Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Inggris Setuju Todd Boehly Membeli Chelsea FC

Penjualan Chelsea FC berarti bahwa mulai musim depan, lebih dari setengah dari 20 tim yang bersaing di EPL akan didukung oleh investor dari Amerika Serikat.
Todd Boehly. /@LDNFootbalI
Todd Boehly. /@LDNFootbalI

Bisnis.com, JAKARTA — Penjualan Chelsea FC kepada investor AS Todd Boehly telah disetujui oleh pemerintah Inggris, setelah hampir 20 tahun miliarder Rusia Roman Abramovich memiliki klub sepak bola tersebut.

Persetujuan penjualan senilai US$5,3 miliar, pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News, mengakhiri kabar ketidakpastian bagi para penggemar dan staf klub, yang terpaksa dijual oleh Abramovich pada awal Maret tak lama sebelum dikenai sanksi sebagai bagian. tanggapan Inggris terhadap perang Rusia di Ukraina.

Sejak itu, Chelsea telah beroperasi di bawah lisensi pemerintah khusus, sementara bank AS Raine Group mengelola penjualannya. Sejumlah investor kaya, banyak dari AS, mengajukan penawaran untuk klub dan ada juga proposal terlambat dari miliarder Inggris Jim Ratcliffe.

"Tadi malam pemerintah Inggris mencapai posisi di mana kami dapat mengeluarkan lisensi yang mengizinkan penjualan Chelsea Football Club," kata juru bicara pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Tawaran Boehly didukung oleh perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di California Clearlake Capital. Ini termasuk pembelian saham senilai £2,5 miliar dan £1,75 miliar untuk investasi lebih lanjut demi keuntungan klub. Prosesnya diperumit oleh kebutuhan untuk mematuhi sanksi dan memastikan tidak ada hasil yang sampai ke Abramovich, melainkan untuk tujuan amal.

"Setelah pekerjaan ekstensif, kami sekarang puas bahwa hasil penuh dari penjualan tidak akan menguntungkan Roman Abramovich atau individu lain yang terkena sanksi," kata juru bicara pemerintah. 

Liga Premier Inggris pada hari Selasa memberikan persetujuannya untuk pengambilalihan Chelsea oleh konsorsium Boehly. Seorang perwakilan Chelsea menolak berkomentar.

Penjualan tersebut berarti bahwa mulai musim depan, lebih dari setengah dari 20 tim yang bersaing di EPL akan didukung oleh uang AS. Empat dari 'Enam Besar', yakni Arsenal FC, Chelsea, Liverpool FC, dan Manchester United FC, akan dimiliki langsung oleh orang Amerika. Boehly adalah mantan presiden Guggenheim Partners dan salah satu pemilik Los Angeles Dodgers Major League Baseball.

Fans Chelsea akan mencari dia untuk melanjutkan apa yang telah menjadi era keemasan bagi klub di bawah Abramovich. Pemain Rusia itu menginvestasikan ratusan juta pound di Chelsea selama hampir 20 tahun, membantunya memenangkan 21 trofi dan menjadikannya sebagai salah satu kekuatan dominan dalam sepak bola Inggris.

Akan tetapi Chelsea menyelesaikan musim EPL terbaru di tempat ketiga, agak jauh di belakang rival Liverpool dan Manchester City. Klub tidak dapat menegosiasikan kontrak pemain saat proses penjualan sedang berlangsung dan pelatih Thomas Tuchel telah mengatakan dia akan menunda liburannya untuk bekerja dengan pemilik baru menjelang musim transfer musim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper