Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Swiss vs Spanyol: La Furia Roja ke Semifinal Euro 2020

Hasil perempat final Euro 2020, Swiss vs Spanyol, di Saint Petersburg, Rusia, Jumat malam, akhirnya dimenangkan Spanyol lewat drama adu penalti.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 03 Juli 2021  |  01:42 WIB
Hasil Swiss vs Spanyol: La Furia Roja ke Semifinal Euro 2020
Timnas Spanyol - Twitter UEFA

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil perempat final Euro 2020, Swiss vs Spanyol, di Saint Petersburg, Rusia, Jumat (2/7/2021) malam, akhirnya  dimenangkan Spanyol lewat drama adu penalti setelah pertandingan berjalan imbang 1-1 selama 120 menit.

Dalam pertandingan ini, bek kiri Jordi Alba dan bek tengah Pau Torres masuk skuad Spanyol yang tetap memasang formasi 4-3-3, sedangkan Jose Gaya dan Eric Garcia yang diturunkan sebagai starter saat menghadapi Kroasia dalam 16 besar dibangkucadangkan.

Namun pelatih Luis Enrique tidak mengganti kiper Unai Simon meski dia membuat blunder dalam pertandingan melawan Kroasia.

Sedangkan Swiss hanya memasukkan Denis Zakaria, yang mengisi tempat kapten Granit Xhaka yang tak boleh diturunkan karena terkena akumulasi kartu kuning, dalam formasi sama dengan skuad yang mengalahkan Prancis dalam 16 besar, 3-4-1-2.

Taktik pelatih Spanyol, Luis Enrique berjalan mulus di babak pertama. Bahkan pergantian Alba dengan Gaya membuahkan hasil setelah bek kiri klub Barcelona itu membuat Spanyol unggul 1-0 di menit 8 setelah bola sepakannya salah dihalau Denis Zakaria. Bola yang berubah arah tidak bisa dihalau kiper Swiss, Yann Sommer.

Swiss tidak bisa berbuat banyak di babak pertama tanpa kehadiran Granit Xhaka. Praktis, di paruh pertama Spanyol mendominasi jalannya pertandingan.

Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Spanyol meski terus mengurung pertahanan Swiss.

Masuk di babak kedua, Swiss yang mencoba mengejar ketertinggalannya mencoba menyerang di menit-menit awal. Swiss mendapatkan peluang pertama lewat sundulan Denis Zakaria di menit 55 tapi bola masih melenceng tipis dari gawang Spanyol yang dijaga kiper Unai Simon.

Swiss kembali mendapat peluang 10 menit kemudian lewat Steven Zuber menit 65. Tapi sepakan Zuber di dalam kotak penalti masih bisa ditepis Unai Simon.

Berawal dari serangan balik, Xherdan Shaqiri berhasil menjebol gawang Spanyol di menit 68 sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pemain Liverpool itu menyepak bola ke sudut kanan gawang Spanyol usai menerima umpan Remo Freuler.

Swiss terpaksa bermain 10 pemain setelah Freuler menerima kartu merah usai melakukan tackle berbahaya ke arah mata kaki Gerard Moreno.

Spanyol kemudian mempunyai kesempatan emas di menit 83, tapi sepakan Ferran Torres belum mampu menjebol gawang Sommer. Hingga 90 menit berakhir, skor masih bertahan 1-1 dan pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Masuk di babak tambahan, Spanyol langsung mengurung pertahanan Swiss yang bermain 10 orang.

Spanyol menciptakan tiga peluang lewat Moreno, Alba, dan Daniel Olmo dalam kurun waktu 10 menit tapi tidak ada yang berbuah gol.

Tanpa hadirnya Granit Xhaka dan bermain 10 orang, membuat Swiss terus ditekan Spanyol sepanjang pertandingan.

Sommer melakukan penyelamatan gemilang di menit 100 dengan menepis tendangan yang dibuat Moreno di dalam kotak penalti. Tiga menit kemudian Sommer juga menepis bola melengkung tendangan Mikel Oyarzabal.

Hingga babak pertama selesai, skor Spanyol vs Swiss di waktu tambahan ini tetap imbang 1-1.

Spanyol terus berusaha mencetak gol sedangkan Swiss mengajak La Furia Roja ke babak adu penalti seperti mengalahkan Prancis di babak 16 besar.

Di babak kedua di waktu tambahan, jalannya pertandingan tidak berubah. Spanyol terus mengurung pertahanan Swiss.

Tendangan Olmo di menit 110 berhasil ditangkap sempurna Sommer. Pelatih Enrique memasukkan Thiago Alcantara menggantikan Pau Lopez.

Setelah waktu tambahan berakhir, tidak ada gol  tercipta dan pertandingan Swiss vs Spanyol berlanjut ke babak penalti.

Spanyol akhirnya melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan Swiss di babak adu penalti dengan skor 3-1.

Spanyol akan bertemu pemenang laga Belgia vs Italia pada 7 Juli di Stadion Wembley.

Susunan pemain Swiss vs Spanyol:

Swiss: Yann Sommer; Silvan Widmer, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Steven Zuber, Remo Freuler, Denis Zakaria, Xherdan Shaqiri (kapten); Breel Embolo, Haris Seferovic

Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Sergio Busquets (kapten), Koke, Pedri; Pablo Sarabia, Ferran Torres, Alvaro Morata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas spanyol Timnas Swiss Euro 2020
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top