Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Final Piala AFF Indonesia 0 vs Thailand 4, Lupakan Misi Juara

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dalam pertandingan final Piala AFF 2020 yang digelar pada 2021. Pertandingan final dijadwalkan berlangsung dua leg. Jika dilihat penampilan skuad Merah Putih sepanjang turnamen kali ini, harapan layak diapungkan untuk pertama kali Indonesia menjadi juara Piala AFF.
Suporter Timnas Indonesia/fifa.com
Suporter Timnas Indonesia/fifa.com

Bisnis.com, JAKARTA – Misi juara Piala AFF (Asean Football Federation) untuk pertama kalinya praktis gagal setelah dalam pertandingan final leg pertama di Stadion Nasional Singapura pada Rabu (29/12/2021) malam WIB Indonesia dibantai empat gol tanpa balas oleh Thailand.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI, baru berjalan 2 menit, Thailand langsung unggul berkat gol kapten tim Chanathip Songkrasin. Dia melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah menerima assist pemain berdarah Jerman Philip Roller.

Thailand memang langsung menekan pertahanan Indonesia begitu wasit Shukri Al Hanfosh dari Arab Saudi memulai pertandingan. Namun, Indonesia sebenarnya mempunyai peluang yang luar biasa terbuka untuk memasok gol balasan pada menit ke-40, tetapi tendangan bek Alfeandra Dewangga meninggi di atas mistar gawang.

Sebaliknya Thailand punya dua peluang yang gagal memperbesar keunggulan mereka. Pada menit ke-30 tendangan Teerasil Dangda dalam posisi yang cukup terbuka melebar dan pada injury time, tendangan keras Bordin Phala dapat ditepis kiper Nadeo Argawinata sehingga hanya berujung sepak pojok.

Memasuki babak kedua, baru berjalan 7 menit, Thailand menggandakan keunggulan kembali lewat sang kapten Chanathip menuntaskan serangan balik.

Tertinggal dua gol, Indonesia mencoba bangkit, tetapi pertahanan malah semakin terbuka dan Thailand berhasil mencetak dua gol lagi lewat Supacho Sarachat (67’) dan Bordin Phala (83’).

Dengan kekalahan begitu telak, bisa dikatakan misi juara Indonesia telah gagal dan pertandingan leg kedua pada 1 Januari 2022 mendatang hanya merupakan upaya untuk menjaga kehormatan agar tidak kalah dengan skor lebih besar lagi.

Gelar Pertama

Timnas Indonesia berjuang untuk menggapai gelar juara Piala AFF (Asean Football Federation) pertama kalinya ketika menjalani laga final edisi 2020, yang pelaksanaannya tertunda setahun akibat pandemi Covid-19, melawan Thailand.

Pertandingan Indonesia melawan Thailand akan digelar dua leg. Pertandingan leg pertama dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) mulai pk. 19.30 WIB, sedangkan leg kedua bakal berlangsung pada 1 Januari 2022.

Kedua pertandingan final tersebut akan digeber di Stadion Nasional Singapura di Kallang dan direncanakan disiarkan secara langsung oleh RCTI dan Vidio.com.

Indonesia masuk final Piala AFF lima kali sejak pertama diselenggarakan pada 1996. Skuad Merah Putih menggapai laga puncak pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Sayangnya, di final Indonesia selalu kalah, tiga dari Thailand serta masing-masing satu dari Singapura dan Malaysia.

Thailand sebaliknya lima kali juara, terbanyak di antara empat timnas yang pernah tampil sebagai kampiun, selain Singapura (4 kali), Vietnam (2), dan Malaysia (1). Thailand menjadi juara edisi 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016. Selain itu, Thailand menjadi runner-up tiga kali pada 2007, 2008, dan 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper