Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepincut Berat, Pemilik Ansan Greeners Samakan Asnawi dengan Park Ji-sung

Ansan Greeners tak menjelaskan berapa nilai dan durasi kontrak yang mereka berikan kepada Asnawi. Hanya saja, Ansan menyatakan bahwa negosiasi sempat berjalan alot bahkan nyaris gagal.
Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam di Piala AFF 2020/Twitter PSSI
Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam di Piala AFF 2020/Twitter PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, disetarakan dengan pemain legendaris Korea Selatan Park Ji-Sung oleh klubnya, Ansan Greeners FC. Hal itu diungkapkan Ansan dalam pengumuman kontrak baru pemain berusia 22 tahun tersebut.

"Pemilik Ansan Greeners FC Yoon Hwa-seop memperbarui kontrak dengan ‘Park Ji-sung Indonesia' Asnawi Mangkualam Bahar," begitu tulis mereka di laman resmi klub itu.

Park Ji-Sung merupakan gelandang legendaris Timnas Korea Selatan yang pernah merumput di Liga Inggris bersama Manchester United. Ji-Sung juga pernah membawa Prajurit Taegeuk menembus semifinal Piala Dunia 2002 yang digelar di negara mereka dan Jepang. 

Ansan menyatakan bahwa pilihan mereka merekrut Asnawi pada tahun lalu tak salah. Pasalnya, dia dianggap mampu mengangkat popularitas klub itu.

Menurut Ansan, sebelum Asnawi bergabung, mereka hanya memiliki lima ribu pengikut di media sosial Instagram. Saat ini, Ansan tercatat memiliki lebih dari 78 ribu pengikut.

"Nilai penjualan hak siar juga meningkat signifikan, dan berhasil membuktikan efek pemasaran Asia Tenggara yang selama ini hanya dibicarakan," tulis mereka.

Selain itu kinerja Asnawi di lapangan juga mendapatkan pujian dari pelatih Jo Min-guk. Menurut dia, Asnawi masih bisa berkembang lebih banyak lagi bersama klub divisi dua Liga Korea Selatan itu.

"Sekarang dia baru berusia 22 tahun, pemain muda. Karena dia adalah pemain dengan banyak potensi untuk berkembang di masa depan, saya akan mempersiapkan diri dengan baik selama musim dingin sehingga Asnawi dapat menunjukkan semua kekuatannya di lapangan pada musim 2022," kata dia.

Ansan Greeners tak menjelaskan berapa nilai dan durasi kontrak yang mereka berikan kepada Asnawi. Hanya saja, Ansan menyatakan bahwa negosiasi sempat berjalan alot bahkan nyaris gagal. Mereka pun bersyukur pada akhirnya bisa mengikat Asnawi lebih lama lagi.

"Karena reaksi dan kinerja yang tidak terduga, negosiasi pembaruan kontrak memakan waktu sedikit lebih lama dan negosiasi hampir gagal. Asnawi menunjukkan performa yang lebih dari yang diharapkan, tetapi bagi Ansan City dia adalah pemain spesial yang dapat mewakili karakteristik kota dengan masyarakat multikultural dan kenyamanan hidup terbaik bagi mereka," kata mereka.

Asnawi juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Ansan itu. Dia pun bertekad membawa klub itu mendapatkan promosi ke divisi utama Liga Korea Selatan.

"Tahun ini, Ansan Greeners akan melakukan yang terbaik untuk bersaing mendapatkan promosi dengan hasil terbaik sejak pertama kali berdiri. Karena saya adalah pemain Indonesia yang pertama kali masuk K-League, saya ingin memberikan preseden yang baik bagi pemain Indonesia untuk bergabung ke K-League. Untuk melakukan itu, itu akan membantu tim untuk dipromosikan dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022," kata dia.

Bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam telah bermain sebanyak 14 kali musim ini. Dia sempat terganggung karena divonis positif Covid-19 serta mengalami cedera. Ansan Greeners sendiri berhasil menempati posisi ketujuh klasemen akhir musim 2021 divisi dua Liga Korea Selatan atau yang biasa disebut K League 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper