Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Alexia Putellas, Pesepak Bola Wanita Peraih Ballon d'Or 2021

Alexia Putellas adalah kapten klub Primera Division Barcelona. Ia baru saja meraih penghargaan Women's Ballon d'Or 2021.
Alexia Putellas/Instagram
Alexia Putellas/Instagram

Bisnis.com, SOLO - Gelandang tim nasional Spanyol, Alexia Putellas terpilih menjadi ratu sepak bola. Bertempat di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, ia menerima penghargaan Ballon d'Or 2021 pada Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

"Jujur, ini sedikit emosional. Sangat istimewa. Senang berada di sini bersama semua rekan tim saya. Kami telah mengalami banyak hal bersama, terutama musim lalu. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan tim sepanjang karier saya dan yang saya miliki saat ini. Ini adalah gelar individu, tetapi sepak bola adalah olahraga tim," ucap Alexia, dikutip dari ESPN pada Selasa (30/11/2021).

Diketahui, nama Alexia sendiri masuk daftar nominasi lantaran sukses membawa Blaugrana meraih treble winners pada musim lalu. Tak cuma itu, ia juga berhasil mengantar Barcelona Femeni meraih gelar juara Liga Champions.

Lebih lanjut, dikutip dari France Football, musim lalu ia tercatat mencetak 26 gol dan 19 assist dalam 42 laga bersama Barcelona. Sementara itu, musim ini Alexia telah mencetak 14 gol dari 13 pertandingan.

Lepas dari itu, perempuan kelahiran Februari 1994 ini mulai bermain sepak bola pada tahun 2001. Saat itu, usianya baru menginjak enam tahun. Adapun klub pertama yang ia masuki adalah CE Sabadell.

Selanjutnya, pada tahun 2005, ia bergabung di akademi muda FC Barcelona. Lalu, saat berusia 12 tahun, pesepak bola yang mengidolakan Andrés Iniesta dan Ronaldinho ini bergabung dengan tim muda RCD Espanyol.

Alexia kemudian debut dengan tim senior Espanyol saat usianya menginjak 16 tahun. Pada usia 17, sebulan setelah final Copa de la Reina 2011, ia lalu menandatangani kontrak dengan Levante.

Pemilik nomor punggung 11 ini kemudian pindah kembali ke Barcelona pada musim panas 2012. Saat itu, ia pun langsung turun bermain dalam sebagian besar pertandingan Barcelona.

Terhitung hingga kini, Alexia telah mendapat puluhan penghargaan, baik individual maupun grup, di antaranya IFFHS Women's Player of the Year (2021), UEFA Women's Player of the Year (2020-21), dan GOAL50 Women's Player of the Year (2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper