Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stadion Mattoanging Dibangun Baru, Ini Dua Calon Lokasinya

Stadion Mattoanging akan dibangunkan yang baru. Wali Kota Makassar mengarahkan dua lokasi untuk pembangunannya.
Suporter PSM Makassar/Antara-Yusran Uccang
Suporter PSM Makassar/Antara-Yusran Uccang

Bisnis.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengusulkan dua alternatif lokasi untuk pembangunan stadion baru Mattoanging yakni di Barombong dan Untia.

"Saya tidak pernah melarang adanya pembangunan. Namun, perlu diperhatikan tata ruang bangunan. Area lokasi serta kapasitas menampung penonton perlu diperhatikan semuanya," kata Ramdhan saat webinar pada Minggu (21/3/2021).

Dia mengemukakan polemik pembangunan Stadion Mattoanging Makassar di Jalan Cenderawasih memang menjadi perhatian banyak pihak terutama pecinta sepak bola.

Danny menegaskan tidak pernah melarang pembangunan, tetapi perlu ditelaah ulang segala aspek termasuk arus lalu lintasnya karena lokasi stadion berada di tengah kota, berdampingan dengan perumahan dan aktivitas perekonomian lainnya.

Dia menyatakan mendukung pembangunan stadion baru, hanya saja perlu di pertimbangkan area lokasi serta jumlah kapasitasnya.

"Area lokasi serta kapasitas menampung penonton itu yang perlu diperhatikan. Persoalan sepak bolanya saya sangat sepakat, tetapi tempatnya perlu dipertimbangkan," kata Wali Kota.

Danny juga mengingatkan jejak sejarah yang tercatat di lokasi pembangunan stadion tersebut.

"Harus kita ingat kembali bahwa di sana tercatat beberapa peristiwa sejarah yang tidak bisa dilupakan. Selain masuk sebagai suaka budaya, bangunan yang terlindungi, juga penghargaan Piala Asia yang pernah kita raih," ujarnya.

Oleh karena itu, dia menyediakan pilihan bagi warga Makassar agar stadion sepak bola bisa hadir di Makassar sesuai dengan tata ruang yang berlaku dengan daya tampung yang memadai.

"Kita ada dua pilihan. Barombong atau di Untia. Lokasinya memadai dan daya tampungnya juga cukup besar. Infrastruktur jalannya bisa diakses dengan mudah. Ini saran dari saya yang juga sangat memimpikan hadirnya stadion di Kota Daeng," ucapnya.

Untuk Stadion Mattoanging yang sudah ada, Danny kembali menegaskan tidak ingin melupakan jejak sejarah namun juga tidak ingin merusak estetika kota.

"Di Stadion Mattoanging bisa kita buat beberapa lapangan kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Bisa juga dihadirkan di sana Patung Rammang juga sejarah Andi Mattalatta. Jadi, semua jejak sejarah bisa kita tunjukkan dan tetap bisa digunakan berolahraga," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper