Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Dilatih Xavi, Barcelona Bakal Ditukangi Sergi Barjuan Sampai November

Sebelum mengumumkan nama Xavi Hernandez, menurut laporan itu, Gerard Pique cs akan ditangani oleh Pelatih Barcelona B Sergi Barjuan.
Gerard Pique/Reuters-Miguel Vidal
Gerard Pique/Reuters-Miguel Vidal

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona dikabarkan telah mendapatkan kesepakatan dengan Xavi Hernandez untuk menggantikan Pelatih Ronald Koeman. Meskipun demikian, Xavi disebut baru akan menangani Gerard Pique cs setelah jeda internasional November mendatang.

Harian Spanyol Ara, seperti dikutip AS, menyebutkan bahwa kesepakatan Barca dengan Xavi itu sudah terjadi beberapa waktu lalu. Laporta disebut tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memecat Koeman.

Sempat menyatakan tetap mendukung Koeman pasca kekalahan dari Benfica dan Atletico Madrid sebelum jeda internasional awal Oktober lalu, Joan Laporta sebenarnya sudah bergerilya untuk mencari calon pengganti Pelatih asal Belanda itu.

Xavi sendiri disebut sudah sangat ingin kembali ke Spanyol dan melatih klub yang pernah dia bela nyaris sepanjang karirnya sebagai pesepakbola. Nama Xavi bahkan sudah beredar kencang sejak mereka mencari pengganti untuk Quique Setien pada akhir musim 2019-2020.

Saat itu Xavi kurang sreg dengan kepemimpinan Josep Maria Bartomeu yang masih menjadi Presiden Barca sehingga menolak pinangan tersebut. Pada pemilihan Presiden Barca, yang akhirnya dimenangkan oleh Joan Laporta, Xavi kabarnya mendukung calon Victor Font.

Dukungan terhadap Font itu yang membuat Laporta kemudian sedikit meragukan loyalitas Xavi kepadanya. Akan tetapi hubungan Laporan dan Xavi kini disebut telah kembali membaik. Pada awal musim lalu, keduanya bahkan sempat dikabarkan bertemu saat Xavi kembali ke Spanyol untuk berlibur bersama keluarganya.

Dari situ, komunikasi keduanya terjalin semakin erat sehingga terciptalah kesepakatan diantara mereka bahwa Xavi akan menggantikan Koeman pada November mendatang.

Kekalahan dari Real Madrid di laga El Clasico akhir pekan lalu plus dari Rayo Vallecano pada Kamis dini hari tadi dianggap sebagai momentum yang tepat untuk memecat Koeman. Si pelatih tak lagi diberikan kesempatan untuk memperbaiki performa timnya meskipun pada dua laga sebelumnya sempat meraih kemenangan dari Valencia dan Dynamo Kiev.

Sebelum mengumumkan nama Xavi Hernandez, menurut laporan itu, Gerard Pique cs akan ditangani oleh Pelatih Barcelona B Sergi Barjuan. Barcelona akan menghadapi Alaves dan Dynamo Kiev dibawah komando pelatih yang juga pernah bermain untuk Barcelona itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper