Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permintaan Shin Tae-yong ke Evan Dimas dkk Jelang Laga Lawan Malaysia

Skuad berjuluk “Harimau Malaya” juga mengincar kemenangan demi melaju ke empat besar.
Evan Dimas dan pemain Timnas Indonesia lainnya di Piala AFF 2020/PSSI
Evan Dimas dan pemain Timnas Indonesia lainnya di Piala AFF 2020/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA — Tim nasional Indonesia hanya membutuhkan setidak-tidaknya hasil seri dari laga pamungkasnya di Grup B Piala AFF 2020 kontra Malaysia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam, untuk lolos ke semifinal.

Namun, meraup satu poin dari lawan sekaliber Malaysia bukanlah perkara mudah. Apalagi, skuad berjuluk “Harimau Malaya” juga mengincar kemenangan demi melaju ke empat besar.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyadari betul hal itu. Mereka merasakan tekanan, begitu pula Malaysia. Hasrat untuk melangkah ke dari penyisihan grup begitu besar.

Itu masih soal teknis sepak bola, belum di luar lapangan. Shin mengetahui dengan pasti bagaimana panasnya rivalitas antara timnas Indonesia dan Malaysia.

Lihat saja, dua kali pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia 2019, baik di Jakarta maupun Kuala Lumpur—di mana Indonesia kalah 2-3 serta 0-2, selalu diwarnai kericuhan antarsuporter yang membuat pihak keamanan masing-masing negara turun tangan.

Situasi demikian membuat Shin Tae-yong mewanti-wanti pemainnya untuk bermain tenang di lapangan. Evan Dimas dan kawan-kawan diminta fokus ke pertandingan, menjalankan semua strategi serta taktik sesuai rencana.

“Kalau mental pemain kuat, kami pasti mendapatkan hasil yang baik dari pertandingan melawan Malaysia. Kami tidak pernah tahu bagaimana nantinya situasi laga nanti, yang pasti saya mau pemain tidak lengah,” ujarnya dilansir dari Antara, Minggu (19/12/2021).

Shin Tae-yong memastikan semua personel di timnya dalam keadaan siap tempur untuk laga tersebut. Bek tengah bertinggi badan 1,94 meter Elkan Baggott juga sudah dapat beraktivitas kembali lantaran telah menuntaskan masa karantina selama lima hari setelah dirinya tersangkut kasus Covid-19 di Singapura.

Persoalan Covid-19 membuat pemain klub Inggris, Ipswich Town itu absen dari pertandingan timnas melawan Vietnam pada Rabu (15/12/2021) yang berakhir imbang tanpa gol.

Namun, Indonesia belum akan diperkuat pemain klub FK Senica di Slovakia, Egy Maulana yang sebelumnya digadang-gadang bisa turun saat bersua Malaysia.

“Egy mungkin akan merumput di Piala AFF jika kami lolos dari penyisihan grup,” kata Shin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper