Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tim-tim ke 16 Besar Euro 2020 & Cara Lolosnya, Satu Tersingkir

Fase grup Piala Eropa (Euro) 2021 telah menyelesaikan rangkaian pertandingan matchday kedua. Tiga tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar: Italia minimal sebagai runner-up Grup A, Belgia minimal sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik, dan Belanda sebagai juara Grup C.
Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini / UEFA.com
Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini / UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 telah menyelesaikan rangkaian pertandingan matchday pertama dan kedua. Baru tiga tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Sebanyak 24 tim akan berebut juara. Ke-24 tim itu dibagi menjadi enam grup dengan setiap grup berisi empat kontestan. Dua tim teratas di klasemen akhir setiap grup langsung lolos ke fase knock out 16 besar, ditambah dengan empat tim peringkat ketiga terbaik.

Tiga tim yang telah memastikan menggenggam tiket 16 besar adalah Italia, Belgia, dan Belanda. Ketiga tim tersebut memenangkan dua pertandingan awal sehingga mendulang nilai sempurna 6.

Italia lolos ke babak 16 besar setelah masing-masing menang dengan skor telak tiga gol tanpa balas atas Turki dan Swiss. Kalau pun di matchday ketiga kalah dari Wales, pasukan asuhan Roberto Mancini minimal menjadi runner-up Grup A.

Klasemen sementara Grup A saat ini Italia 6, Wales 4, Swiss 1, dan Turki di dasar klasemen dengan nilai hanya 1.

Sementara itu, Belgia dipastikan lolos sebagai salah satu wakil dari Grup B setelah tim peringkat pertama Ranking FIFA (Federation Internationale de Football Association) itu menang atas Rusia 3–0 dan atas Denmark 2–1.

Kalau pun Romelu Lukaku dan kawan-kawan menelan kekalahan dalam pertandingan matchday terakhir fase grup kontra Finlandia, mereka akan lolos ke 16 besar minimal sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik di antara enam grup.

Nilai Belgia akan sama dengan Finlandia dan Rusia apabila Finlandia menaklukkan Belgia dan Rusia menghantam Denmark. Dengan demikian, harus dilakukan perhitungan head-to-head antara ketiga tim tersebut sehingga Belgia bisa finis di posisi ketiga.

Akan tetapi, dengan nilai 6, dengan memperhitungkan klasemen grup-grup lain saat ini, Belgia telah dapat dipastikan menjadi minimal sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Klasemen sementara Grup B Belgia nilai sempurna 6, diikuti Rusia dan Finlandia masing-masing 3, serta Denmark 0 di posisi juru kunci.

Negara tetangga Belgia, Belanda, juga telah menggenggam tiket 16 besar sebagai salah satu wakil dari Grup C setelah meraih kemenangan di dua pertandingan awal atas Ukraina dan Austria.

Klasemen sementara Grup C, Belanda teratas dengan nilai 6, Ukraina dan Austria masing-masing 3, dan Makedonia Utara 0.

Bahkan, Belanda dipastikan lolos sebagai juara Grup C, karena unggul head-to-head atas Ukraina dan Austria yang saling berhadapan di matchday ketiga sehingga salah satu dari kedua tim itu berpeluang lolos 16 besar dengan nilai 6, sama dengan Belanda apabila skuad Oranje dikalahkan Makedonia Utara.

Makedonia Utara sendiri menjadi satu-satunya tim yang sudah dipastikan kandas di fase grup atau gagal ke babak 16 besar. Hal itu disebabkan tim pecahan negara Yugoslavia tersebut sudah kalah dari Austria dan Ukraina.

Dengan demikian, kalau pun menang atas Belanda, nilai Makedeonia Utara menjadi 3, sama dengan tim yang kalah dalam pertandingan Austria versus Ukraina dan dalam hal ini Makedonia Utara kalah head-to-head.

Sementara itu, di Grup D, E, dan F belum ada tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar ataupun dipastikan kandas di fase grup.

Klasemen sementara Grup D: Republik Cheska 4, Inggris 4, Kroasia 1, Skotlandia 1.

Klasemen sementara Grup E: Swedia 4, Slovakia 3, Spanyol 2, Polandia 1.

Klasemen sementara Grup F: Prancis 4, Jerman 3, Portugal 3, Hungaria 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper