Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Efek Serangan Rusia Ke Ukraina, Pemilik Chelsea Rugi Hingga Triliunan Rupiah

Dalam dua hari nilai saham perusahaan baja dan pertambangan Evraz yang merupakan saham terbesar Abramovich turun drastis. Nilai saham Evraz turun 29 persen atau sekitar 680 juta dolar Amerika menjadi 2,53 miliar dolar Amerika alias merugi Rp 9,7 triliun.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 26 Februari 2022  |  15:40 WIB
Suporter Chelsea - Pinterest
Suporter Chelsea - Pinterest

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia akhirnya melakukan operasi militer ke Ukraina pada, Kamis (24/2/22). Sebelum operasi militer ini terjadi, kabar desas – desus mengenai konflik ini sudah tercium dari beberapa waktu lalu.

Pada hari ini rentetan ledakan dilaporkan terdengar di Kiev, ibu Kota Ukraina dan beberapa kota di dekat garis depan Ukraina timur dan di sepanjang pantai negara itu,

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (24/2/2022), koresponden AFP juga mendengar ledakan di kota pelabuhan Odessa, Laut Hitam, dekat dengan garis depan daerah kantong pemberontak yang didukung Rusia, dan tepat di seberang laut Krimea yang dicaplok Rusia.

Dengan dimulainya serangan Rusia kepada Ukraina ini berdampak kebeberapa sektor, salah satunya sepak bola. Dari data yang dihimpun oleh tim Bisnis, terdapat beberapa efek yang ditimbulkan oleh serangan Rusia ke Ukraina ini. Berikut efek tersebut:

1. Pemilik Klub Sepak Bola Asal Rusia Dimibta Hengkang Oleh Pihak Inggris

Perang antara Rusia dan Ukraina membuat pemilik Chelsea, Roman Abramovich diminta untuk angkat kaki dari Inggris. Hal itu dikatakan oleh salah satu anggota parlemen Inggris, Chris Bryan. Dirinya menyebut Abramovich harus angkat kaki dari Inggris dan Chelsesa sebagai salah satu sanksi bagi Rusia.

Bukan hanya itu saja,dilansir dari Sporting News, dalam dua hari nilai saham perusahaan baja dan pertambangan Evraz yang merupakan saham terbesar Abramovich turun drastis. Nilai saham Evraz turun 29 persen atau sekitar 680 juta dolar Amerika menjadi 2,53 miliar dolar Amerika alias merugi Rp 9,7 triliun.

Namun, yang menjadi aneh adalah hanya Roman Abramovich saja yang diterpa untuk hengkang dari Inggris, sedangkan pemilik mayoritas saham Bournemouth, Maxim Demin tidak diusik untuk segera hengkang dari Inggris dan Bournemouth.

2. Pencabutan Beberapa Sponsor Asal Rusia

Schalke menkofirmasi unttuk mecabut sponsor utama di baju mereka, yaitu GAZPROM. Lewat akun twitter resminya, mereka mengumumkan mencopot sponsor tersebut dari baju mereka.

“Mengikuti perkembangan terakhir, FC Schalke 04 telah memutuskan untuk menghapus logo sponsor utama GAZPROM dari kaus klub. Ini akan diganti dengan huruf membaca 'Schalke 04' sebagai gantinya,” cuit akun twitter Schalke (@s04_en), Kamis (24/2/22).

GAZPROM sendiri merupakan perusahan energy asal Rusia yang sudah menjadi sponsor utama Schalke sejak 2007. Belum diketahui berapa kerugian yang harus ditanggung oleh Schalke atas sikapnya ini.

Setelah Schalke, giliran Manchester United yang mengakhiri kerja sama dengan Aeroflot, maskapai dari Rusia ini. Dilansir dari Mirror, Klub mengambil keputusan untuk berpisah dengan perusahaan dan mengakhiri kesepakatan yang diperkirakan bernilai sekitar £40 juta setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Aeroflot sendiri sudah bekerja sama dengan United sejak tahun 2013, lalu memperpanjang lagi pada tahun 2017.

3. Berpindahnya Venue Final Liga Champions

Final Liga Champions musim 2021/22 direncanakan akan berlangsung di Krestovsky Stadium, St. Petersburg akan berganti ke Stade De France di kota Paris akibat serangan Rusia ke Ukrainia.

Dilansir dari laman resmi UEFA, bahwa venue dari Final Liga Champions musim ini akan berpindah ke kota Paris. Selain itu, Komite Eksekutif UEFA juga memutuskan bahwa klub dan tim nasional Rusia dan Ukraina yang bersaing di kompetisi UEFA akan diminta untuk memainkan pertandingan kandang mereka di tempat netral sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chelsea Perang Rusia Ukraina
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top