Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain F1, Balapan MotoGP di Melbourne Juga Terpaksa Dibatalkan

Pembatalan tersebut diumumkan oleh Menteri Olahraga negara bagian Victoria, Martin Pakula. Selain lambatnya program vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Australia, alasan lain yang disebutkan oleh Pakula adalah pembatasan kedatangan internasional.
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi/Motorsport
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi/Motorsport

Bisnis.com, JAKARTA - Dua ajang balapan terbesar di dunia, Formula 1 dan MotoGP tidak akan diselenggarakan di Melbourne di tahun 2021 karena alasan rendahnya vaksinasi Covid-19 di wilayah tersebut.

Melansir ABC Australia pada Rabu ( 7/7/2021), pembatalan tersebut diumumkan oleh Menteri Olahraga negara bagian Victoria, Martin Pakula. Selain lambatnya program vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Australia, alasan lain yang disebutkan oleh Pakula adalah pembatasan kedatangan internasional.

Sebelumnya MotoGP sudah dijadwalkan akan diselenggarakan di Phillip Island, sekitar 142 kilometer dari pusat kota Melbourne pada tanggal 24 Oktober mendatang. Sementara itu Formula 1 dijadwalkan 21 November di Sirkuit Albert Park, di jantung kota Melbourne.

"Sangat mengecewakan bahwa acara yang sangat disukai oleh banyak penggemar tidak bisa berlangsung tetapi ini adalah realitas karena adanya pandemi. Sampai kita mencapai tingkat vaksinasi yang tinggi, kita tidak bisa kembali ke keadaan normal," kata Pakula.

Adapun, saat ini pihaknya sedang berupaya agar kedua ajang balapan bergengsi itu bisa kembali digelar pada 2022.

Balapan mobil Formula 1 biasanya diselenggarakan di bulan Maret dan merupakan lomba pertama di sesi tahunan. Di saat dimulainya pandemi bulan Maret 2020, Formula 1 sudah hampir dilaksanakan, namun dibatalkan di hari pertama saat para pembalap dunia sudah hadir dan berlatih di Melbourne.

Menurut Pakula keputusan pembatalan Formula 1 dan MotoGP harus diambil sekarang karena panitia penyelenggara meminta adanya kepastian akhir pekan ini.

"Mereka perlu melakukan perencanaan dan perlu ada alternatif tempat sesegera mungkin," ungkapnya.

Menurut keterangan yang diperoleh ABC, dengan pembatalan Formula 1 dan MotoGP maka akan berdampak pada penyelenggaraan turnamen tenis pembuka tahun Australia Terbuka yang biasanya diselenggarakan bulan Januari.

Dari berbagai laporan disebutkan para pemain tenis dunia enggan menjalani karantina selama dua minggu dan perlunya koridor biosekuriti agar turnamen bisa dilangsungkan.

Walau Formula 1 tidak diselenggarakan tahun 2020, dan 2021, kontrak bagi penyelenggaraan Formula 1 di Melbourne masih akan berjalan sampai setidaknya tahun 2025.

Balapan motor MotoGP juga akan diselenggarakan di Victoria sampai tahun 2026 dan Phillip Island sudah menjadi tuan rumah sejak tahun 1997.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper