Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Everton Bakal Punya Stadion Tepi Laut, Goodison Park Jadi Perumahan

Everton bakal mempunyai nstadion keren di tepi laut yang dapat digunakan mulai 2024. Proyek itu menelan dana 500 juta pound sterling yang diklaim akan menciptakan 15.000 pekerjaan.
Stadion baru Everton, Bramley-Moore Dock./Everton
Stadion baru Everton, Bramley-Moore Dock./Everton

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana Everton untuk membangun stadion baru berkapasitas 52.000 tempat duduk telah disetujui dengan suara bulat oleh Dewan Kota Liverpool.

Klub tersebut mengatakan situs Bramley-Moore Dock akan menjadi "tambahan kelas dunia" di tepi laut kota dan berharap untuk menyelenggarakan pertandingan di sana pada 2024.

Skema pembiayaan 500 juta pound sterling yang diklaim akan menciptakan 15.000 pekerjaan diserahkan kepada pemerintah untuk keputusan akhir.

Rencana Everton senilai 82 juta pound untuk serangkaian pengembangan yang dipimpin komunitas di situs Goodison Park-nya juga disetujui.

Historic England keberatan dengan stadion baru di Bramley-Moore Dock dengan mengatakan itu bisa membahayakan warisan kota, tetapi keberatan itu ditolak oleh komite perencanaan kota.

Klub Liga Primer Inggris itu, yang telah berada di Goodison Park sejak 1892, mengatakan telah mencari rumah baru selama 25 tahun karena keterbatasan kapasitas stadion saat ini.

Pembangunan itu akan menjadi stadion "paling inklusif dan berkelanjutan" di Inggris dan akan "melestarikan warisan daerah itu", kata kepala eksekutif Everton Prof Denise Barrett-Baxendale.

Dia mengatakan itu adalah "kesempatan sekali dalam satu generasi" untuk menumbuhkan kembali salah satu daerah kota yang paling miskin, menciptakan ribuan pekerjaan, dan menjadi "bagian penting dalam rencana pemulihan pascapandemi di kawasan itu".

Berdasarkan rencana, stadion berkapasitas 52.888 tempat duduk itu dapat menjadi tuan rumah hingga empat konser pop setahun serta pernikahan, pemakaman, pesta Natal, dan konferensi.

Lokasi Goodison Park saat ini akan diubah menjadi perumahan berkualitas tinggi dan terjangkau, pusat kesehatan, ruang ritel dan rekreasi, serta zona perusahaan pemuda untuk komunitas Walton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper