Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Final Euro 2020: Head to Head, Fakta dan Data Inggris vs Italia

Final Euro 2020 akan mempertemukan Inggris dan Italia dan akan digelar di Wembley Stadium, Inggris, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.
Stadion Wembley di London, Inggris./UEFA.com
Stadion Wembley di London, Inggris./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Inggris memastikan diri sebagai kontestan yang akan tampil menghadapi Italia di final Euro 2020 setelah mengatasi perlawanan Denmark dengan skor 2-1 di Wembley Stadium, Inggris, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Ini menjadi final turnamen besar pertam Inggris sejak 55 tahun terakhir dan akan berlangsung di kandang sendiri, Wembley Stadium, Senin (12/7/2021) 02.00 WIB.

Pada laga semifinal Euro 2020, Inggris vs Denmark bermain hingga 120 menit karena pada waktu normal skor tetap 1-1. Pada 90 menit waktu normal, Mikkel Damsgaard memberi Denmark keunggulan lebih dulu melalui tendangan bebas yang luar biasa pada menit ke-30 menit.

Namun, beberapa saat kemudian, kapten Denmark Simon Kjaer melakukan bunuh diri ketika mencoba menghalau umpan tarik pemain Inggris kepada Harry Kane.

Pada waktu tambahan, Inggris mendapatkan penalti kontroversial pada menit ke-102 setelah Sterling terjatuh di kotak penalti. Wasit Danny Makkelie menunjuk titik putih setelah pemain sayap Manchester City Sterling itu terjatuh meski tayangan ulang video pertandingan menunjukkan ada sedikit kontak yang dilakukan oleh Joakim Maehle.

Keputusan gol itu diambil setelah wasit mengecek VAR. Dalam eksekusinya, tendangan penalti Harry Kane ditepis oleh Kasper Schmeichel, tetapi striker Tottenham langsung menyambar bola rebound tersebut.

Sementara itu kemarin, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB, Italia mengalahkan Spanyol di semifinal Euro 2020 yang juga digelar di Wembley Stadium, melalui adu penalti dengan skor akhir 4-2.

Laga tersebut berakhir imbang 1–1 selama 120 menit melalui dua gol yang dicetak pemain klub Serie A Italia Juventus. Italia terlebih dahulu membuka keunggulan lewat Federico Chiesa ketika pertandingan berjalan tepat 1 jam, dan pemain Spanyol Alvaro Morata menyamakan kedudukan pada menit ke-80.

Skor 1–1 bertahan hingga wasit Felix Brych dari Jerman mengakhiri laga 2 x 45 menit. Babak tambahan 2 x 15 menit digelar, tapi skor tak berubah, sehingga pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Berikut ini perjalanan kedua finalis dalam Euro 2020, sejarah dan juga fakta pertemuan kedua negara:

Italia

Perjalanan ke final:


Grup A: Turki 0-3 Italia (Roma)

Grup A: Italia 3-0 Swiss (Roma)

Grup A: Italia 1-0 Wales (Roma)

Babak 16 Besar: Italia 2-1 Austria (aet) (London)

Perempatfinal: Belgia 1-2 Italia (Munich)

Semi-final: Italia 1-1 Spanyol (aet, Italia menang 4-2 adu penalti) (London)

Italia
Italia

Pemain Italia Federico Chiesa mencetak gol ke gawang Spanyol di semifinal Euro 2020 - Twitter/@EURO2020

Partai final Euro sebelumnya:

1968: Italia 2-0 Yugoslavia, ulangan (Roma)

2000: Prancis 2-1 Italia (aet) (Rotterdam)

2012: Spanyol 4-0 Italia (Kyiv)

Inggris

Perjalanan ke final:

Grup D: Inggris 1-0 Kroasia (London)

Grup D: Inggris 0-0 Skotlandia (London)

Grup D: Republik Ceko 0-1 Inggris (London)

Babak 16 Besar: Inggris 2-0 Jerman (London)

Perempatfinal: Ukraina 0-4 Inggris (Roma)

Semifinal: Inggris 2-1 Denmark (Aet) (London)

Inggris belum pernah tampil di final Euro sebelumnya.

Inggris
Inggris

Para pemain Inggris merayakan gol Harry Kane ke gawang Denmark di semifinal Euro 2020 - Twitter/@EURO20

Fakta pertemuan Italia vs Inggris

- Kedua tim telah saling berhadapan 27 kali dengan Italia menang 11 kali dan Inggris delapan kali, sedangkan delapan pertandingan lainnya berakhir seri.

- Italia gagal memenangkan salah satu dari delapan pertemuan pertama kedua tim, sedangkan Inggris berhasil meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir.

- Inggris menderita kekalahan pada pertemuan terakhir kedua tim di Euro. Gol menit akhir Marco Tardelli membuat tuan rumah Gli Azzurri menang 1-0 di babak penyisihan grup Euro 1980, kemudian Italia menang lewat adu penalti di perempat final Euro 2012 yang ditandai dengan eksekusi penalti ala 'Panenka'-nya Andrea Pirlo.

-  Italia tidak pernah kalah dari Inggris di final turnamen besar, dengan kemenangan 2-1 Piala Dunia 1990 (perebutan tempat ketiga) dan Piala Dunia 2014 (fase grup).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper