Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020. - Foto: PSSI.org\\r\\n
Lihat Foto
Premium

Final Piala AFF 2020: Berharap Deja vu Shin Tae-yong Menggulung Jerman

Sin Tae-yong dalam gelaran Piala Dunia 2018 berhasil mendorong timnya menggulung Jerman 2-0 tanpa balas. Padahal sepanjang laga Korsel hanya meluncurkan 12 tembakan. Di sisi lain, Jerman melancarkan 28 tendangan sepanjang 90 menit. 
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
31 Desember 2021 | 21:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia membutuhkan keajaiban sangat besar untuk memenangkan Piala AFF 2020 melawan Thailand. bagaimana tidak, jelang leg 2 final Piala AFF kontra Thailand, Sabtu besok (1/1/2022) kans Indonesia merengkuh trofi barangkali hanya tinggal setipis benang.

Namun, timnas masih punya dua pilihan yang sama-sama realistis. Antara pulang dengan agregat kekalahan tragis, atau kalah dengan terhormat. Dan Shin Taeyong, kepala pelatih Indonesia saat ini, akan memegang peranan kunci dalam menentukan satu di antara dua takdir tersebut.

Rabu (29/12) lalu, di Stadion Nasional Singapura, anak asuh Shin Tayong digilas Tim Gajah Putih 4-0 tanpa balas. Hasil tersebut menjadi rekor kekalahan terbesar sebuah tim dalam sejarah final AFF sejak pergantian format pada 1996.

'' .or "hE 'rowning *lory? The second leg of the #AFFSuzukiCup2020 Final is on the menu for tomorrow night!* Can Team Garuda produce a comeback for the ages? Or will Thailand lift the title once again? "#AFFSuzukiCup | #RivalriesNeverDie pic.twitter.com/OJgfNTKse3

Bermain mengandalkan garis pertahanan rendah dan serangan balik cepat, Indonesia sebenarnya memulai laga dengan tidak buruk-buruk amat. Namun, pada paruh kedua khususnya, timnas kehabisan bensin dan meninggalkan banyak ruang kosong di lapangan. Celah-celah itu dieksploitasi dengan jitu oleh lawan, yang menyarangkan tiga dari empat golnya pada babak kedua.

“Memang Thailand bermain sempurna, sementara kami banyak kekurangan. Jadi, saya mengakui kekalahan dan akan mempersiapkan pertandingan selanjutnya,” kata Shin Taeyong pada konferensi pers usai pertandingan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top