Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liga Italia : Berebut Zona Liga Champions, AC Milan Rawan Tergusur

Juara kompetisi Liga Serie A Italia musim 2020/2021 sudah pasti digenggam oleh Inter Milan. Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Inter sudah pasti tak bisa dikejar para pesaingnya.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  00:58 WIB
Ujung tombak AC Milan Zlatan Ibrahimovic./Antara - Reuters
Ujung tombak AC Milan Zlatan Ibrahimovic./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Juara kompetisi Liga Serie A Italia musim 2020/2021 sudah pasti digenggam oleh Inter Milan. Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Inter sudah pasti tak bisa dikejar para pesaingnya.

Akan tetapi, pentas persaingan di Serie A Italia bukan lantas bisa dikesampingkan begitu saja.

Perebutan posisi runner up liga dan tiket menuju zona Liga Champions, masih ketat dengan melibatkan empat tim yakni Atalanta, AC Milan, Napoli, dan Juventus.

Italia memiliki slot empat kursi di ajang Liga Champions dan dua tempat di kancah Liga Europa.

Hingga pekan ke-37, peringkat kedua Liga Serie A Italia masih diduduki oleh Atalanta. Dalam dua musim terakhir, Atalanta menjadi kekuatan baru di Italia yang mampu menyaingi kedigdayaan klub papan atas lain seperti Inter, Juventus, Milan, Napoli, dan AS Roma.

Atalanta sudah dipastikan aman berada di zona Liga Champions. Namun, posisi runner up anak asuh Gian Piero Gasperini itu bisa saja tergusur AC Milan.

Malam nanti, Milan bakal menjamu Cagliari di San Siro. Jika pasukan Stefano Pioli itu menang, poin yang dikumpulkan Rossonerri sama dengan Atalanta, yakni 78 poin.

Kedua tim itu bakal saling berhadapan di pekan ke-38 atau partai terakhir liga. Siapa pun pemenang di pertandingan terakhir itu, sudah pasti menjadi runner up liga.

Dikutip dari Football Italia, Minggu (16/5/2021), Milan harus mampu meraih kemenangan untuk mempertahankan posisinya di zona Liga Champions. Bila berhasil, capaian itu akan menjadi yang pertama sejak 2013.

Hanya saja, Milan dalam posisi yang masih rawan. Jika Gianluigi Donnarumma dkk. kalah dari Atalanta, mereka bisa terpental ke zona Liga Europa. Syaratnya, Napoli dan Juventus sama-sama menang di partai terakhirnya.

Napoli bakal menjamu Verona di pertandingan pamungkas. Sementara itu, Juventus melawat ke Renato Dell'Ara kandang Bologna.

Secara statistik, kemenangan diprediksi bakal dikantongi Juventus dan Napoli. Jika dua tim itu berhasil meraih tiga angka, poin maksimal yang dikumpulkan Napoli 79 poin dan Juventus mengoleksi 78 poin.

Raihan poin itu cukup untuk memupus ambisi Milan masuk ke zona Liga Champions jika pada lawatan terakhirnya kalah dari Atalanta.

Sejatinya, Milan mampu mengawali musim ini dengan menjanjikan. Hingga libur kompetisi jelang Natal, Zlatan Ibrahimovic cs. berada di puncak klasemen.

Situasi berbalik memasuki awal 2021. Milan sering kehilangan poin dari tim yang secara teknis jauh di bawah mereka.

Pada Februari lalu, misalnya, pemilik gelar tujuh kali Liga Champions itu menyerah dari tim promosi, Spezia.

Bahkan, posisi Milan sempat terlempar dari empat besar April silam ketika kalah dari Lazio dengan skor 3-0.

Partai melawan Atalanta di pengujung liga bakal jadi pekerjaan tak ringan. Pada pertemuan pertama musim ini, Milan kalah telak 3-0 di kandangnya sendiri. 

Alhasil, melihat performa Milan yang inkonsisten, bisa jadi Rossonerri bakal kesulitan melawan Atalanta yang musim ini tampil prima. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Italia
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top