Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar 10 Klub dengan Penjualan Jersey Tertinggi, MU Cuma Nomor 4

Klub sepak bola memperoleh sebagian besar pendapatan mereka melalui penjualan jersey di dunia.
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo/Twitter
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi penggemar sepak bola, tak lengkap rasanya tidak mengenakan jersey saat menyaksikan tim kesayangan bertanding.

Meski tak dapat menonton secara langsung di tribun stadion, mengenakan jersey bisa memberikan euforia tersendiri saat mendukung tim. Wajar jika kemudian penjualan jersey klub sepak bola laris manis. Lalu, klub sepak bola mana yang jersey-nya paling laku di 2021?

Klub sepak bola memperoleh sebagian besar pendapatan mereka melalui penjualan jersey di dunia. Semakin banyak penggemarnya, semakin banyak pula penjualan jerseynya. Banyaknya jersey yang terjual, juga mempengaruhi kesepakatan harga sponsor kit (nama brand yang dicantumkan di baju).

Sponsor kit sepak bola juga merupakan sumber pendapatan yang menggiurkan bagi tim sepak bola. Banyak klub di Liga Inggris menerima beberapa juta dalam kesepakatan sponsor kit.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Euromerica Sport Marketing mengungkapkan bahwa klub Jerman, Bayern Munchen, menjual 3,25 juta kaus antara Januari-Desember 2021. Real Madrid tertinggi kedua, mengirimkan 3,05 juta kaus di Eropa, seperti dikutip dari Statista.com.

Membuntuti Real Madrid, Liverpool menduduki posisi ketiga dengan menjual sebanyak 2,45 juta jersey pada 2021. Selanjutnya diposisi keempat adalah Manchester United dengan penjualan sekitar 1,95 juta jersey. Juventus berada di posisi kunci lima besar dengan penjualan jersey sebanyak 1,42 juta.

Barcelona dan Chelsea menjadi klub sepak bola dengan penjualan jersey terbanyak di urutan keenam dan ketujuh, dengan masing-masing penjualan 1,34 juta dan 1,31 juta kaus. Posisi kesembilan ditempati Borussia Dortmund, menyusul kedelapan dan Chelsea dengan penjualan kaus sebanyak 1,22 juta.

Paris Saint Germain (PSG) menyusul di posisi kesembilan dengan penjualan 1,18 juta jersey. Sementara posisi kesepuluh dikunci oleh Manchester City dengan penjualan jersey sebanyak 1,08 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper