Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Enam Klub Papan Atas Inggris Bergabung ke Liga Super Eropa

Enam klub papan atas Liga Primer Inggris memutuskan bergabung ke European Super League (ESL). Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pun mengutuk rencana bergulirnya kompetisi super tersebut.
Pelatih Arsenal Mikel Arteta Reuters-Eddie Keogh-msl4.jpg
Pelatih Arsenal Mikel Arteta Reuters-Eddie Keogh-msl4.jpg

Bisnis.com, JAKARTA – Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur termasuk di antara 12 klub yang setuju untuk bergabung dengan Liga Super Eropa (European Super League/ESL) yang baru.

Dalam langkah yang mengguncang sepak bola Eropa, enam klub Liga Primer akan bergabung dengan AC Milan, Atletico Madrid, Barcelona, Inter Milan, Juventus, dan Real Madrid.

ESL, tanpa disebutkan nama yang berbicara, mengatakan klub pendiri telah setuju untuk membentuk "kompetisi tengah pekan baru" dengan tim yang terus "bersaing di liga nasional masing-masing".

Musim perdana disebutkan dimulai secepat mungkin dan diharapkan tiga klub lagi akan bergabung, menurut BBC pada Senin (19/4/2021).

ESL mengatakan pihaknya juga berencana untuk meluncurkan kompetisi wanita secepat mungkin setelah turnamen pria dimulai.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Union of European Football Associations (UEFA) dan Liga Primer mengutuk langkah untuk meluncurkan ESL ketika berita itu tersiar pada Minggu (18/4/2021).

Federation Internationale de Football Associaton (FIFA) sebelumnya mengatakan tidak akan mengakui kompetisi seperti itu dan setiap pemain yang terlibat di dalamnya dapat ditolak kesempatannya untuk bermain di Piala Dunia.

UEFA, badan pengatur sepak bola Eropa, mengulangi peringatan ini pada Minggu dengan mengatakan pemain yang terlibat akan dilarang dari semua kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa, atau dunia dan dapat dicegah mewakili tim nasional mereka.

Setelah Liga Super diumumkan, FIFA menyatakan "ketidaksetujuan" terhadap kompetisi yang diusulkan dan meminta "semua pihak yang terlibat dalam diskusi panas untuk terlibat dalam dialog yang tenang, konstruktif, dan seimbang demi kebaikan".

Dalam pernyataan, ESL mengatakan: "Ke depan, klub pendiri berharap dapat mengadakan diskusi dengan UEFA dan FIFA untuk bekerja sama dalam kemitraan untuk memberikan hasil terbaik untuk liga baru dan untuk sepak bola secara keseluruhan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper