Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Asia Putri 2022: Timnas Indonesia Waspadai Bola Atas Australia

Timnas Putri Indonesia akan menghadapi Australia pada laga perdana babak penyisihan grup Piala Asia Putri 2022 di India, sore ini, Jumat .
Timnas Putri Indonesia/Instagram
Timnas Putri Indonesia/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Putri Indonesia akan menghadapi Australia pada laga perdana babak penyisihan grup Piala Asia Putri 2022 di India, Jumat (21/1/2022).

Skuad asuhan Rudy Eka Priyambada telah mempersiapkan strategi untuk mengantisipasi keunggulan postur calon lawannya.

 Pelatih penjaga gawang Kurnia Sandy menyatakan telah melakukan persiapan strategi dalam latihan Kamis kemarin. Dia menilai lini pertahanan Indonesia perlu mengantisipasi permainan bola-bola atas yang mungkin diterapkan tim Kanguru Putri.

"Jadi kami latihan bola-bola atas, mengantisipasi dengan back pass, itu yang kami persiapakan untuk pertandingan besok," kata Kurnia Sandy dalam keterangan yang diterima Tempo.

View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

Penyerang Insyafadya Salsabillah juga menilai Indonesia harus mewaspadai kelebihan postur yang dimiliki Australia. Dia pun menyatakan tim pelatih telah memberikan mereka materi latihan bagaimana memanfaaatkan kelemahan tim lawan.

"Secara postur Australia lebih tinggi, kita harus antisipasi bola-bola atas dan bola cepat ke depan," kata dia.

"Satu hari menjelang pertandingan kami mematangkan taktik dari pelatih. Bagaimana bertahan, menyerang, memanfaatkan kelemahan2 yang dimiliki Australia, kami juga mematangkan komunikasi."

Penyerang klub Persikabo 1973 putri itu juga menyatakan optimis mereka bisa tampil kompak. Menurut dia, komunikasi yang terjalin antar pemain sudah terjalin dengan baik sejak awal pemusatan latihan.

"Dari awal pelatnas kami sudah banyak ngobrol, kami bisa memantapkan komunikasi, mainnya enaknya gimana. Jadi kami harus saling cocok lah sama teman," ujarnya.

Kurnia Sandy menyatakan secara teknis skuad Garuda Pertiwi sudah siap untuk menghadapi Australia. Soal hasil pertandingan, dia menilai akan sangat ditentukan oleh mental para pemainnya.

"Saya tegaskan kepada semua, sekarang tergantung kesiapan mental saja menghadapi Australia. Tidak usah takut dengan nama besar Australia, kami juga sudah mempersiapkan diri dengan baik," kata dia.

Australia merupakan salah satu tim unggulan di ajang Piala Asia Putri 2022. Tim Kanguru Putri tercatat telah tujuh kali tampil di ajang yang sama sebelumnya. Prestasi skuad Kanguru putri lebih mentereng karena selalu lolos minimal ke semifinal.

Bagi skuad Garuda Pertiwi, ini merupakan keikutsertaan yang kelima kalinya di ajang Piala Asia Putri. Akan tetapi, Indonesia terakhir kali ikut serta pada tahun 1989 di Hong Kong. Indonesia sempat meraih dua kali posisi keempat pada tahunn 1977 dan 1986. Pada dua kesempatan lainnya, skuad putri kandas di babak penyisihan grup.

Laga Timnas Putri Indonesia vs Australia di Piala Asia Putri 2022 akan berlangsung pada Jumat sore, 21 Januari 2022, pukul 17.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh iNewsTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper