Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ronald Koeman Ambil Alih Posisi Pelatih Timnas Belanda Usai Piala Dunia 2022

Federasi sepak bola Belanda, KNVB, mengonfirmasi bahwa tim Oranye akan dilatih Ronald Koeman selepas Piala Dunia 2022.
Ronald Koeman/Reuters-Lee Smith
Ronald Koeman/Reuters-Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi sepak bola Belanda, KNVB, mengonfirmasi bahwa timnas Belanda akan dilatih Ronald Koeman selepas Piala Dunia 2022.

Ronald Koeman akan kembali lagi menjadi pelatih timnas Belanda setelah gelaran Piala Dunia 2022.

Pelatih timnas Belanda saat ini, Louis van Gaal, bakal mengakhiri kontraknya pada Desember mendatang.
Ronald Koeman menjadi orang yang mendapat tugas meneruskan tongkat estafet dari Louis van Gaal.

Ini akan menjadi periode kedua Koeman menangani Tim Oranye setelah dirinya mendampingi Virgil van Dijk dan kawan-kawan ke final UEFA Nations League 2018-2019.

Selepas itu Koeman hengkang dari timnas Belanda untuk menerima pinangan Barcelona pada musim panas 2020.

"Saya tak sabar untuk kerja sama baru ini. Sekitar satu setengah tahun lalu, saya pergi dari timnas Belanda bukan karena kegagalan," kata Ronald Koeman dikutip dari situs resmi KNVB.

"Masa tugas saya terasa bagus, hasilnya bagus dan kemampuan beradaptasi di tingkat internasional juga bagus. Kami akan melanjutkan di jalan itu. Itu jelas bagi saya," ujar Koeman.

Meski Koeman mengatakan bahwa kepergiannya dari timnas Belanda tanpa menyisakan kegagalan, justru kedatangannya kembali turut membawa bayang-bayang kegagalan sebagai pelatih Barcelona.

Pada musim pertamanya menukangi Barcelona, Koeman mengantarkan Blaugrana mengangkat trofi Copa del Rey 2020-2021, peringkat ketiga Liga Spanyol, dan terhenti di babak 16 besar Liga Champions.

Namun, hasil buruk pada awal musim ini membuat Koeman ditendang oleh manajemen Barcelona hanya setelah 11 pertandingan pertama Liga Spanyol.
Meski demikian Direktur Sepak Bola Profesional KNVB Marianne van Leeuwen mengaku pihaknya memilih Koeman berdasarkan rekam jejak pada periode pertama sang pelatih bersama timnas Belanda.

"Kami sangat senang Ronald akan kembali tahun depan. Dalam tenor sebelumnya di sini, ada kepuasan besar atas pekerjaannya dan hasil yang kami dapat," ucap Marianne van Leeuwen.

Pada periode pertama Koeman menangani timnas Belanda, 6 Februari 2018 hingga 18 Agustus 2020, ia mencatatkan 11 kemenangan dan lima hasil imbang dari 20 pertandingan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper