Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Messi Pergi dari Barcelona, Bukti Revolusi Koeman Mulai Berjalan di Barca

Koeman pun tampak sudah mempersiapkan timnya dengan jebolan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia tersebut. Pemain muda seperti Alejandro Balde, Nico Gonzalez dan Gavi mendapat kesempatan bermain pada sejumlah laga uji coba.
Ronald Koeman/Qatar-Tribune
Ronald Koeman/Qatar-Tribune

Bisnis.com, JAKARTA - Kepergian Lionel Messi dari Barcelona merupakan kabar paling mengejutkan dalam dunia sepak bola dalam bursa transfer musim panas ini. Bagaimana tidak, Messi merupakan wajah Barcelona dalam setidaknya satu dekade lebih.

Sejak hengkangnya Ronaldinho pada 2008 kemudian disusul Samuel Eto'o setahun berselang, praktis Messi merupakan aktor utama sukses Barcelona. Hengkangnya Xavi Hernandez kemudian Andres Iniesta terbukti masih bisa ditutupi Messi dengan segala kehebatannya.

Masa depan Barcelona pun sempat dianggap terancam dengan hengkangnya Messi. Akan tetapi, sebenarnya ada hal positif yang bisa diambil dari kepergian Messi tersebut.

Ketergantungan terhadap Messi sebenarnya sudah menjadi tema utama masalah Barcelona setidaknya sejak kepergian Pelatih Luis Enrique pada 2014. Penggantinya, Ernesto Valverde dan Queque Setien, terbukti gagal menyelesaikan masalah itu.

Hal itu sebenarnya sudah disadari Koeman sejak awal menangani Barcelona musim lalu. Karena itulah Koeman kemudian mulai menyingkirkan satu persatu teman Messi di tim. Ivan Rakitic dan Luis Suarez dijual dan menjadi korban revolusi Koeman.

Ronald Koeman bahkan sempat memberikan ultimatum kepada para pemain senior seperti Gerard Pique dan Sergi Roberto bahwa tak ada hak istimewa dalam timnya.

Pelatih asal Belanda itu juga lebih mempercayakan timnya diisi para pemain muda seperti Sergino Dest, Pedri, Frankie de Jong dan tentu saja jebolan akademi La Masia, Ansu Fati.

Munculnya nama Ronald Araujo, Oscar Mingueza dan Ilaix Moriba di tengah musim lalu untuk mengatasi masalah cedera pemain juga menjadi sinyal kuat bahwa para pemain muda akan mendapatkan kesempatan lebih banyak di skuad Barcelona.

Media Spanyol Marca pun menilai kepergian Messi tersebut merupakan sebuah kesempatan bagus bagi para pemain muda untuk tampil ke permukaan. Di masa lalu, banyak jebolan La Masia yang kemudian harus angkat kaki dan bersinar di klub lain.

Hector Bellerin, Thiago Alcantara, hingga pemain Timnas Spanyol saat ini, Dani Olmo merupakan produk akademi Barcelona yang kemudian angkat kaki karena tak mendapatkan banyak kesempatan. 

Pada persiapan mereka musim ini, Koeman pun tampak sudah mempersiapkan timnya dengan jebolan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia tersebut. Pemain muda seperti Alejandro Balde, Nico Gonzalez dan Gavi mendapat kesempatan bermain pada sejumlah laga uji coba.

Hasilnya dianggap cukup menggembirakan. Balde misalnya, dianggap tampil apik meskipun baru berusia 17 tahun. Begitu juga dengan pemain anyar mereka, Memphis Depay dan Yusuf Demir, yang menunjukkan masa depan Barcelona tak akan terlalu suram tanpa Messi. 

Membangun tim dengan para lulusan akademi La Masia sebagai intinya menjadi tema Barcelona pasca kepergian Messi. Hal itu pernah terbukti sukses di masa kepemimpinan Pep Guardiola. Bahkan, Barcelona saat itu mencapai salah satu masa paling jaya dalam sejarah mereka.

Karena itu, kepergian Lionel Messi dianggap bisa membuat Barcelona menyelesaikan dua masalah sekaligus. Pertama ketergantungan kepada si pemain, kedua adalah memberikan kesempatan kepada para lulusan La Masia untuk unjuk gigi dan menjadi Messi baru di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper