akan memilih menurunkan Ferland Mendy.

Eduardo Camavinga yang turun dari bangku cadangan ketika membantu Real Madrid lolos ke final, sepertinya masih akan tampil sebagai cadangan. Pemain berusia 19 tahun itu sepertinya masih sulit mengungguli Casemiro, Toni Kroos dan Luka Modrid. Ketiga pemain itu masih menjadi pilihan utama di Real Madrid.

Rodrygo Goes merupakan salah satu pemain penting yang membantu tim mencapai final. Dia sepertinya masih bersaing dengan Federico Valverde untuk mendapatkan tempat di sayap kanan. Namun, Valverde diyakini masih lebih diunggulkan.

Karim Benzema berpeluang memecahkan rekor gol Liga Champions terbanyak dalam satu musim, yang saat ini dipegang Cristiano Ronaldo dengan 17 gol pada 2013-2014. Penyerang Prancis itu kini telah mengemas 15 gol, menempati posisi puncak dalam daftar top skor ajang ini.

Hasil Head to Head Liverpool vs Real Madrid:

WaktuPertandinganScoreKompetisi
27 May 1981Real Madrid v Liverpool0-1European Cup
25 Feb 2009Real Madrid v Liverpool0-1UEFA Champions League
10 Mar 2009Liverpool v Real Madrid4-0UEFA Champions League
22 Oct 2014Liverpool v Real Madrid0-3UEFA Champions League
04 Nov 2014Real Madrid v Liverpool1-0UEFA Champions League
26 May 2018Liverpool v Real Madrid1-3UEFA Champions League
06 Apr 2021Real Madrid v Liverpool3-1UEFA Champions League
14 Apr 2021Liverpool v Real Madrid0-0UEFA Champions League

Liverpool dan Real Madrid telah berhadapan dalam delapan kali di kompetisi Eropa. Los Blancos meraih kemenangan dan The Reds mengemas tiga kemenangan. Pertemuan terakhir mereka berakhir imbang.

Prediksi Susunan Pemain Liverpool vs Madrid:

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Thiago; Salah, Mane, Diaz

Real Madrid: Courtois; Carvajal, Militao, Alaba, Mendy; Kroos, Casemiro, Modric; Valverde, Benzema, Vinicius Jr

Prediksi Skor Liverpool vs Real Madrid

Laga final Liverpool vs Madrid dalam perebutan trofi Liga Champions diprediksi akan menjadi pertarungan sengit. Pasukan Jurgen Klopp harus bekerja keras menjaga Benzema yang selalu mampu menemukan peluang menjebol gawang lawan. Vinicius juga harus mendapatkan perhatian. Begitu pula dengan Real Madrid yang harus mengawasi pergerakan Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Memiliki Thiago dan Fabinho dalam kondisi fit akan menjadi amunisi penting bagi Liverpool menghadapi permainan Real Madrid yang mempunyai tim dengan kondisi yang diyakini lebih prima karena mereka memiliki persiapan lebih matang daripada The Reds.

Ada taktik dan strategi Klopp dan Ancelotti diperkirakan bakal mewarnai pertandingan Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions.

Kedua tim sama-sama memiliki peluang besar untuk bisa meraih kemenangan, meski Los Blancos yang sudah lebih berpangalaman menjadi juara ajang ini, lebih diunggulkan untuk menang.

Skor Liverpool vs Madrid: 2-1

Skor Liverpool vs Madrid: 1-3

Skor Liverpool vs Madrid: 1-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions Liverpool real madrid
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top