Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Indonesia vs Thailand: Arhan Absen, Ini Penggantinya

Bek kiri Pratama Arhan dipastikan absen pada laga pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Rabu.
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020/Antara
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bek kiri Pratama Arhan dipastikan absen pada laga pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand di National Stadium, Rabu (29/12/2021). Pemain asal klub PSIS Semarang itu harus menjalani hukuman karena akumulasi kartu kuning.

Arhan mendapatkan kartu kuning pada dua laga semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Pada partai pertama, Arhan mendapatkan kartu kuning pada menit ke-35. Pesepakbola berusia 20 tahun itu menerima kartu kuning setelah mengarahkan kaki ke wajah pemain naturalisasi Singapura asal Korea Selatan, Song Ui-young.

Pada partai kedua dia mendapatkan kartu kuning setelah dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Malaysia Shawal Anuar di dalam kotak penalti pada menit ke-87. Pelanggaran itu membuat Malaysia mendapatkan hadiah tendangan penalti namun eksekusi Faris Ramli masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Nadeo Argawinata.

Berdasarkan laporan pertandingan awal, Arhan tak mendapatkan kartu kuning, namun AFF disebut merevisi laporan itu sehingga Arhan dipastikan absen pada laga final pertama Rabu besok.

Kabar baik bagi Indonesia, karena Timnas Thailand juga kehilangan bek kiri Theerathon Bunmathan karena akumulasi kartu kuning. Bunmathan juga mendapatkan kartu kuning pada dua laga semifinal kontra Vietnam. Keduanya baru bisa tampil pada laga kedua Sabtu mendatang.

Skuad asuhan Alexandre Polking juga akan tampil tanpa penjaga gawanng utama Chatchai Butprom yang mengalami cedera. Dia mengalami cedera pada lutut kirinya pada laga kedua semifinal kontra Vietnam yang berakhir imbang 0-0. Polking memasukkan penjaga gawang Siwarak Tedsungnoen pada menit ke-33 laga itu untuk menggantikan Chatchai.

Sebelumnya Pratama Arhan juga sempat absen pada laga kedua babak penyisihan grup A kontra Laos. Dia mengalami cedera pada laga kontra Kamboja sehingga Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan Edo Febriansah.

Edo tampaknya akan kembali menjadi pilihan Tae-yong untuk mengisi posisi Arhan di sisi kiri pada laga besok. Pemain asal Persita Tangerang ini memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik meskipun tak seeksplosif Arhan ketika membantu lini serang.

Sepanjang Piala AFF 2020, Pratama Arhan tercatat telah mencetak dua gol dan dua assist untuk Timnas Indonesia. Gol Arhan itu tercipta pada laga terakhir babak penyisihan grup kontra Malaysia dan laga semifinal kedua kontra Singapura.

Gol kedua Arhan bahkan dianggap sebagai pemberi nafas bagi skuad Garuda karena berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada akhir babak kedua. Timnas Indonesia melaju ke final setelah menang 4-2 lewat babak tambahan.

Laga final pertama Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan digelar pada Rabu, 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB. Laga kedua akan digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper